Dari 9 Danau Terindah di Dunia Ternyata (Salah Satunya) Ada di Indonesia

Super keren banget deh! Sumber foto

“Indah selalu jadi alasan mengapa orang jatuh cinta kepada sesuatu,”

Menurutmu, indah itu gimana? Kalau menurut kami sih indah itu yang bisa kini ngomong ‘wow’ saat melihat sesuatu. Kayak lihat 9 danau terindah di dunia ini.

Nih, coba lihat 9 danau berikut ini kalau nggak percaya deh! Yang lebih kerennya, dari 9 danau berikut ini, ada danau di Indonesia. 

1. Danau Plitvice, danau berair terjun yang bisa berubah warna setiap waktu

danau kakaban

Ini Danau Kroasia. Keren kan? Sumber foto

Kamu pasti langsung jatuh cinta setelah melihat danau ini meski hanya lewat foto. You know, saking indahnya, danau ini masuk dalam situs warusan dunia UNESCO lho di tahun 1979 yang sekaligus jadi situs pertama di dunia.

danau kakaban

Jalan setapak di sekitar danau. Sumber foto

Danau ini memiliki 16 danau yang tersusun dalam kaskade. Danau ini saling berhubungan dan dipisahkan oleh bendungan alam travertine yang tumbuh 1 cm per tahun. Yang lebih kerennya lagi, danau ini memiliki organisme yang bisa merubah warna danau mulai dari biru, hijau, hingga abu-abu tergantung sudut matahari.

Lokasi Danau Plitvice berada di Taman Nasional Plitvice di Kroasia.

2. Danau Spotted, danau indah, unik, ajaib, dan Masya Allah!

danau kakaban

Lucu banget kan danaunya? Sumber foto

Danau Spotted ini berada di Osoyoos, Kanada. Ciri-ciri yang menonjol dari danau ini adalah bintik-bintik berwarna warni di atasnya.

Bintik-bintik di danau ini terlihat besar jika dilihat dari dekat. Mereka mengkristal akibat konsentrasi tinggi mineral di musim panas. Saat musim panas, kristalan bintik-bintik pada danau ini menjadi pijakan para wisatawan yang datang.

danau kakaban

Bisa jalan-jalan di atas danau. Sumber foto

Karena kandungan mineral tinggi, danau ini dikenal sebagai penyembuh penyakit. Bahkan banyak perusahaan yang mengekploitasi danau ini untuk kebutuhan obat namun pada tahun 2001 danau ini dilindungi dan cuma digunakan untuk wisata saja. Wow, selain indah, ternyata danau ini punya manfaat. Keren dah!

3. Danau Hillier, danau berwarna pink di Australia

danau kakaban

Danau Merah Muda Hillier. Sumber foto

Kalau di Indonesia ada Pantai Pink, di Australia ada Danau Pink. Danau Pink di Australia ini mendapatkan warna merah muda dari beta karoten yang dilepaskan oleh alga saat cahaya menembus air.

danau kakaban

Bersebelahan dengan pantai. Sumber foto

Selain Danau Hillier di Australia, keadaan ini juga terjadi di Danau Retba di Afrika. Jadi, di dunia ini cuma ada dua danau berwarna pink. Kebetulan, Danau Hillier inilah yang lebih cantik dan indah dari Danau Retba karena bersebelahan langsung dengan pantai lepas di Australia.

4. Danau Kakaba, danau di tengah laut yang miliki ubur- ubur tak menyengat di Indonesia

danau kakaban

Danau jellyfish. Sumber foto

Danau Kakaban berada di Pulau Kakaban, Kalimantan. Danau ini memiliki luas separuh lebih dari Pulau Kakaban dan memiliki ubur-ubur berwarna orange yang cuma ada dua di bumi ini. Di Palau dan di Indonesia.

danau kakaban

Pulau Kakaban dan Danau Kakaban. Sumber foto

Dari atas, danau ini memang biasa, tapi kalau sudah nyebur ke danaunya Kamu akan melihat langsung ribuan ubur-ubur yang hidup di sana.

5. Danau Kawah, danau suci di Oregon

danau kakaban

Masya Allah keren banget! Sumber foto

Danau Kawah adalah danau yang terbentuk karena letusan Gunung Mazama 7.700 tahun yang lalu. Ini adalah kaldera danau yang kedalaman 2.148 kaki dan dianggap paling dalam di Amerika Serikat.

Tidak ada sungai atau badan air lainnya yang terhubung dengan danau. Karena itu, air di danau ini dianggap sebagai air paling murni di dunia. Bahkan di sana tak ada polutan di dalam airnya.

danau kakaban

Saat malam hari dan musim dingin pemandangn di sini sangat indah. Sumber foto

Keindahannya bakal kelihatan saat senja dan malam hari karena pantulan warna langit dan bintang-bintang.

6. Danau Baikal, danau retakan bumi di Siberia

danau kakaban

Danau terindah di dunia nih! Sumber foto

Ajaib! Danau Baikal ini benar-benar ajaib. Selain punya keindahan yang nggak bisa disangkal, danau ini ternyata terbentuk karena retakan bumi. Celah retakan ini sendiri menjadi terdalam di dunia mencapai 1.642 meter. Keren banget ya!

danau kakaban

Saat musim dingin, danau ini membeku dan menimbulkan pemandangan indah ini. Sumber foto

Dan yang paling keren lagi adalah pemandangannya.

danau kakaban

Bahkan sampai membeku seperti ini. Sumber foto

7. Danau Moraine, danau paling instagenik di bumi

danau kakaban

Super keren banget deh! Sumber foto

Danau Moraine adalah spot paling diburu di Kanada. Karena keindahannya, banyak banget orang ke sini untuk berfoto dan melihat keindahannya.

Danau ini dikelilingi oleh Canadian Rocky Mountains, warna airnya kebiruan dan pemandangan makin cantik dengan warna hijau pepohonan di sekitar. Benar-benar luar biasa.

8. Danau Kelimutu, danau yang telah berubah warna sebanyak 44 kali selama hayatnya

danau kakaban

Danau Kelimutu. Sumber foto

Danau Kelimutu di Ende ini memang luar biasa indahnya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda; merah, biru, dan putih. Meskipun cuma tiga warna, namun danau ini telah mengalami 44 kali perubahan warna.

Melansir dari Tempo, data Balai Taman Nasional Kelimutu menunjukkan bahwa selama tahun 1915-2011, Ata Polo mengalami 44 kali perubahan warna, Nua Muri Koo Fai berubah warna 25 kali, dan Ata Mbupu 16 kali bersalin warna. 

9. Danau Five Flowers Cina yang dijuluki ‘Son of the sea’

danau kakaban

Danau Five Flower. Sumber ksramie.weebly.com

Danau Five Flower ini luar biasa cantiknya. Airnya berwarna-warni, mulai dari merah, kuning, hijau, hingga biru. Semburat warna ini dipadu dengan akar pohon di dalam danau ini.

danau kakaban

Danau terindah deh pokoknya! Sumber ksramie.weebly.com

Meskipun berwarna-warni, namun danau ini sangat bening. Kedalamannya cuma 5 meter sehingga Kamu bisa melihat akar pohon di dalam danau dengan jelas. 

***

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....