Alat-Alat Snorkeling yang Harus Dipahami Orang yang Baru Pertama Kali Snorkeling

Jangan bersnorkeling tanpa masker. Sumber foto

Berbagai macam jenis kegiatan bisa Kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan Kamu. Mendaki gunung, pergi ke pantai, ber-snorkeling, atau hanya duduk diam di rumah. Namun jika Kamu memilih untuk melakukan kegiatan di luar rumah, Kamu harus mengetahui peralatan yang Kamu butuhkan tentunya. Misalnya kalau Kamu ingin melakukan snorkeling, Kamu harus tahu alat snorkeling yang bisa Kamu gunakan.

Snorkeling menjadi kegiatan yang banyak diminati masyarakat saat ini. Apalagi di Indonesia yang memiliki laut serta pemandangan bawah lautnya yang sangat indah. Sangat disayangkan kalau Kamu tidak mencoba untuk ber-snorkeling di lautan Indonesia.

Tapi snorkeling juga tidak bisa dilakukan secara otodidak dan tanpa pengawasan. Jika Kamu baru ingin melakukan snorkeling untuk pertama kalinya, Kamu membutuhkan latihan pernafasan terlebih dahulu. Biasanya di tiap spot snorkeling sudah ada pemandu yang akan membimbing kalian untuk melakukan latihan tersebut. Selain latihan dan persiapan, Kamu juga harus mengetahui jenis dan fungsi dari alat snorkeling. Inilah alat-alat snorkeling yang bisa Kamu gunakan untuk menemanimu ber-snorkeling ria.

1. Scuba Diving Mask

alat snorkeling

Jangan bersnorkeling tanpa masker. Sumber foto

Yang terpenting dari snorkeling adalah kacamata dan alat bantu pernafasannya, yang sering disebut scuba diving mask. Tanpa benda ini Kamu akan susah menikmati keindahan batu karang di bawah laut karena kesulitan untuk membuka mata. Masker ini juga untuk membantu agar tidak kemasukan air melalui hidung.

Tips memilih masker yang tepat adalah dengan mencobanya dan pastikan posisi hidung, mata, dan karet yang melingkar di kepala sudah pas. Dan pastikan juga ketika Kamu melepasnya dari kepala, masker tersebut masih menempel di wajah dan tidak mengalami kebocoran udara. Masker yang bocor akan membuat masker sering berembun karena udara di dalam masker menjadi tidak stabil.

2. Scuba Diving Mask with Tripod Mount Sport Cam

alat snorkeling

Kamu bisa merekam pengalamanmu dengan ini. Sumber foto.

Masih dari masker yang melindungi wajahmu dari air laut. Namun yang ini memiliki dudukan khusus untuk meletakkan action-cam-mu. Jika Kamu ingin merekam pengalaman bawah lautmu, Kamu bisa menggunakan scuba diving mask with tripod mount sport cam.

Dibuat khusus untuk meletakkan berbagai action-cam, xiaomi, go-pro, dan kamera sport lainnya. Terbuat dari bahan tempered glass membuatnya menjadi tidak akan mengembun setelah digunakan. Dan tentu saja dapat membantumu untuk melihat dengan jelas pemandangan bawah air. 

3. Full Wetsuit Long-Sleeve

alat snorkeling

Ringan dan pas di badan. Sumber foto.

Yang tak kalah pentingnya dari peralatan selam adalah baju selam. Kamu tidak bisa menggunakan baju biasa untuk menyelam dan menikmati pemandangan bawah air. Full wetsuit long-sleeve didesain khusus untuk digunakan oleh para penyelam. Baju ini mampu memudahkanmu untuk bergerak selama berada di air.

Terbuat dari bahan polyster yang tipis, cepat kering, dan mempunyai elastisitas yang baik yang sangat Kamu butuhkan untuk melakukan snorkeling maupun penyelaman. Terdiri dari tiga bagian yaitu kaos lengan panjang, celana panjang, dan celana pendek. Dengan menggunakan baju selam, tubuh Kamu juga akan terlindungi dari derasnya ombak yang ada di lautan. Dan bahannya yang tidak berat, tidak akan membuatmu kelelahan berkeliling.

4. Tiento Black Turquoise Wetsuit Hoodie

alat snorkeling

Baju selam untuk muslimah. Sumber foto.

Baju selam yang dikhususkan untuk wanita yang berhijab ini mempunyai bahan yang elastis pula. Tiento Black Turquoise akan membuatmu nyaman saat bergerak-gerak di bawah air. Dilengkapi dengan hoodie yang membuat rambutmu tidak ke mana-mana sehingga tidak perlu khawatir dan takut bila dilihat oleh lelaki.

Terbuat dari bahan yang anti air garam dan kaporit jadi Kamu bisa menggunakannya tidak hanya di kolam renang. Kamu juga dapat menggunakannya di pantai dan laut. Memiliki sistem penjahitan yang rapi akan membuatnya menjadi barang yang awet dan tidak mudah rusak. Apalagi desainnya yang modern sehingga jika Kamu gunakan beberapa tahun lagi tidak akan terlihat jadul dan kuno.

5. Godive Fin Full Heel

alat snorkeling

Kaki katak yang memudahkan manuvermu. Sumber foto.

Pelengkap kegiatan snorkeling Kamu, kaki katak. Godive Fin Full Heel akan membantumu untuk bergerak lebih cepat karena ketika Kamu menggunakannya, Kamu akan memiliki kaki yang berselaput seperti katak. Dengan menggunakan bahan berkualitas dari TRP, FS-04 dapat membuatmu ‘membelah air’ dengan mudah.

Bahannya juga nyaman untuk dikenakan yang juga akan memberikan kekuatan dan kelenturan di area kaki. Alat snorkeling ini dapat digunakan untuk menambah tenaga dan efisiensi dari kakimu.

6. Diving Neoprene Snorkeling Gloves

alat snorkeling

Sarung tangan selam. Sumber foto.

Sepasang sarung tangan ini sangat lembut dan ringan. Neoprene Snorkeling Gloves mempunyai bahan yang sangat elastis dan mampu membuat tanganmu bebas bergerak selama berada di bawah air. Dan bahannya juga mampu menahan dinginnya air laut untuk pemakaian yang lama.

Dengan menggunakan sarung tangan ini, tanganmu akan terlindungi dari bahaya snorkeling seperti ubur-ubur, batu yang tajam, dan polip. Neoprene Snorkeling Gloves mampu mengurangi tenaga yang harus Kamu keluarkan untuk bergerak di bawah air juga.

7. U’King Diving Flashlight

alat snorkeling

Penerangan bawah air. Sumber foto.

Untuk Kamu yang ingin mencoba snorkeling di malam hari, Kamu bisa menggunakan alat snorkeling U’King Diving Flashlight untuk peneranganmu di bawah air. Memiliki desain yang bisa dipasangkan di masker diving Kamu membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana. Tentu saja senter ini mempunyai teknologi water resistant.

Terbuat dari lapisan aluminium mampu membuatnya awet untuk pemakaian yang lama, senter ini mampu menemanimu menyelam sampai ke kedalaman 50 meter. Meski Kamu sudah menggunakan senter ini, Kamu tetap harus berhati-hati karena kondisi bawah air yang sangat gelap di malam hari.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Faiz Abi

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran