10 Hal Ini Sebaiknya Jangan Pernah Anda Ucapkan Pada Pramugari

Penerbangan Anda mungkin bisa menjadi tak menyenangkan jika mengucapkan hal-hal ini pramugari

Wike Sulistiarmi • April 12, 2016

pramugari

Foto dari infinitelegroom

Bagi beberapa orang, bisa bangun dan menikmati tempat yang berbeda setiap hari dan berbaur dengan semua karakter di seluruh dunia mungkin merupakan sebuah impian. Itu yang dilakukan para pramugari.

Pramugari selalu bertemu dengan banyak karakter orang di setiap penerbangan mereka. Tapi, tidak semua karakter atau sifat penumpang selalu memperlakukannya manis dan sopan, kadang pramugari juga bertemu dengan penumpang yang menyebalkan.

Sydney Pearl, seorang Pramugari, menuliskan hal-hal buruk yang pernah ia alami saat berhadapan penumpang dalam sebuah buku berjudul Diary of a Pissed-Off Flight Attendant.

Ini sedikit rangkuman dari isi buku tersebut, 10 hal yang sebaiknya tak Anda ucapkan pada pramugari:

 

1. “Senyum Dong!”

Pramugari selalu dituntut untuk tersenyum ketika berhadapan dengan penumpang. Tetapi kalimat itulah yang sering Pearl terima ketika menghadapi seorang penumpang yang mendapati Pearl tidak tersenyum.

“Saya akan mengambil napas panjang agar saya bisa menahan umpatan yang sudah ada di ubun-ubun,” jelas Pearl dalam bukunya.

Pearl merasa beberapa penumpang itu terlalu sok tahu , mereka terlalu sering menyuruhnya untuk tersenyum, tanpa pernah mau tahu tentang apa yang ia rasakan.

Bagi Anda yang sering mengucapkan hal ini pada pramugari, sebaiknya mulai sekarang Anda berhenti karena mereka sebenarnya kurang nyaman dengan perlakuan ini.

 

2. “Anda terlihat sangat mengantuk”

Dengan berbagai aktivitas menembus awan hingga melintasi benua yang dilakukan oleh pramugari membuat mereka tidak banyak waktu, bahkan untuk sekadar tidur nyenyak. Tidak sedikit penumpang mengatakan “Anda terlihat sangat mengantuk.” Penumpang mungkin tidak bermaksud buruk, namun tetap saja terkadang perkataan itu memunculkan gerundelan dalam hati pramugari. “Mungkin mereka lupa jika kami, para pramugari memberi pelayanan tidak hanya pada satu penerbangan saja hari itu.”

 

3. “Pramugari hanya pelayan yang dimuliakan”

Pearl pernah mendapat perkataan seperti ini. Ia hanya diam dan tersenyum.

“Jika Anda berkata bahwa pramugari adalah pelayan yang dimuliakan, sebaiknya Anda membeli kaca besar di rumah Anda. Tidak baik mengatai seorang pramugari dengan sebutan itu, jika Anda masih punya sisi humanis tentunya.”

 

4. “Ini ulang tahun saya, saya ingin minuman gratis!”

Anda mungkin berpikir pesawat adalah tempat yang cocok untuk lelucon “meminta minuman gratis.”

Jika Anda pernah mengatakan hal konyol ini, Anda benar-benar telah membuat image diri Anda jatuh di mata pramugari.

 

5. “Bisakah Anda membantu saya menggantikan popok anak saya?”

Jika Anda pernah mengajukan pertanyaan seperti ini, Anda mungkin masih belum tahu perbedaan pramugari dan pembantu rumah tangga.

 

6. “Apa saja sih yang Anda lakukan dari tadi!”

Sebelum Anda bertanya apa saja yang telah pramugari lakukan dari tadi, silakan Anda baca daftar tugas pramugari terlebih dahulu. Anda benar-benar akan sangat menyakiti hati seorang pramugari saat Anda mengatakan kalimat itu. Seperti Anda tidak menghargai sedikit pun usaha yang telah mereka lakukan demi membuat penerbangan Anda nyaman.

 

7. “Anda membuat kami terlambat!”

Jadwal penerbangan dan lalu lintas udara sudah diatur berdasarkan manajemen penerbangan. Jika Anda pernah menyalahkan pramugari sebagai dalang keterlambatan Anda -yang tentu sebenarnya hal itu diluar kuasa seorang pramugari- Anda benar-benar tidak masuk akal. Di kehidupan sehari-hari, Anda pasti seorang yang terbiasa mencari kambing hitam atas kesalahan yang Anda perbuat.

 

8. “Saya benci merepotkan Anda..”

Tak usah berbasa-basi seperti ini. Jika memang Anda tak ingin merepotkannya berhentilah memanggil pramugari berkali-kali. Cukup segera katakan apa pesanan Anda tanpa perlu berbasa-basi seperti itu.

9. “Bisakah kita membuat janji dan makan malam bersama?”

Sebagai salah satu wanita yang terpilih dan telah mengalami seleksi sebuah maskapai sebagai pramugari, tentu Pearl termasuk wanita proporsional yang enak dilihat. Pearl mengaku pernah mendapatkan ajakan makan dan minum beberapa kali dengan penumpang. Dan tentu saja, ia sudah terlatih untuk menolak ajakan tersebut tanpa menampakkan ketidaksukaannya.

 

10. “Bisakah saya minta nomor pribadi Anda?” (berkata seperti ini dengan cincin pernikahan mengkilat di jari)

Ini yang paling buruk.

 

***

Pramugari memang bertugas untuk melayani Anda selama penerbangan, namun alangkah baiknya jika penumpang pun bisa menghargai pramugari. Mereka telah berusaha sebaik yang mereka bisa untuk membuat penerbangan Anda nyaman, dengan tidak bertingkah menyebalkan saja itu akan sangat membantu pramugari dalam bertugas.

Jika Anda penasaran dengan buku Diary of a Pissed-Off Flight Attendant, Anda bisa mendapatkannya di Amazon atau Barnes and Noble. Atau Anda juga bisa mengikuti kisah perjalanan Pearl sebagai pramugari di sini.

 

Baca juga: