Bandara Sepinggan Balikpapan Jadi Terbaik Kedua di Dunia

Bandara Sepinggan Balikpapan mengalahkan 343 bandara dari 84 negara di dunia. Selamat untuk Bandara Sepinggan Balikpapan.

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Selamat untuk bandara Sepinggan. F

Kabar gembira, Bandara Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur meraih penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Award 2017 sebagai terbaik kedua di dunia untuk kategori kapasitas penumpang 5-15 juta per tahun.

bandara sepinggan

Selamat untuk bandara Sepinggan. Foto diambil dari Kota Balikpapan

Penghargaan ini diterima oleh Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman dari Airport Council International (ACI) yakni sebuah lembaga internasional yang berpusat di Kanada yang mengkhususkan diri untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap layanan di bandara di seluruh dunia.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali Jadi Terbaik 2017 di Asia Pasifik

Sepinggan mengalahkan 343 bandara dari 84 negara di dunia

General Manager (GM) Bandara Internasional SAMS Sepinggan Handy Heryudhitiawan mengatakan bahwa penghargaan ini diikuti oleh 343 bandara dari 84 negara. Aspek yang dinilai pun cukup banyak yakni 34 aspek dari semua layanan di bandara. Mulai dari bagaimana menuju dan mencapai bandara, kemudahan akses, bagaimana check-in, restoran, toilet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Mereka menilai 34 aspek dari semua layanan di bandara, mulai dari bagaimana menuju atau mencapai bandara, atau kemudahan akses, lalu bagaimana check-in atau pendaftaran penumpang, pemeriksaan barang dan penumpang, ketersediaan fasilitas belanja dan restoran, hingga toilet,” ujar Handy di Balikpapan, seperti dilansir Antara, Kamis (8/3).

Hasil penilaian ACI sendiri diumumkan setiap tiga bulan dan penilaian terbaik untuk tahunan berdasarkan akumulasi tiga bulanan tersebut.

Penilaiannya sendiri dilakukan diam-diam oleh staf ACI. Beruntungnya, Sepinggan memenuhi kriteria.

Baca juga: Bandara Maratua Segera Diresmikan, Liburan ke Derawan Makin Mudah

Bandara Sepinggan selalu masuk dalam 10 besar bandara terbaik dunia

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sendiri ternyata selalu masuk dalam peringkat 10 besar bandara terbaik dunia dalam kurun waktu empat tahun ini.

Selain bandara Sepinggan, pada waktu bersamaan Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda dinobatkan menjadi terbaik pertama dan ketiga untuk kategori kapasitas penumpang 15-25 juta orang per tahun.

Selain itu diketahui Bandara Rajiv Gandhi International Airportt di Hyderabad, India lah yang menempati urutan pertama kapasitas penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang PENERBANGAN, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Tag : , ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post