4 Cara Menuju Shirakawa-go dari Tokyo

Rumah-rumah terlihat tertutup dan lampu-lampu bersinar dengan indah. Sumber foto.

Shirakawa-go merupakan destinasi eksotis di Jepang yang kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Ini merupakan desa tradisional Jepang yang usianya lebih dari 250 tahun dan dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995. Tempatnya cukup terpencil sehingga banyak wisatawan yang merasa bingung bagaimana cara menuju Shirakawa-go dari Tokyo.

Jika Kamu tertarik untuk menikmati Desa Shirakawa ini, berikut ini cara menuju Shirakawa-go dari Tokyo.

Baca juga: Shirakawa-go, Desa Warisan Budaya Jepang yang Indah Mirip Negeri Dongeng

Menentukan waktu ke Shirakawa-go

cara menuju shirakawa-go dari tokyo

Instagram.com/shirakawa_go

Pertama, perlu diketahui bahwa Shirakawa-go ini memiliki pesona di tiap musimnya, baik musim gugur, semi, dingin, dan panas. Tapi musim dingin adalah waktu yang paling direkomendasikan untuk datang ke sini, karena memiliki pesona tersendiri dengan tumpukan salju bak negeri dongeng.

Sebelum berangkat, pastikan dulu apakah salju benar-benar turun di Shirakawa-go atau tidak, dengan membuka wesite ini: Japan Snow.

Untuk Kamu yang ingin datang di musim dingin bisa datang di bulan Desember  hingga Februari.

Pilihan transportasi dan cara menuju Shirakawa-go dari Tokyo

Shirakawa-go masuk dalam daerah Prefektur Gifu, Gokayama. Lokasinya diapit oleh gunung dan akses menuju ke sana cukup sulit. Kamu bisa sampai ke sana dengan beberapa alat transportasi, yakni kereta dan bus.

cara menuju shirakawa-go dari tokyo

Ini dia peta cara menuju ke Shirakawa-go dari Tokyo dan kota-kota lain di Jepang. Foto oleh http://ml.shirakawa-go.org/en/access/

Dilansir dari Shirakawa Village Official Website, mereka telah memberikan setidaknya empat jalur yang bisa dipilih untuk bisa sampai ke Desa Shirakawa ini.

1. Tokyo Station –  Toyama Station – Shirakawa-go

Durasi perjalanan:  3 jam 36 menit
Kisaran biaya : ¥14430 atau sekitar Rp1,8 juta (sekali jalan)

Dalam perjalanan ini Kamu harus naik kereta Hokuriku Shinkansen (Kagayaki) dari stasiun Tokyo ke stasiun Toyama. Perjalanan membutuhkan waktu 2 jam 11 menit dengan biaya ¥12730 atau sekitar Rp1,6 juta.

Lalu lanjutkan perjalanan dari stasiun Toyama ke Shirakawa dengan Nohi Bus atau Toyama Chiho Railway dengan biaya ¥1700 atau sekitar Rp210 ribu.

Untuk pemesanan tiket kereta bisa masuk ke hokuriku-arch-pass.com/en/ dan untuk pemesanan bus bisa masuk ke link hokuriku-arch-pass.com/en/.

2. Tokyo Station – Shin Takaoka Station – Shirakawa-go

cara menuju shirakawa-go dari tokyo

Instagram.com/shirakawa_go

Dirasi perjalanan: 4 jam 53 menit.
Harga tiket keseluruhan: ¥14860 atau sekitar Rp1,9 juta untuk sekali jalan.

Kamu juga bisa memilih perjalanan ke Shirakawa dengan kereta Hokuriku Shinkansen (Hakutaka) ke Shin Takaoka stasiun. Tiketnya dihargai ¥13060 atau sekitar Rp1,68 juta durasi 2 jam 53 menit. Untuk pemesanan tiket bisa di link ini.

Setelah sampai di stasiun Shin Takaoka, sambung perjalanan dengan Kaetsunou Bus harga ¥1800 atau berkisar Rp232 ribu. Perjalanannya sekitar 2 jam, tiketnya bisa dipesan di link ini.

3. Tokyo Station – Kanazawa Station – Shirakawa-go

Durasi perjalanan: 3 jam 46 menit
Total harga:  ¥15770 atau sekitar Rp2 juta untuk sekali perjalanan.

Pertama, Kamu harus naik kereta Hokuriku Shinkansen (Kagayaki) ke Kanazawa Station. Harga tiketnya ¥13920 atau sekitar Rp1,7 juta dengan durasi perjalanan 2 jam 31 menit. Kamu bisa pesan tiketnya di sini.

Lalu setelah sampai di stasiun Kanazawa, naik Nohi Bus atau  Hokuriku rail road dengan total perjalanan 1 jam 11 menit dan harga tiket ¥1850 atau sekitar Rp238 ribu an.

Untuk memesan bus bisa hubungi Nohi Bus di +81-577-32-1688 atau  Hokutetsu Bus +81-76-234-0123. Kalau tidak bisa langsung masuk ke website mereka di www.hokutetsu.co.jp.

Baca juga: Panduan Liburan di Universal Studios Japan

4. Tokyo – Takayama – Shirakawa-go

cara menuju shirakawa-go dari tokyo

Instagram.com/shirakawa_go

Durasi perjalanan: 6 jam 20 menit
Pengeluaran: 9160 Yen atau sekitar Rp1,174 juta.

Buat Kamu yang ingin ke Shirakawa dengan bujet sedikit miring bisa deh coba naik bus dari Tokyo (Shinjuku Stasion West Exit) – JR Takayama Station dengan harga tiket sekitar 6,690 Yen atau sekitar Rp638 ribu dengan total perjalanan 5 jam 30 menit.

Setelah sampai di stasiun Takayama, langsung sambung dengan bus. Ada tiga pilihan bus yakni Nohi Bus/HOKURIKU RAIL ROAD/Toyama Chiho Railway. Harga tiketnya 2470 Yen atau sekitar Rp318 ribu. Perjalanannya 50 menit.

  •  Nomor telepon Nohi Bus +81-577-32-1688
  • Nomor telepon Hokutetsu Bus +81-76-234-0123

Dapatkan ulasan menarik tentang Jepang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran