Sidebar

Cara Membuat Paspor Online Dengan Cepat

Anda ingin ke luar negeri? Hal yang Anda butuhkan adalah paspor. Berikut adalah cara membuat paspor dengan cepat, mudah, dan tidak rumit.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Foto diambil dari sini

Paspor merupakan identitas seseorang saat berada di luar negeri. Tanpa paspor, Anda tak diperbolehkan petugas imigrasi untuk masuk ke negara lain. Maka dari itu, siapkanlah paspor terlebih dahulu sebelum berlibur ke luar negeri.

Paspor dibagi menjadi dua; paspor biometrik (dikenal dengan e-paspor) dan paspor non-biometrik (paspor biasa).  Cara membuat paspor biometrik dan paspor non-biometrik sebenarnya hampir sama. Yang membedakan hanya nominal biaya dan lokasi kantor imigrasi pembuatan paspor.

Syarat Pembuatan Paspor

Jika artikel sebelumnya sudah pernah membahas cara membuat e-paspor, maka artikel kali ini membahas bagaimana cara membuat paspor biasa secara online. Pembuatan paspor secara online lebih cepat daripada membuat paspor manual.

Sebelum membuat paspor biasa, Anda harus menyiapkan dan melengkapi syarat-syarat pembuatan paspor. Berkas yang harus Anda lengkapi adalah KTP, Kartu Keluarga, Ijazah atau buku nikah.

Bila semua persyaratan sudah disiapkan, pastikan koneksi internet Anda lancar. Karena Anda harus mengajukan pra permohonan paspor melalui link ipass.imigrasi.go.id.

Tahapan Pembuatan Paspor Online

Setelah Anda masuk pada halaman utama, pilihlah menu Pra Permohonan Personal. Terdapat 5 langkah untuk menyelesaikan tahap ini.

Tahap pertama, Anda diminta untuk mengisikan informasi data diri secara lengkap. Tak hanya data diri pribadi, Anda juga diharuskan untuk mengisi data diri kedua orang tua. Semua data diri yang Anda isikan harus sesuai dengan data di KTP, Kartu Keluarga, ijazah atau buku nikah.

Langkah kedua adalah verifikasi permohonan. Setelah data diri dilengkapi, Anda diminta untuk memverifikasi data yang sudah Anda berikan. Pada tahap ini, Anda akan memperoleh total biaya pembuatan paspor dan metode pembayaran apa yang akan Anda gunakan.

Selanjutnya yaitu tahap pembayaran. Anda akan memperoleh email dari sistem yang berisi total biaya dan metode pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau atm. Setelah Anda selesai melakukan transaksi pembayaran, tak lama Anda akan memperoleh link konfirmasi pembayaran.

Tahap berikutnya, Anda harus mengkonfirmasi tanggal kedatangan. Anda harus datang sesuai dengan tanggal yang Anda isikan pada halaman tersebut.

Setelah semua tahapan tersebut diselesaikan, Anda diminta datang ke kanim sesuai tanggal yang telah Anda tentukan. Jangan lupa membawa foto kopi berkas dokumen data diri, materai 6000, bukti pembayaran. Karena ketika Anda datang ke kanim, petugas akan menanyakan dokumen tersebut.

Setelah semua dicek, petugas akan memawancarai maksud dan tujuan Anda membuat paspor. Jika wawancara semua beres, petugas akan mengambil foto Anda. Gunakan pakaian yang rapi.

Langkah-langkah cara membuat paspor biasa online lebih detail dan lengkap bisa diunduh di sini.

Baca Juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Paspor Terlemah di Dunia dari Negara Muslim, Nasib Paspor Indonesia?

2 Peraturan Baru Paspor Indonesia, Kini Berlaku untuk Sepuluh Tahun!

Cara Mengurus Paspor Kolektif, Petugas Imigrasi Datang Ke Rumah!

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

FALLBACK
The END