Sidebar

Cara Memilih Sunblock yang Tepat untuk Liburan, Harus Sesuai Kulit!

Cara memilih sunblock yang tepat tidak boleh salah, penggunaan sunblock harus sesuai jenis kulit. Pemakaian yang tidak tepat dapat menimbulkan alergi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB dapat memcu berbagai kerusakan kulit, mulai dari kusam, iritasi, dan berbagai tanda-tanda penuaan dini lainnya. Bagi yang sering melakukan aktivitas atau berlibur di luar ruangan, wajib menggunakan sunblock untuk melindungi kulit. Terdapat beragam produk sunblock yang diperuntukan untuk jenis kulit yang berbeda-beda.

Tidak boleh salah, penggunaan sunblock harus sesuai dengan jenis kulit. Pemakaian yang tidak tepat dapat menimbulkan reaksi alergi yang justru merusak kulit. Oleh karena itu berikut disajikan beberapa tips dan cara memilih sunblock yang tepat untuk kulit.

1. Pilih produk dengan jumlah SPF dan PA yang sesuai

Semakin tinggi SPF dan PA dalam produk sunblock bukan berarti semakin memberikan perlindungan lebih pada kulit. Harus hati-hati, karena SPF dan PA yang terlalu tinggi malah da[at menimbulkan iritasi kulit. Jika untuk kegiatan sehari-hari SPF 50/PA + sudah cukup. Olahraga ringan dan rekreasi di luar ruangan gunakan SPF 15-40/PA ++. Sedangkan untuk di pantai atau kegiatan di bawah terik matahari pilih SPF 30-50+/PA +++.

2. Gunakan produk waterproof untuk berenang

Terdapat produk sunblock yang memiliki sifat waterproof, artinya tahan air dan tahan air. Sehingga tidak mudah luntur meskipun terkena keringat atau digunakan untuk kegiatan berenang. Sunblock waterproof sangat cocok untuk digunakan di pantai atau kolam renang. Setelah selesai, gunakan produk cleanser khusus untuk membilas karena produk ini tidak mudah dibersihkan dengan sabun mandi atau pencuci muka biasa.

3. Kulit sensitif gunakan produk organik

Jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif, pilih produk sunblock yang dibuat dari bahan-bahan organik yang bebas dari bahan kimia. Bahan organik memiliki kemampuan ultraviolet light scattering agent yang dapat menghamburkan dan memantulkan sinar UV. Sunblock organik biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal, namun demikian kualitas dan keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

4. Pilih sunblock yang mudah dipakai

Sunblock memiliki tekstur yang beragam, mulai yang berbentuk krim, lotion, sparay, hingga gel. Pilihlah sunblock yang pengaplikasiannya pada kulit mudah. Gel sangat direkomendasikan karena lebih ringan, tipis, dan transparan. Sangat cocok untuk pria yang tidak terbiasa menggunakan kosmetik. Jika tidak ingin terlalu repot, dapat juga memilih produk sunblock spray yang mudah disemprotkan pada kulit.

5. Sunblock minum?

Belakangan banyak beredar produk sunblock yang berbentuk kapsul atau tablet. Khusus tipe ini tidak perlu dioleskan pada kulit karena untuk penggunaan dalam. Produk sunblock yang diminum ini masih belum terbukti khasiatnya secara ilmiah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sangat direkomendasikan untuk memilih produk sunblock yang sudah jelas saja perihal khasiat dan keamanannya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

7 Tips Liburan Saat New Normal Agar Selalu Sehat dan Aman

Protokol New Normal Kemenkes di Fasilitas Pariwisata Indonesia

5 Tips Merencanakan Liburan Saat New Normal Mulai Diberlakukan

Cara Menghapus Akun KAI Access, Solusi Atas Permasalahanmu

Cara Memilih Kursi Kereta di KAI Access Agar Nyaman Selama Perjalanan

Cara Mengganti Identitas di KAI Access, Mudah Tanpa Repot!

FALLBACK
The END