Apa yang Dimaksud dengan Restoran Michelin Star?

Beberapa waktu lalu, Traveloka telah mengeluarkan daftar 50 restoran berlabel Michelin Star dengan harga paling murah. Dari penelitian tersebut, delapan dari 10 makanan berlabel Michelin Star terjangkau di dunia dapat dinikmati di restoran di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Restoran berlabel Michelin Star paling murah di Asia jatuh pada street food Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle yang ada di Chinatown Food Complex, Singapura.

Baca juga: Rekomendasi 50 restoran Michelin Star termurah dari seluruh penjuru dunia

Lantas, apa sebenarnya Michelin Star itu?

restoran michelin star murah

Tuju Restaurante, restoran michelin star murah. Foto dari Tripadvisor

Ketika mendengar nama Michelin Star, hal pertama yang teringat mungkin perusahan ban Michelin. Dan memang benar, penghargaan Michelin Star ini digagas oleh Micheline Guide yang merupakan buku panduan perjalanan yang dibuat khusus oleh Michelin untuk para kostumernya.

Michelin Guide pertama kali dibuat pada tahun 1900-an. Buku panduan pertama yang diterbitkan Michelin, mereka membuat daftar restoran terbaik dunia beserta chef terbaik dan termahal di dunia.

Setelahnya, Michelin Guide membuat daftar restoran, pom bensin, bengkel, dan toko ban Michelin di dalam buku tersebut. Untuk menyusun daftar tersebut, Michelin membentuk tim khusus yang dikenal dengan sebutan inspektor.

Siapakah yang memberikan penilaian pada restoran tersebut?

restoran michelin star

Menu Michelin Star Hakkasan Restaurant Jakarta. Di sini, menu makanannya dibanderol dengan harga kisaran 500ribuan. Foto dari tripzilla

Mereka yang berada di posisi inspektor Michelin adalah seseorang ahli di bidang kuliner. Saat melakukan penyelidikan, para inspektor akan menutupi identitasnya. Jadi, restoran tidak akan tahu saat para inspektor datang.

Usai melakukan inspeksi dan mereview restoran, para inspektor akan mengulas dengan membuat catatan khusus di mana catatan tersebut nantinya akan didiskusikan bersama inspektor lain untuk menentukan restoran mana yang memperoleh penghargaan terbaik.

Untuk mendapatkan penghargaan tersebut bukan hal yang mudah, bahkan bisa dibilang sangat sulit. Inspektor akan menilai kualitas makanan, teknik memasaknya, konsep restoran, dan pelayanan restoran saat membuat review. Mereka tidak melihat interior restoran atau table setting.

Menyoal label terbaiknya, Michelin Star memiliki 3 tingkatan bintang. Mulai dari yang terendah bintang satu dan bintang tinggi tiga sebagai yang tertinggi.

Ketatnya penilaian memang menunculkan prestis tersendiri. Bisa dibilang restoran yang mendapatkan penghargraan Michelin Star, meskipun hanya bintang satu, sudah terjamin kualitas makanan, konsep, dan pelayanan restoran. Kenapa? Karena fakta menyebutkan bahwa total 10.000 restoran, hanya ada 1 restoran yang berkesempatan mendapatkan bintang satu Michelin ini.

Makna label bintang Michelin Star

restoran michelin star murah

Restoran Michelin Star murah di Singapura. Hanya 2,2 USD per porsinya. Foto dari sethlui.com

★ Bintang satu

Restoran bintang satu Michelin Star ini direkomendasikan sebagai restoran terbaik dengan cita rasa masakan berstandar tinggi di kelasnya. Sebagai contoh, street food Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle yang ada di Chinatown Food Complex, Singapura. Ini memiliki arti bahwa restoran ini paling enak di antara street food lain di Singapura.

★★ Bintang dua

Jika sebuah restoran menghasilkan atau memiliki dua bintang, itu berarti bahwa restoran ini memiliki hidangan yang dibuat dengan hati-hati dan kualitas makanan yang luar biasa.

★★★ Bintang tiga

Sedangkan restoran yang menghasilkan atau memiliki tiga bintang memiliki arti bahwa restoran ini menyediakan masakan dan pengalaman bersantap yang luar biasa di mana hidangan khas diolah menggunakan bahan-bahan yang luar biasa.

Dapatkan ulasan menarik tentang restoran dan tulisan Lain dari Echi

Tags:

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar