Burger Monalisa, Burger Tertua di Jogja

Burger di sini memiliki saus yang berda dari burger biasa. Foto dari IG

Siapa sangka burger yang terkenal sebagai kuliner dari Hamburg Jerman ternyata sudah ada sejak lama di Yogyakarta lho. Nama kedai legendaris yang menyediakan burger adalah Burger Monalisa. Inilah kedai burger tertua di Yogyakarta.

burger monalisa

Burger di sini memiliki saus yang berda dari burger biasa. Foto dari IG @voilajogja

Burger Monalisa ada sejak tahun 1988 di mana pada waktu itu belum banyak yang tahu burger. Burger ini diciptakan oleh orang asli Yogyakarta bernama Wibowo Agung Sanyoto dan Ibunya.

“Sejarah Monalisa ini cukup panjang dan unik. Padahal tahun segitu (1988) masyarakat Jogja belum banyak yang tahu burger. Ibu juga waktu itu juga bingung burger itu makanan apa. Lalu saya sempat belikan dulu burger restoran untuk kasih contoh pada ibu,” kata Agung dilansir dari Brilio.

Baca juga: Istimewanya Penyetan Mas Kobis, Surga Tersembunyi Kuliner Jogja

Tampil dengan rasa yang lebih nendang dengan saus mayonais buatan sendiri

burger monalisa

Cita rasa burger ini berbeda dari burger biasanya. Foto dari IG @whatayieats

Tak seperti burger kebanyakan yang menyajikan burger dengan cita rasa yang asin dan gurih, Kedai Burger Monalisa tampil dengan rasa pedas manis. Buat pencinta asin, mungkin akan merasakan cita rasa yang kurang pas, tapi inilah cita rasa yang selalu dinantikan oleh orang asli Yogyakarta yang mencintai kuliner pedas manis.

Cita rasa ini muncul karena resep mayonnaise yang ternyata diciptakan sendiri oleh Agung dan Ibunya. Tak heran jika banyak orang yang menyebut Burger Monalisa adalah ‘Burger Jawa’.

“Jadi kami yang memang asli orang Jogja ini, ya tentu nggak bisa meninggalkan cita rasa makanan Jogja yang cenderung manis. Itu memang kami bikin formula resep yang betul-betul Jogja banget. Meski sebenarnya juga nggak bisa dipungkiri selalu ada orang yang komentar kok saus mayonesnya beda, manis,” terang Agung.

Baca juga: 9 Tempat Kuliner Jogja yang Pasti Membuat Ketagihan

Tampilan burger yang tak biasa

burger monalisa

Ham nya lebih tebal dari biasanya dan roti yang digunakan berbeda dengan roti burger biasa. Foto dari IG @amandadwyniaputeri

Jika biasanya burger disajikan dengan roti setangkap, berbeda dengan burger Monalisa karena di sini roti yang digunakan semacam roti custom mirip dengan roti India yang biasanya dilipat dengan daging dan isiannya.

“Kenapa rotinya tidak diputus bentuknya, ini sebenarnya memudahkan kami untuk memasukkan sayuran dan daging agar tidak lari ke mana-mana. Selain itu biar saat dimakan saus mayonnaise dan isi burgernya tidak gampang jatuh,” bebernya.

Lokasi dan harga

burger monalisa

Menu Burger Monalisa. Mulai dari Rp 18 ribu untuk burger biasa dan Rp 20 ribu untuk burger rasa keju. Sumber foto

Bagi Anda yang penasaran dengan kedai burger legendaris si Yogyakarta ini Anda bisa langsung datang ke Jalan Sisingamangaraja No.90 Yk, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga yang dibanderol sangat terjangkau mulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu saja.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner Jogja dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar