Sidebar

Bisnis Pariwisata 2019 Akan Semakin Menjanjikan, Berikut Penjelasannya

Bisnis Pariwsata Indonesia pada tahun 2019 akan semakin menjanjikan karena kini wisatawan asing melirik Indonesia sebagai destinasi impian.

SHARE :

Ditulis Oleh: Tim Phinemo

Bisnis Pariwsata Indonesia pada tahun 2019 akan semakin menjanjikan karena kini wisatawan asing sudah banyak yang melirik Indonesia sebagai destinasi impian. Indonesia dianggap menyimpan pesona wisata alam yang sangat indah dan natural khas negeri tropis. Selain itu upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur pendukung pariwsata juga memberikan imbas positif dalam mendongkrak kunjungan wisatawan asing.

Anggaran APBN dalam sektor pariwsata pada tahun 2018 telah mencapai Rp. 3,7 triliun, jumlah ini telah bertambah pada tahun 2019. Pariwsata menjadi salah satu fokus utama pemerintah karena menjadi sumber terbesar bagi devisa negara. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis pariwisata akan terus bertumbuh.

Jenis Bisnis Pariwsata

Bisnis pariwisata tak hanya melulu soal tour travel saja, namun juga bisnis-bisnis lain yang mendukung kegiatan pariwisata. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Bisnis Penginapan

Bukan berarti anda yang ingin melakoni bisnis penginapan harus membangun sebuah hotel dengan fasilitas mewah. Anda haru memahami bahwa tidak semua wisatawan memiliki kantong yang tebal, oleh karenanya penginapan dengan fasilitas sederhana akan lebih diminati.

2. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya karena menjadi kebutuhan pokok manusia. Agar semakin diminati, ada baiknya ada membuka bisnis kuliner yang menyediakan makanan tradisional setempat.

3. Bisnis Leasing

Bisnis leasing dalam dunia pariwisata dapat berupa penyewaan kendaraan, kamera digital, atau peralatan camping. Bisnis ini cukup potensial mengingat harga beli berbagai penunjang kegiatan wsata yang cukup mahal membuat tak sedikit wisatawan yang lebih memilih menyewa.

4. Bisnis Oleh-oleh

Buah tangan menjadi hal wajib yang harus dibawa pulang oleh wisatawan setelah berkunjung ke suatu destinasi wisata. Oleh-oleh yang paling sering diburu biasanya merupakan sesuatu yang khas dari destinasi tersebut, baik berupa kuliner atau kerajinan tangan.

5. Bisnis Jasa Fotografi

Tidak semua orang memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni. Oleh karena itu dibutuhkan jasa seorang fotografer profesional untuk mengabadikan berbagai momen keceriaan selama kegiatan wisata berlangsung.

Kemajuan Teknologi Digital

Saat ini perkembangan teknologi digital terasa begitu pesat. Berbagai aspek kehidupan seolah terasa lebih mudah dengan hadirnya teknologi digital, tak terkecuali dalam aspek bisnis. Kini telah banyak bermunculan berbagai aplikasi yang memudahkan pelaku bisnis pariwisata untuk mengembangkan dan melakukan inovasi produk-produknya. Mulai dari reservasi akomodasi, pesan tiket transportasi, hingga tiket untuk masuk ke wahana wisata.

Pelaku bisnis tour travel cukup membuat produk-produknya melalui berbagai aplkasi yang ada di smartphone. Tak perlu lagi datang langsung ke destinasi wisata, hotel, stasiun, termninal, atau bandara. Kemudahan ini harusnya mendorong pelaku bisnis untuk lebih produktif dari sebelumnya.

Bagi anda pelaku bisnis pariwisata, kami Phinemo Marketplace menyediakan wadah bagi anda untuk melakukan promosi terhadap semua produk anda secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. Gabung sekarang juga bersama kami melalui link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

3 Pembelajaran dari Kegagalan First Travel dalam Mengelola Bisnis Tour Travel

5 Tren Produk Wisata yang Diprediksi Naik Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

3 Target Pasar Potensial Open Trip, Tour Agent Harus Tahu!

Maksimalkan Link Bio Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

6 Jenis Wistawan yang Harus Diketahui oleh Tour Operator

FALLBACK
The END