5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Wisata yang Efektif dan Efisien

Cara meningkatkan penjualan produk wisata hingga menghasilkan profit besar (Flickr/Keith Cooper).

Setiap bisnis memiliki satu tujuan utama yakni memperoleh profit sebesar-besarnya. Profit merupakan jumlah uang yang diperoleh dari hasil penjualan dikurangi dengan biaya produksi. Dari hal ini berarti untuk memperoleh profit yang besar maka penjualan produk juga harus besar.

Meningkatkan penjualan ditengah ketatnya persaingan pasar dalam bisnis tour travel bukan perkara mudah. Jika salah dalam mengambil kebijakan, bisnis akan mengalami kerugian bahkan terancam gulung tikar. Butuh strategi matang jangka panjang agar penjualan produk wisata meningkat.

Berikut telah disajikan lima tips yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk wisata.

1. Unggulkan manfaat produk/layanan

Alih-alih bersaing di pasar bebas dan berebut konsumen dengan pelaku bisnis lain, fokuslah untuk menonjolkan manfaat unik dari produk maupun layanan anda. Tampilkan testimoni positif dari konsumen yang telah menggunakan jasa anda di website maupun sosial media milik perusahaan.

2. Aktif di sosial media

Saat ini media sosial menjadi tempat yang paling strategis untuk melakukan promosi secara online karena memiliki pengaruh yang besar. Media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter terbukti mampu mempengaruhi pikiran sebagian besar masyarakat. Melalui media sosial unggah gambar, video, pertanyaan, atau status untuk menarik minat konsumen. Saat ada calon konsumen yang memberikan komentar atau tanggapan berikan balasan balik untuk menjalin kedekatan dengan calon konsumen.

3. Upsell produk

Menyarankan produk tambahan di atas paket standar merupakan metode paling ampuh untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Misalnya jika konsumen anda akan melakukan perjalanan keliling Medan, tawarkan juga akomodasi hotel dan makan malam romasntis selama perjalanan. Anda harus memahami minat dari konsumen anda dari website-website perjalanan kenamaan dunia.

4. Buat paket perjalanan

Anda juga dapat menggabungkan transportasi, akomodasi, dan perjalanan wisata menjadi satu dalam sebuah produk paket wisata. Dengan cara ini konsumen akan mendapatkan pengalaman wisata yang lengkap, dan anda mendapatkan pemasukan yang lebih besar dari menjual lebih banyak layanan dan barang perjalanan.

5. Temukan niche market

Salah satu hal yang akan membuat bisnis tour travel anda berjalan sukses adalah dengan membangun bisnis di niche market. Buatlah niche product yang unik, semakin unik semakin baik. Niche product berarti anda menjual sesuatu yang tidak dijual oleh pelaku bisnis lain.

Bisnis tour travel hingga saat ini belum memiliki wadah promosi yang jelas. Masih banyak pelaku bisnis tour travel yang merasa kesulitan dalam melakukan promosi produknya. Kini telah tersedia Phinemo Marketplace yang memberikan wadah promosi untuk segala jenis produk wisata secara gratis. Daftar sekarang melalui link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar