Sidebar

Sunblock SPF 15 dan SPF 50, Mana yang Lebih Efektif untuk Traveling?

Sunblock SPF 15 dan SPF 50 memiliki efektivitas yang hampir sama. Para ahli berpendapat penggunaan SPF tinggi justru dapat memperbesar risiko luka bakar.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sunblock sangat bermanfaat untuk berbagai aktivitas outdoor, terutama traveling agar kulit tetap terlindung dan tidak terbakar matahari. Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang dapat membuat kulit menjadi kusam dan memunculkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Produk sunblock kini tersedia dengan berbagai kandungan SPF berbeda-beda.

SPF atau Sun Protection Factor adalah indikator yang menentukan bagus atau tidaknya suatu produk dalam melindungi kulit. Angka SPF menjadi penentu durasi waktu pemakai dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar. Jika biasanya anda dapat berada di bawah matahari 10 menit tanpa terbakar, maka dengan menggunakan sunblock SPF 15 dapat memperpanjang waktu 15 kali lipat, atau sekitar 2,5 jam (15×10 menit).

Terdapat berbagai tingkatan SPF produk sunblock yang dijual di pasaran, mulai dari SPF 15, SPF 30, SPF 50, hingga SPF 100. Perlu diperhatikan, seringkali salah dipahami bahwa semakin tinggi SPF maka semakin baik. Bukan demikian, besarnya nilai SPF sama sekali tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut.

Efektibitas Sunblock SPF 15 dan SPF 50

Anggapan semua orang nyatanya salah, beberapa ahli berpendapat bahwa penggunaan sunblock dengan SPF tinggi justru dapat memperbesar risiko luka bakar dan kanker kulit. Prosentase kemungkinan akan semakin besar untuk kulit yang terlalu sensitif cahaya dan memiliki sejarah kanker kulit. Sunblock SPF 15 dan SPF 50 memiliki efektivitas yang hampir sama.

Berikut ini perbedaan efektivitas setiap nilai SPF pada produk sunblock.

Diantara semua kadar SPF yang terkandung dalam produk sunblock, SPF 30 adalah kadar yang paling tepat. Tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu rendah. Namun penting diperhatikan bahwa SPF hanya melindungi dari UVB saja, anda perlu memikirkan melindungi kulit dari bahaya UVA. Oleh karena itu, penting kiranya memilih produk sunblock yang lulus tes radiasi UVA dan UVB. Aplikasikan setiap dua jam seklai atau setelah berkeringat.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Ritual Potong Rambut Gimbal Festival Dieng 2020 Digelar Virtual

Wisata Thailand Dibuka Oktober, Turis Karantina di Phuket

Perbedaan China, Taiwan, dan Hongkong yang Sering Disalahpahami

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

6 Pantai untuk Surfing Dekat Jakarta, Alternatif Tujuan Liburan Akhir Pekan

FALLBACK
The END