Danau Weekuri Sumba NTT, 'Surga' dari Timur Indonesia

danau weekuri sumba ntt

Indahnya Danau Weekuri Sumba NTT. Foto dari @radenmas_widodo

Tuhan menciptakan Indonesia saat berbahagia, dan Ia menciptakan negeri NTT saat tersenyum.

Mungkin tak berlebihan, apalagi jika melihat betapa indah dan kayanya alam NTT. Seperti salah satunya Danau Weekuri Sumba NTT yang begitu cantik, memesona dan tersembunyi. Danau dengan air jernih yang bahkan tembus hingga ke bagian dalam perairan membuat siapapun yang mengunjunginya merasa enggan untuk pulang.

Baca juga: 12 Tahun di Indonesia, Bule Prancis Ini Menggali Sumur Demi Air Bersih Bagi Warga Sumba

danau weekuri sumba ntt

Gradasi warna air di Danau Weekuri Sumba NTT. Foto dari @tukangbajalang

Danau Weekuri Sumba NTT ini memiliki keunikan yang tak dimiliki danau lainnya di Indonesia. Airnya memiliki gradasi warna yang berbeda di setiap areanya. Ada yang berwarna putih jernih, kebiruan, ada juga yang berwarna biru tosca. Bahkan rasa dari airnya pun bercampur antara payau dan asin.

danau weekuri sumba ntt

Potret Danau Weekuri Sumba NTT dari kejauhan. Foto dari @achmadi_anggi

Ini karena lokasi Danau Weekuri berada di dekat lautan. Air yang datang dari laut lepas masuk melalui celah bebatuan karang dan bercampur dengan air danau, sehingga terciptalah keunikan tersebut. Jika dipotret dari kejauhan, lokasi Danau Weekuri ini juga tersembunyi di tengah bebatuan karang dan rimbunnya bebatuan.

danau weekuri sumba ntt

Menikmati Danau Weekuri dengan cara berendam santai. Foto dari @dietagani

Wisatawan yang datang ke Danau Weekuri ini bisa menikmati keindahan alam ini dengan beberapa cara, seperti berenang atau berendam santai di danau, atau bisa juga menikmatinya dari ketinggian gardu pandang yang sudah dibangun di tepi danau.

Baca juga: Tradisi Perang Pasola di Sumba Barat yang Mencengangkan

Lokasi Danau Weekuri ini berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai tempat ini wisatawan bisa berangkat dari Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat) atau Tambolaka (ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya). Wisatawan bisa menyewa mobil atau sepeda mtor dari kota ini.

Biasanya untuk harga sewa mobil sekitar 500.000-600.000 rupiah sudah berserta dengan drivernya dan untuk biaya sewa motor yaitu sekitar 100.000-150.000 rupiah per harinya. Lama perjalanan dari kedua kota tersebut tak selisih jauh, yaitu sekitar 60 menit.

Dapatkan ulasan menarik tentang Sumba dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar