Eduwisata dan Prospeknya yang Akan Terus Diminati

Eduwisata dan prospeknya yang akan selalu diminati (Instagram/@goatzillafarm).

Eduwisata atau juga dikenal dengan anjangkarya merupakan suatu kegiatan perjalanan rekreasi atau liburan yang dikemas bersama dengan berbagai aktivitas pendidikan. Tujuan diadakannya eduwisata adalah meningkatkan kecerdasan dan kreativitas peserta kegiatan. Destinasi tujuan eduwisata biasanya adalah museum, perkebunan, pusat penelitian, dan kebun binatang.

(Phinemo.com/Sukar Suwardhani)

Sebenarnya konsep mengenai eduwisata bukanlah hal baru di Indonesia. Berbagai destinasi eduwisata telah banyak dibangun dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang ilmu sains, sosial, bahkan sejarah. Terdapat beberapa konsep dalam eduwisata, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Eduwisata Agro – Konsep yang menggabungkan prinsip wisata dan pertanian. Dalam hal ini wisatawan akan memperoleh wawasan tentang pertanian dengan praktik langsung di sawah atau kebun.
  2. Eduwisata Art – Konsep yang menggabungkan prinsip wisata dan seni. Destinasi eduwisata art biasanya adalah museum-museum yang memerkan berbagai karya seni seperti lukisan, keramik, dan patung.
  3. Eduwisata History – Jenis eduwisata ini bertujuan memberikan wawasan sejarah suatu tempat di masa lalu. Destinasi eduwisata history biasanya adalah museum berisi koleksi benda-benda penting di masa lampau.
  4. Eduwisata Science – Eduwisata ini mengajak belajar tentang aplikasi ilmu sains dengan cara menyenangkan. Destinasi eduwisata sains yang dapat dikunjungi di Indonesia diantaranya adalah planetarium.

Selain empat jenis eduwisata diatas masih banyak lagi jenis eduwisata lainnya mengingat bahwa ilmu pengetahuan akan terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan peradaban manusa. Eduwisata memiliki prospek yang cerah di masa depan karena akan selalu diminati oleh wisatawan yang turut serta membawa anak-anaknya.

Kalangan anak sekolah dan mahasiswa merupakan konsumen yang seringkali memiliki minat besar terhadap eduwisata. Profit total yang dapat diraih dengan menjual produk wisata eduwisata dapat mencapai 25-40%, dan akan naik bekali-kali lipat saat hari libur. Bisa dikatakan bahwa eduwisata tidak akan pernah ada matinya. Selama masih ada instansi pendidikan maka sela itu eduwisata akan selalu diminati.

Bagi anda yang menggeluti bisnis tour travel, sangat menarik kiranya untuk menyertakan eduwisata dalam deretan produk wisata mengingat profitnya yang cukup besar. Selain itu, eduwisata juga akan semakin menambah ragam produk anda sehingga konsumen tidak bosan.

Bagi anda pelaku bisnis tour travel, segera bergabung bersama kami di Phinemo Marketplace. Kami akan memberikan wadah untuk mempromosikan semua produk-produk dari bisnis anda secara gratis. Tunggu apalagi, gabung sekarang melalui link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar