Festival Lampion Paling Cantik di Indonesia

Lampion di Borobudur saat perayaan Waisak. Sumber foto

Indonesia memiliki ratusan event wisata seru yang selalu menghiasi berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah festival lampionnya.

Jika Kamu yang ingin merasakan keseruan bersama sahabat, keromantisan bersama pasangan, dan pengalaman luar biasa, coba deh ikut ke salah satu festival lampion di Indonesia berikut ini. Dijamin bikin hatimu leleh deh karena kecantikannya.

Pesta lampion perayaan Waisak di Candi Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur 

festival lampion

Lampion di Borobudur saat perayaan Waisak. Sumber foto

Saat perayaan Waisak, sebagian umat buddha dari seluruh dunia datang ke Candi Borobudur untuk berdo’a. Mereka datang dari berbagai negara, seperti Myanmar, Thailand, China dll.

Untuk memeriahkan perayaan hari Waisak, biasanya pengelola Borobudur telah menyiapkan ribuan lampion yang akan diterbangkan sebagai acara inti saat malam tiba.

Bias-bias cahaya lampion terlihat sangat indah dengan siluet Borobudur yang memesona, Kamu akan melihatnya langsung jika mengikuti perayaan Waisak di Borobudur tahun depan.

Festival Banjir Kanal Barat, sensasi menikmati keindahan lampion dari pinggir sungai

festival lampion

Festival Banjir Kanal Barat. Sumber foto

Semarang selalu punya acara spesial buat rayakan hari jadinya. Beragam festival, mulai dari Semarang Night Carnival, pameran kapal hias di atas sungai kece di Semarang, hingga persta lampion tengah malam siap memeriahkan ulang tahun Semarang.

Saat banyak mata hanya tertuju pada Semarang Night Carnival, ternyata pesona Festival Lampion Banjir Kanal Semarang pun nggak kalah memesona. 

Berbeda dengan pesta lampion di Borobudur, Pesta Lampion Banjir Kanal Semarang akan menerbangkan ratusan lampion dari pinggir sungai Banjir Kanal Barat. Cahaya lampion akan menghiasi langit dan memantulkan cahaya dari bawah air sungai yang lebar dan bersih. Jadi, Kamu akan serasa berada di antara ratusan lampion.

Kamu bisa menikmati suasana asik ini saat perayaan ulang tahun Semarang setiap tahunnya di bulan Mei.

Festival Lampion Terbang Solo yang bisa Kamu nikmati saat Imlek

festival lampion

Solo Imlek Festival. Sumber foto

Saat Imlek tiba, Solo selalu memberikan persembahan unik dalam memeriahkannya. Salah satunya adalah Festival Lampion Terbang. Festival ini biasanya akan menggabungkan adat khas Solo dan adat khas Imlek. Bisa dibayangkan seberapa syahdunya kolaborasi ini kan?

Biasanya, pemerintah akan menyiapkan 3 ribu hingga 5 ribu lampion untuk diterbangkan saat tengah malam. Kamu bisa memanjatkan do’a apa saja saat ikut menerbangkan lampion. Yang jelas, nggak hanya menerbangkan lampion, Kamu juga bisa nikmati festival kuliner dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menikmati indahnya malam di pinggir Pantai Parangtritis ditemani cahaya lampion

festival lampion

Festival lampion di Parang tritis. Sumber foto

Sebenarnya, festival lampion di pinggir pantai Parantritis bukanlah festival tahunan, tapi sudah dilakukan pada tahun 2013.

Suasana pelepasan lampion sangat romantis, karena di sini wisatawan bisa melihat lampion yang terbang di atas pantai yang luas beratapkan langit gelap dan gemerlap bintang.

Festival lampion berkonsep seperti ini memang jarang banget. Unik bukan? Semoga di Parangtritis dan beberapa pantai di Indonesia juga segera menggelar festival asik ini ya! Biar lebih banyak orang yang berwisata ke pantai-pantai Indonesia!

Dieng Culture Festival, suasana romantis melihat festival lampion di negeri atas awan

dieng culture festival 2015

Ribuan lampion berisi harapan para pengunjung di terbangkan menghiasi langit malam Dieng. Foto oleh Phinemo

Kamu pasti nggak asing mendengar Dieng Culture Festival. Itu tuh festival selalu diadakan di daerah Pegunungan Dieng, Jawa Tengah.

Nah, di festival ini Kamu juga bisa mengikuti penerbangan lampion bersama dengan ribuan turis dari berbagai negara dan daerah Indonesia seperti festival-festival sebelumnya lho!

Penerbangan lampion dalam DCF ini sendiri dibuat sangat spesial, biasanya para pengunjung akan diberi minuman khas Dieng dan nyemil kuliner ala kampung atas awan sebelum penerbangan lampion.

Kamu juga bisa mengikuti serangkaian acara adat dan menikmati jazz atas awan di sini. Seru dan romantis lah pokoknya! Apalagi, Kamu bisa ke acara ini setiap tahunnya, karena telah menjadi agenda wajib pemerintah.

***

Keren kan festival-festival lampion di Indonesia? Semuanya punya konsep yang berbeda dan dirayakan di bulan yang berbeda. Jadi, Kamu bisa melihat langsung pesta lampion di Indonesia tanpa takut tabrak jadwal. 

Nah, acara pesta lampion terdekat yang bisa Kamu kunjungi adalah Dieng Culture Festival. Acaranya bakal diselanggarakan pada tanggal 4-6 Agustus 2017 dan tiketnya sudah bisa Kamu pesan lewat sini. Buruan pesan tiketnya biar nggak kehabisan!

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar