Sidebar

Panduan Liburan di Universal Studios Japan

Sebelum memutuskan berkunjung ke Universal Studios Japan di Osaka, ada hal-hal yang patut Anda ketahui terlebih dahulu, berikut beberapa di antaranya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Shabara Wicaksono

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Osaka, Jepang, maka Universal Studios Japan harus masuk bucket list Anda. Universal Studios Japan merupakan theme park terbesar di Jepang bagian barat. Tak heran tempat ini selalu ramai wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sebelum memutuskan berkunjung ke Universal Studios Japan di Osaka, ada hal-hal yang patut Anda ketahui terlebih dahulu, berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: Shirakawa-Go, rekomendasi wisata musim dingin terbaik di Jepang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Universal Studios Japan

Jika ingin berkunjung ke Universal Studios Japan, lebih baik jangan pernah berharap ada momen di mana Universal Studios Japan cukup lengang untuk dikunjungi. Namun, setidaknya pada tengah minggu seperti hari Selasa-Kamis, jumlah pengunjung lebih sedikit dibanding Jumat-Senin. Sementara bulan terbaik untuk datang, berkunjunglah saat Universal Cool Japan. Universal Cool Japan biasanya dibuka pada tengah tahun pertama. Berbagai atraksi menarik dipertunjukkan brand-brand anime dan game Jepang seperti Sailor Moon, Detective Conan, atau Final Fantasy. Mengingat banyaknya atraksi dan wahana di Universal Studios Japan, setidaknya Anda harus menyediakan 1 hari khusus untuk menjelajah tempat ini.

Pesan tiket dari jauh hari atau beli di tempat?

Anda sebaiknya memesan tiket Universal Studios Japan dari jauh-jauh hari jika tidak ingin menghabiskan separuh waktu Anda di Universal Studios Japan hanya untuk mengantre tiket. Tak perlu repot, Anda bisa memesannya secara online di website Voyagin.  Voyagin merupakan online marketplace asal Jepang yang menjadi mitra resmi Universal Studios Japan sehingga kredibilitasnya terjamin. Tiket  1 Day Studio Pass yang Anda beli di Voyagin berlaku sampai 6 bulan ke depan.

Ingin berhemat? Beli 1 Day Studio Pass atau 1.5 Day Studio Pass saja. Tak ingin membuang waktu? Beli juga Universal Express Pass dan VIP Wristband

Kemeriahan salah satu parade di Universal Studios Japan. (Foto/Mike Wyatt Flickr 2.0)

Tiket 1 Day Studio berfungsi untuk masuk Universal Studios Japan dan mencoba atraksi-atraksi di dalamnya. Tiket ini berlaku pada jam buka-tutup Universal Studios Japan pada hari itu. Jam beroperasi Universal Studios Japan tidak selalu sama tiap harinya, ada hari di mana mereka buka sejak 08.30 pagi waktu setempat, ada pula mereka baru beroperasi pada pukul 09.00 pagi waktu setempat. Begitu pun untuk jam tutupnya, ada saat mereka tutup pukul 20.00 waktu setempat, ada pula hari di mana mereka tutup pada pukul 22.00 waktu setempat. Anda harus rajin mengecek jadwalnya di website resmi mereka. Tiket 1 Day Studio bisa Anda dapatkan dengan harga 72.74 USD di website Voyagin.

Sementara tiket 1.5 Day Studio dihitung sejak pukul 15.00 waktu setempat, hingga 1 hari penuh waktu beroperasi Universal Studios Japan berikutnya.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengantre tiap wahana adalah 10 menit sampai 2 jam, tergantung popularitas wahana tersebut. Jika anggaran Anda terbatas dan tidak masalah mengantre lama, Anda bisa memesan 1 Day Studio Pass atau 1.5 Day Studio Pass saja. Namun, jika ingin lebih puas dengan mencoba wahana lebih banyak tanpa mengantre lama, Anda bisa memesan Universal Express Pass dan VIP Wristband.

Courtesy of Universal Studios Japan

Universal Express Pass berfungsi untuk memotong antrean di salah satu atraksi. Jadi, Anda tak perlu menunggu lama untuk mencoba wahana menarik di Universal Studios Japan. Yang perlu diingat, Universal Express Pass hanya untuk memotong antrean, bukan tiket masuk Universal Studios Japan. Anda tetap membeli Studio Pass dulu sebelumnya. Ada banyak jenis Universal Express Pass, silakan cek detailnya di website Voyagin.

Ada juga VIP wristband, di mana jika Anda membelinya, Anda dapat masuk melalui pintu khusus tanpa perlu mengantre lama bersama pengunjung umum. Selain itu Anda juga akan mendapatkan akses ke Harukas 300 di Abeno Harukas Building dan mendapatkan kode untuk melihat jadwal atraksi-atraksi dan jam beroperasi Universal Studios Japan keesokan harinya.

VIP wristband ini juga bukan tiket masuk, Anda tetap harus membeli Studio Pass untuk dapat masuk ke Universal Studios Japan.

Apabila Anda benar-benar tak ingin repot, lebih baik Anda membeli Royal Studio Pass, di mana Anda akan mendapatkan tiket masuk, parkir, tiket Wizarding World of Harry Potter , Universal Express Pass, dan Unlimited Express Pass untuk beberapa atraksi. Terhitung lebih hemat dan praktis.

Baca juga: Panduan terbaru pembuatan visa Jepang.

Rekomendasi wahana Universal Studios Japan yang perlu dicoba

Bangunan kastil di Universal Studios Japan. (Foto/Mike Wyatt Flickr 2.0)

Jika Anda menyukai hal yang memacu adrenalin, Anda pasti tak ingin melewatkan wahana ‘The Flying Dinosaur’, sebuah roller coaster berbentuk Pteranodon yang membuat Anda serasa terbang terbalik dengan cepat. Anda menyukai kisah fantasi? Cobalah ‘Harry Potter and the Forbidden Journey™ in 4K3D’ di mana Anda dapat merasakan suasana dunia sihir Harry Potter selama beberapa menit. Kedua wahana tersebut menjadi wahana paling populer di Universal Studios Japan. Anda datang bersama si kecil? Main saja ke Minion Park yang baru dibuka Bulan April tahun 2017 lalu. Anda bisa bermain seluncur, roller coaster, hingga berkunjung ke cafe yang menyajikan beragam menu bertema minion.

Anda serasa berada di dunia Harry Potter. (Foto/Ankur P Flickr 2.0)

Tips menuju Universal Studios Japan

Kebanyakan hotel di Osaka menyediakan fasilitas antar menuju Universal Studios Japan, jadi sebelum memilih tempat menginap pastikan dulu apakah hotel Anda menyediakan hal tersebut atau tidak.

Kereta menuju Universal City Station. (Foto/Tripadvisor)

Jika setelah mendarat, Anda ingin langsung menuju Universal Studios Japan, ada fasilitas bus yang disediakan pihak bandara, baik dari Bandara Internasional Kansai maupun dari Bandara Itami. Bus tersebut tersedia tiap 1 jam sekali. Jika dari Bandara Internasional Kansai, tarif bus adalah 1,550 yen, sementara dari Bandara Itami, tarif busnya adalah 930 yen.

Jika ingin menggunakan kereta, dari Namba Station Anda bisa menuju Nishikujo, lalu berpindah ke JR Yumesaki Line/JR Sakurajima Line untuk turun di Universal City Station. Setelah itu Anda cukup jalan kaki selama 5 menit untuk sampai di Universal Studios Japan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Korea Selatan, Negara Termiskin yang Menjadi Macan Asia

Pengobatan Tradisional China, Membongkar Rahasia Seni Medis Timur

5 Tempat Wisata Paling Menyeramkan di Dunia, Berani Uji Nyali?

Bikini Atoll di Marshall Island dan Kisah Kelam Kartun Spongebob

Sambut New Normal, Naik Roller Coaster di Jepang Kini Dilarang Teriak

Erupsi Gunung Berapi Dahsyat di Jepang Pernah Membuat Bulan Hilang

FALLBACK
The END