Saat berlibur ke suatu kota, Kamu pasti perlu mencari penginapan yang cocok denganmu. Beberapa orang akan memilih guest house atau hotel yang bernuansa alam, dekat dengan sawah atau bukit yang hijau. Namun akan ada juga yang lebih memilih hotel strategis di tengah kota. Tujuannya tentu mencari tempat menginap yang mudah dijangkau, dekat dengan pusat perbelanjaan ataupun destinasi wisata perkotaan. 

Di Semarang, untuk Kamu yang menginginkan kemudahan mengakses berbagai lokasi penting di pusat kota, Hotel Novotel bisa jadi pilihan.

Ulasan singkat

Area lobi hotel Novotel

Area lobi yang nyaman untuk duduk sambil menunggu jemputan. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Novotel merupakan salah satu hotel bisnis bintang 4 yang ada di kawasan tengah Kota Semarang. Hotel ini akan lebih ramai saat hari kerja ketimbang hari libur atau weekend.

Meski lebih banyak para pebisnis atau pekerja yang menginap di hotel ini, tapi secara fasilitas, hotel ini juga nyaman untuk Kamu yang sedang liburan di Semarang. 

Sesaat setelah masuk ke lobi, Kamu akan disambut dengan nuansa lembut karena dinding hotel dan aksesorisnya banyak menggunakan warna pastel seperti cokelat muda.

Ada beberapa patung dan guci yang dipajang di lobi dan lorong hotel. Ini ternyata tak lepas dari pengaruh sang empunya hotel yang begitu suka dengan kebudayaan Jawa.

Selain itu, ada beberapa pepohonan yang dipajang di lobi hotel yang sukses memunculkan kesan segar dan nyaman di mata. Sayangnya memang pohon yang dipajang ini bukan pohon asli, melainkan pohon berdaun plastik, namun kayu yang digunakan sebagai batang pohon adalah kayu asli.

Ada setidaknya 170 kamar di Novotel yang terbagi dalam beberapa kelas kamar. Rate paling rendah untuk harga kamar di Hotel Novotel Semarang adalah sekitar 800 ribuan Rupiah. 

Memiliki program Planet 21, hotel ini bisa dibilang cukup ramah lingkungan. Jangan heran kalau suasana hotel sedikit remang menenangkan karena di sini memang meminimalisir penggunaan lampu. Selain itu ada juga beberapa kampanye yang mengajak tamu hotel untuk lebih peduli pada lingkungan. Salah satunya dengan menghemat penggunaan handuk di kamar. Jika tamu tak perlu mengganti handuk, maka cukup letakkan di bagian atas. Dengan begitu petugas kebersihan tak akan mencuci handukmu. Hal itu menjadikan lebih hemat air bersih dan mengurangi limbah detergen sisa cucian. 

Lokasi

Area lobi hotel Novotel

Area lobi yang nyaman untuk duduk sambil menunggu jemputan. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Novotel terletak di ruas jalan utama Kota Semarang. Seluruh sisi kanan kiri depan dan belakang hotel ini adalah bangunan, mulai dari hotel, gedung pemerintahan, pusat perbelanjaan dan perumahan warga. Maka satu-satunya view yang akan Kamu dapat saat menginap di sini adalah pemandangan kota dan juga gedung-gedung.

Karena terletak di ruas jalan utama Kota Semarang, maka tak heran kalau area di sekitar Hotel Novotel sering macet pada jam-jam tertentu, misalnya jam berangkat dan pulang kerja atau jam pulang sekolah.

Namun yang menguntungkan dari lokasi Hotel Novotel ini adalah letaknya yang dekat dengan pusat perbelanjaan terbesar di Semarang. Kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai di Paragon Mall Semarang. Dan juga Novotel ini dekat dengan beberapa destinasi wisata di Semarang.

Ruang Kamar

Ruang kamar hotel Novotel

Ruang kamar hotel Novotel Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Novotel memiliki beberapa jenis tipe kamar, di antaranya Suite, Superior, Standard dan eksekutif. Yang jelas semua tipe kamar ini punya standar kamar yang berbeda. Hanya saja memang jika dibandingkan dengan beberapa hotel lain yang berbintang empat bisa dibilang ukuran kamar hotel ini kurang begitu luas. Meski begitu, kamar yang didesain dengan simpel ini betul-betul bersih dan nyaman.

Di kamar superior, terdapat satu bed ukuran double lengkap dengan TV, AC, hitter, gula dan teh, meja kerja, juga kamar mandi. Untuk kamar superior ini, ukurannya justru lebih besar dari kamar eksekutif. Ini karena memang Hotel Novotel ingin memberi kesan privasi pada tamu kamar eksekutif.

Untuk Kamu pencinta kopi, Kamu bisa membuat kopi kapanpun karena sudah disediakan alat pembuat kopi.

Kamar mandi di semua tipe kamar Hotel Novotel sudah dilengkapi hair dryer dan bathtub dengan shower  di bagian atasnya . Namun kalau Kamu ingin kamar yang mempunyai stand up shower terpisah dari bathtub, paling tidak Kamu harus pesan kamar bertipe suite. Untuk kamar tipe superior, hanya disediakan beberapa kebutuhan untuk mandi misalnya sabun, sampo, sikat gigi dan pasta gigi. Sedangkan untuk kelas eksekutif dan suite sudah dilengkapi dengan alat pencukur, sisir, hair cap, dan lainnya. Secara keseluruhan kamar di Novotel memang tidak terlalu luas, tapi nyaman dan bersih.

Novotel juga punya layanan mini bar di dalam kamarnya. Namun sayangnya fasilitas mini bar ini hanya di-setting siap sedia untuk kamar bertipe eksekutif dan suite. Kalau Kamu memesan kamar dengan tipe superior atau standar, perlu meminta ke petugas dulu kalau ingin memanfaatkan fasilitas mini bar. Jadi memang tidak selalu tersedia saat Kamu datang.

Kolam renang

Kolam renang hotel Novotel

Kolam renang hotel Novotel Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Novotel sebagai salah satu hotel berbintang empat di Semarang pastinya juga punya fasilitas kolam renang. Sayangnya kolam renang di sini tidak terlalu besar. Berada di lantai satu, pemandangan dari kolam renang hanya terpaku pada gedung-gedung tinggi. Nilai lebihnya, kolam di sini bersih dan terdapat satu jacuzzi gratis untuk tamu hotel.

Karena fasilitas kolam renang ini juga dibuka untuk umum, maka kalau Kamu ingin berenang mungkin harus berbagi dengan tamu umum.

Ada beberapa kursi yang bisa Kamu gunakan untuk berjemur santai sambil berbaring.

Makanan

Resto hotel Novotel

Resto bertema alam yang nyaman. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Salah satu menu masakan andalan di Hotel Novotel adalah sop buntut. Menu ini menjadi salah satu menu favorit dan banyak dipesan tamu. Selain itu Kamu juga bisa memesan menu makanan Western dan Asia. Kalau ingin memesan makanan Chinese atau menu makanan lain juga bisa, namun harus konfirmasi terlebih dahulu ke chef yang bertugas.

Hotel Novotel juga punya restoran yang buka dari jam 11 siang sampai jam 11 malam. Terdiri dari dua ruang (smoking area dan non smoking area), Novotel menghadirkan kesan alami di ruang resto ini. Di salah satu sudut restonya terdapat beberapa pohon buatan, sama persis dengan yang ada di lobi. Sedangkan di bagian luar restonya dihiasi dengan air terjun mini buatan dan juga pepohonan asli. 

Hiburan

123 Club Hotel Novotel

123 Club, salah satu hiburan di Hotel Novotel. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Sebagai hotel bisnis, Novotel juga menyediakan beberapa fasilitas hiburan gratis seperti kolam renang, fitness centre, live music, sauna dan jacuzzi. Sedangkan untuk fasilitas hiburan yang berbayar di antaranya adalah spa dan club bar.

Fitness centre di Hotel Novotel cukup luas, tamu hotel juga bisa ikut dalam kelas kebugaran setiap hari Senin – Kamis dari jam 6-7 malam. Kalau sudah lelah berenang, tamu juga bisa berendam di Jacuzzi atau bersantai di sauna sambil membaca buku.

Untuk fasilitas spa memang berbayar, baik untuk umum atau pun tamu hotel. Kalau ingin merasakan sensasi pijat di spa Novotel ini Kamu cukup bayar Rp290.000 saja per jamnya. Atau bisa juga lebih mahal tergantung berapa lama dan layanan tambahan apa yang ingin Kamu nikmati, misalnya scrub dan lainnya.

Setiap malamnya ada pertunjukan band dan dj secara bergantian. Jadi kalau sedang ingin mencari hiburan tapi kebetulan sedang malas untuk keluar hotel, Kamu bisa mempir ke 123 Club ini.

Sayangnya tak ada lift menuju ke club ini, jadi mau tak mau Kamu memang harus jalan kaki menyusuri lorong dan tangga hotel.

Fasilitas lain

Web corner Hotel Novotel

Web corner, pc komputer yang bisa dipakai tamu untuk mencari informasi. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Novotel bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain kamar hotel, kolam renang, fasilitas hiburan, di sini ada juga fasilitas lain yaitu ruang kerja khusus, ruang bermain anak, mushola, dan web corner.

Ruang kerja khusus berupa meja kecil lengkap dengan computer dan printer. Jadi kalau Kamu perlu mencetak beberapa dokumen untuk urusan kerja atau urusan liburanmu, maka di sinilah tempatnya. Tapi untuk urusan cetak mencetak Kamu harus bayar.

Web corner merupakan area di lobi berupa komputer yang bisa digunakan untuk tamu hotel secara umum. Mungkin Kamu butuh beli tiket online, atau mencari informasi seputar destinasi, Kamu bisa memanfaatkan komputer ini secara cuma-cuma.

Untuk anak-anak juga disediakan ruang bemain khusus, tapi memang ukurannya tergolong kecil. Ada TV dan beberapa mainan seperti kuda-kudaan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sejenak kejenuhan si anak saat rewel di hotel.

Meski ukurannya kecil, bersyukur karena Hotel Novotel menyediakan mushola khusus. Jadi untuk tamu umum atau hotel yang ingin shalat berjamaah bisa menggunakan fasilitas mushola ini. Mushola Hotel Novotel sudah dilengkapi dengan tempat wudhu dan alat shalat, jadi tamu tak perlu repot.

Kelebihan

  • Berada di ruas jalan utama Kota Semarang
  • Dekat pusat perbelanjaan
  • Fasilitas lengkap
  • Ballroom
  • Meeting room
  • Kolam renang, fitness centre, sauna, jacuzzi dan spa
  • Ramah lingkungan

Destinasi wisata terdekat

  • Paragon Mall (+/- 5 menit jalan kaki)
  • Lawang Sewu  (+/- 3 menit)
  • Museum Mandala Bakti  (+/- 4 Menit)
  • Tugu Muda  (+/- 3 menit)
  • Kota Lama  (+/- 11 menit)
  • Sam Poo Kong  (+/-11 menit)

Info lebih lanjut hubungi

Hotel Novotel Semarang
Jl. Pemuda No.123, Sekayu, Semarang Tengah
Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
Telepon : (024) 3563000 

Destinasi di Sekitar Hotel Novotel Semarang






kue leker paimo

Kue Leker Paimo

Joglo Agung resto
Pasar Semawis Semarang

Pasar Semawis





Hotel Lainnya