12 Danau Indah yang Ada di Gunung Indonesia

Kamu pasti nggak nyangka kalau danau indah yang ada di gunung ini ternyata ada di Indonesia. Kepoin yuk!

Rizqi Y • April 12, 2017


Air itu selalu lebih tinggi, meski kadang ia juga di bawah. 

Buat Kamu yang nggak pernah mengenal dunia pendakian, mungkin bakal heran waktu tahu kalau Gunung Semeru ternyata punya danau indah bernama Ranu Kumbolo. Hal pertama yang terpikir, kok bisa ada danau di atas gunung? Ya, mungkin nggak jauh-jauh juga paling tahunya dari film yang judulnya nggak sampai 5 cm itu.

Tapi, Kamu yang sering mendaki pun juga pasti bakal takjub kalau tahu bahwa ternyata masih ada deretan panjang danau indah yang ada di gunung Indonesia. Ini dia penampakan keindahannya.

1. Danau Habema yang tingginya hampir setara Gunung Sumbing, coba tebak letaknya di mana

danau yang ada di gunung

Keindahan Danau Habema di Papua. Sumber foto

Ada yang tahu? Yakin nggak ada? Ya udah, nih dikasih tahu deh. Danau Habema ini letaknya di  Pegunungan Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Tepatnya di ketinggian 3.321 mdpl. Hampir sejajar sama tinggi gunung Sumbing yang tingginya 3.371 mdpl. 

FYI, suhu di sini kadang bisa sampai 4 derajat celcius. Jadi nggak kebayang segimana dinginnya air di sini. 

2. Mengintip keindahan Gunung Kerinci dari danau Kumbang Gunung Masurai

danau yang ada di gunung

Danau Kumbang yang suguhkan pesona alam Jambi. Sumber foto

Jambi ternyata nggak cuma punya Kerinci gais, tapi juga Masurai yang menyimpan keindahan danau Kumbang. Danau di ketinggian 2.702 mdpl ini bisa Kamu jadikan spot untuk menikmati pemandangan Gunung Kerinci. Kayaknya bakal jadi tempat favorit buat camping nih!

3. Danau ini yang sudah Kamu kenal, tapi juga bakal bikin Kamu kangen terus 

danau yang ada di gunung

Potongan surga di Semeru. Sumber foto

Ranu Kumbolo, si surga tersembunyi di balik megahnya puncak para dewa. Begitu sih kata para pendaki. Ada di ketinggian 2.469 mdpl Ranu Kumbolo cocok jadi tempat menghabiskan malam di Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru . 

Ssstttt, jadi tempat romantis juga buat nembak gebetan!

4. Eh, sebelum ke Ranu Kumbolo Kamu juga bisa menikmati keindahan Ranu Pani lho

danau yang ada di gunung

Ranu Pani, danau di titik awal pendakian Semeru. Sumber foto

Ketingginya sekitar 2.162 mdpl dan sering banget disinggahi para pendaki. Kadang mereka juga camping di sini sambil menunggu waktu pendakian. Banyak yang bilang kalau danau ini bagian dari surga kecil di kaki Semeru, ya karena memang indah sih. 

5. Kamu udah tahu belum kalau Semeru juga punya Ranu Regulo?

danau yang ada di gunung

Kamu mungkin masih asing dengan Danau Ranu Regulo ini. Sumber foto

Letaknya nggak jauh dari Ranu Pani. Nggak terlalu dikenal seperti Ranu Pani apalagi Ranu Kumbolo. Padahal danau ini juga nggak kalah eksotis. Tingginya sih sekitar 2.200 mdpl gais. Hampir setara sama puncak gunung Ungaran lho. 

6. Danau Tage yang jadi bukti betapa kayanya alam Papua

danau yang ada di gunung

Danau Tage bukti kayanya alam Papua. Sumber foto

Papua itu kaya! Nggak percaya, coba tengok deh satu-satunya yang punya es dan salju di Indonesia itu ya cuma Papua gais. Belum lagi nih ditambah kekayaan alam lain, kayak Danau Tage yang tingginya 2.192 mdpl ini. 

Letaknya di  5 kilometer dari Ibokata Paniai, Madi. Dan ternyata juga, di sekitar Danau Tage ini masih ada dua danau lainnya yaitu Danau Paniai dan Danau Tigi. Keren ya!

7. Danau bintang lima Gunung Rinjani yang nggak pernah membosankan untuk dinikmati

danau yang ada di gunung

Danau bintang lima Rinjani. Sumber foto

Danau Segara Anak Rinjani, selalu jadi primadona tersendiri di kalangan pendaki. Bahkan, yang nggak suka mendaki pun juga tersihir dengan keindahannya. Danau yang ada di ketinggian 2.008 mdpl ini juga pernah masuk di salah satu uang kertas rupiah. 

Coba diingat, uag rupiah nominal berapa yang ada gambar Segara Anaknya? Generasi 90’an pasti tahu!

8. Anggi Gita, nama yang cantik untuk menggambarkan sebuah lukisan alam yang sempurna di Arfak

danau yang ada di gunung

Danau Anggi Gita yang cantik. Sumber foto

Danau Anggi Gita ini masih sangat alami. Bahkan belum ada akses jalan yang bagus untuk ke sini. Jadi Kamu harus berkendara offroad kalau mau menikmati danau yang letaknya di Pegunungan Arfak ini. Tingginya juga lumayan, sekitar 1.953 mdpl. Kalau berjalan kaki mungkin mungkin butuh waktu sekitar 5-6 jam 

Danau lain di sekitar Arfak adalah Danau Anggi Ginji yang juga nggak kalah keren.

9. Saat membelah daerah pegunungan Dogiyai dan Deiyai, Danau Tigi akan memberimu keindahan yang nggak biasa

danau yang ada di gunung

Danau Tigi di ketinggian Papua. Sumber foto

Letak Danau Tigi memang di antara dua kabupaten tersebut. Ada sebuah pulai kecil bernama Duamo di tengah danau indah ini, jadi akan memberimu keindahan lanskape yang nggak biasa. Apalagi di tengah pegunungan Papua yang alami dan lebat. 

Oh ya, ketinggian danau ini sekitar 1.948 mdpl. 

10. Puncak tertinggi di langit Sumatera ini juga menyimpan keelokan sebuah danau 

danau yang ada di gunung

Danau Gunung Tujuh di Kerinci. Sumber foto

Dinamakan Danau Gunung Tujuh karena memang letaknya di Gunug Tujuh Kerinci. Ketinggiannya sekitar 1.983 mdpl. Setuju nggak Kamu, kalau Gunung Kerinci dijuluki Semerunya Sumatera?

11. Longsoran gunung ini lahirkan keindahan Danau Tanralili di ketinggian Bawakaraeng

danau yang ada di gunung

Danau indah yang terjadi akibat longsoran. Sumber foto

Sudah pernah dengar nama Gunung Bawakaraeng belum nih? Itu lho gunung yang ada di Gowa Makassar. Tahun 2004 lalu gunung ini longsor, tapi sisi positifnya adalah lahirlah Danau Tanralili ini.

Danau yang ada di ketinggian 1.454 mdpl ini jadi tempat favorit untuk camping bagi pendaki setempat. Kalau kamu sedang di Makassar, boleh tuhgais mampir semalam.

12. Dieng yang selalu menawan dengan jejeran telaganya

danau yang ada di gunung

Telaga Pengilon dan Telaga Warna Dieng. Sumber foto

Siapa sih yang belum tahu pesona Dataran Tinggi Dieng? Dataran Tinggi ini diklaim jadi yang terindah di Indonesia. Begitu banyak tempat yang akan membuatmu terpesona, salah satunya deretan telaga yang ada di Dieng. Antaranya Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Swiwi, Telaga Menjer, Telaga Merdada dan Telaga Dringo. 

Tak ada telaga yang tak indah di Dieng. Kamu bisa buktikan keindahannya di sini. 

13. Danau Tiga Warna yang sukses menarik mata dunia padanya

danau yang ada di gunung

Surganya Gunung Kelimutu, Danau Tiga Warna. Sumber foto

Danau kawah dengan tiga warna berbeda, merah biru dan hijau. Uniknya warna air Danau Tiga Warna ini juga akan berubah seiring waktu. Mungkin suatu saat bisa jadi pink. Hehe.. abaikan. 

Danau ini berada di Gunung Berapi Kelimutu, Flores dengan ketinggian sekitar 1.639 mdpl. Kalau lagi di Flores, bisalah luangkan waktu buat tracking ke sini. Kalau belum ke sini sih berarti Kamu belum ke Flores!

 

***

Danau-danau ini bukti bahwa Indonesia itu kaya gais. Tapi semua nggak akan ada artinya kalau Kamu rusak. Jadi, ayok deh jaga bareng-bareng aset kekayaan alam ini. Caranya gampang, dengan tidak mengotori, mengeksploitasi berlebihan, atau merusak ekosistemnya. Kalau keindahan danau-danau ini terjaga, Kamu juga kok yangbakal ngerasain.

 

Baca juga:

 

 


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar