Sidebar

Bolehkah Melepas Sepatu di Pesawat? Ini Jawabannya

Permasalahan tentang 'boleh tidaknya melepas sepatu di pesawat' selalu memicu perdebatan panjang

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Foto dari daily mail

Kadang, saat berada di dalam pesawat, Anda merasa tidak nyaman ketika harus menggunakan sepatu selama penerbangan. Dan Anda pikir, jalan terbaik adalah melepas sepatu Anda agar bisa rileks dan nyaman.

 

Namun sebenarnya, bolehkah penumpang melepas sepatu di pesawat?

Beberapa waktu lalu para editor Conde Nast Traveler, sebuah online travel media terkemuka dunia, mengemukakan pendapatnya tentang permasalahan boleh tidaknya melepas sepatu di pesawat, ini dia:

 

Pendapat 1: “Tak Masalah Melepas Sepatu di Pesawat”

Jika Anda merasa bahwa tanpa sepatu di dalam pesawat itu tidak masalah, Jayna Maleri juga menghabiskan waktu di pesawat dengan hanya menggunakan kaos kaki sepanjang penerbangan.

“Bukan hanya saya yang melepas sepatu segera setelah saya naik pesawat. Saya terbiasa menghabiskan sisa penerbangan dengan hanya mengenak kaus kaki saya, seperti saat saya bersanati di ruang tamu. Apakah itu higienis? Tidak juga. Tapi setidaknya saya dapat beristirahat, atau makan dengan santai. Dan juga saya pikir mengenakan hanya mengenakan kaus kaki ke kamar mandi tidak akan membunuh saya. Namun jika hal itu menggangu penumpang lain karena mereka mengganggap saya jorok atau apa, itu masalah mereka, bukan masalah saya.” – Jayna Maleri

 

Pendapat 2: “Melepas Sepatu di Pesawat? Itu Masalah Besar!”

Berbeda lagi dengan Katherine LaGrave yang telah menghabiskan beberapa bulan terakhirnya menulis tentang ‘seberapa banyak kuman di hotel, kereta api, dan pesawat.’

Ia melihat bagaimana dia kini seperti seorang germaphobic (sebuah perasaan sangat takut kotor) gila yang merasa tidak nyaman dengan semua kuman yang menyebar di setiap sudut kabin dan fasilitasnya. Ia memutuskan akan terus mengenakan sepatunya sepanjang waktu di pesawat.

Tanggapan Caitlin Moscatello hampir sama dengan Katherine LaGrave yang menganggap bahwa kuman ada di mana-mana, dan Anda perlu memakai sepatu untuk melindungi diri dari kuman yang tidak terlihat itu. Dan tidak lupa mengenakan sepatu yang nyaman agar bisa rileks saat perjalanan.

 

***

Itulah 2 pandangan tentang boleh tidaknya melepas sepatu di pesawat. Meskipun Anda mungkin tidak akan diturunkan hanya dengan melepas sepatu (kecuali kaki Anda sangat bau dan mengganggu penumpang lain), Anda bisa mengambil sisi positif sudut pandang para editor Conde Nast Traveler tersebut.

Mungkin akan jauh lebih baik jika Anda tetap memakai sepatu Anda, selain masalah bau dan kenyamanan, saat darurat terjadi dan Anda tidak dalam kondisi memakai sepatu, bisa saja berakibat fatal. Jika alasan Anda adalah kenyamanan, pilihlah sepatu yang memang nyaman dikenakan dalam waktu lama.

 

Baca juga:

 

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END