Baru, Ada Rute Khusus Motor di Google Maps, Kabar Gembira Untuk Bikers

Google kembali melakukan inovasi menarik. Mereka menghadirkan beberapa fitur baru pada Google Maps. Ketiga fitur yang dimaksud antara lain adalah Car Free Day, Sistem Ganjil Genap, dan Rute Khusus Motor alias Motocycle Route. Fitur rute khusus motor Google Maps ini hadir di seluruh Indonesia, terutama kota-kota besar dengan lalu lintas padat. Misalnya saja Jakarta, Medan, dan Surabaya.

rute khusus sepeda motor di Google Maps

Rute khusus sepeda motor di Google Maps menyesuaikan kondisi Indonesia.

Baca juga: Ini penampakan aneh di Google Maps yang masih jadi misteri.

“Motor dan mobil lewat jalan sama, tetapi diketahui bahwa pengendara motor kerap kali mengalami kesulitan, misalnya saat di jalan tol, karenanya kami menghadirkan fitur itu,” katanya dalam peluncuran fitur baru Google Maps di Jakarta.

Di samping itu, berdasarkan data yang dipaparkan, 80 persen warga memiliki motor, sehingga diketahui ada rute-rute di Google yang mungkin cocok untuk mobil tetapi tidak cocok untuk motor.

Fitur rute khusus motor di Google Maps memiliki beberapa manfaat bagi pengguna sepeda motor.

Pertama, fitur ini memberikan waktu perjalanan yang lebih akurat. Google menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor dalam menentukan waktu perjalanan.

Manfaat kedua, pengguna yang memakai fitur ini bisa mendapatkan rute khusus mencakup jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa lewat jalan tol. Dengan begitu, rute untuk motor relatif lebih akurat bagi pengendara motor.

Ketiga, Google juga berencana membuka dukungan API untuk siapapun yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau layanan, misalnya perusahaan transportasi online dan ekspedisi untuk menggunakan rute khusus motor di Google Maps ini pada aplikasinya.

Google pun melihat banyaknya penggunaan smartphone oleh anak muda Indonesia, karenanya Google Indonesia semakin membuat pendekatan internet mobile untuk Indonesia dengan konten-konten lokal, salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur-fitur baru ini.

“Kami membuat produk-produk yang relevan untuk pengguna Indonesia. Tahun lalu misalnya, kami menghadirkan YouTube Go karena alasan penggunaan data di Indonesia. Kali ini, melihat pentingnya Google Maps bagi orang Indonesia untuk membuat perjalanan lebih cepat kami menghadirkan fitur-fitur baru untuk Google Maps,” tutur Keusgen.

Baca juga: Seluk beluk tentang Google Local Guide yang perlu Anda tahu.

Vice President Product Management Google Maps Dane Glasgow mengatakan, kehadiran ketiga fitur lokal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman paling cocok dengan situasi setempat.

“Kami ingin memberikan pengalaman paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. Fitur khusus sepeda motor merupakan fitur paling banyak diminta oleh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Google, kata Glasgow, mendengarkan masukan pengguna dan menawarkan fitur rute khusus motor untuk mempermudah masyarakat bepergian dengan sepeda motor di Indonesia.

Dapatkan ulasan menarik tentang Tekno dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran