Bandara Letung, Kunci Meningkatnya Pariwisata Anambas

Kepulauan Anambas di Provinsi Riau pernah mendapat gelar 'Best Tropical Island' pada tahun 2017. (Foto/newskkp).

Kepulauan Anambas di Provinsi Riau merupakan salah satu dari pulau terdepan di Indonesia. Namanya, mungkin tak sering terdengar, namun keindahan alamnya tak diragukan. Kini, keindahan tersebut akan semakin mudah diakses wisatawan setelah beroperasinya Bandar Udara Letung yang terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur.

bandara letung anambas

Kepulauan Anambas di Provinsi Riau pernah mendapat gelar ‘Best Tropical Island’ pada tahun 2017. (Foto/newskkp).

Baca juga: Air Terjun Temburun, keindahan 7 tingkat air di Kepulauan Anambas.

Masyarakat dari luar Anambas kini bisa menjangkau destinasi wisata di situ. Bandara Letung yang berada di perbatasan Indonesia dengan Singapura dan Malaysia ini telah dilengkapi dengan peralatan navigasi udara yang dikontrol oleh APP Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan berusaha untuk merealisasikan bandara-bandara yang menjadi pintu gerbang perekonomian Indonesia mengingat mayoritas wisatawan datang melalui pintu udara.

Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, mengatakan Kepulauan Anambas sangat layak dikembangkan menjadi potensi wisata unggulan di Indonesia.

“Bandar Udara Letung ini sebagai penanda kehadiran negara di daerah perbatasan Indonesia, sekaligus berpotensi mengembangkan perekonomian daerah sekitar dengan bertumpu pada sektor pariwisata,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya.

Agus Santoso menambahkan, Bandar Udara Letung berpotensi besar untuk dikembangkan, karena itu pihaknya bekerjasama dengan pemerintah setempat berupaya agar banyak maskapai, baik dalam maupun luar negeri, yang beroperasi di situ.

Kepulauan Anambas memiliki 220 pulau yang merupakan titik penyelaman yang masih alami. Bahkan, salah satu pulau yang bernama Pulau Bawah merupakan tempat favorit wisatawan mancanegara. Selain sebagai titik penyelaman yang bagus, pulau ini juga menawarkan keindahan pantai.

Kepulauan Anambas memang tak kalah cantik dari Bali. Bisa dikatakan bahwa pantai-pantai di sini masih belum terjamah, sehingga keindahan dan kelestariannya masih terjaga. Banyak wisatawan yang menikmati keindahan alam dan wisata baharinya

Dengan diresmikannya Bandar Udara Letung, akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Anambas, baik wisawatan domestik maupun mancanegara. Apalagi, jika landas pacu Bandar Udara Letung sudah diperpanjang menjadi 1600 meter.

Saat ini, perpanjangan landas pacu masih dalam tahap pengerjaan. Pembangunan runway itu diyakini bakal menambah jumlah maskapai yang mengunjungi Letung dengan pesawat yang lebih besar, sekelas ATR 72.

Baca juga: Kepulauan Anambas dan 9 hal yang harus diketahui tentangnya.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Bandar Udara Letung mempunyai landas pacu berukuran 1200 meter x 30 meter, taxiway dengan ukuran 125 meter x 15 meter, dan apron dengan ukuran 125 meter x 70 meter.

Selain itu, bandara ini memiliki gedung terminal seluas 600 meter persegi yang dilengkapi gerbang X-ray, lahan parkir kendaraan, dan jalan akses dari dan ke bandara.

Sampai saat ini, maskapai yang beroperasi adalah Susi Air, dengan frekuensi seminggu tiga kali untuk rute Batam-Letung PP dan Tanjung Pinang–Letung PP.

Dapatkan ulasan menarik tentang Penerbangan dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....