7 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Asing

Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai negeri yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan inilah yang menjadi awal petaka Bangsa Indonesia sehingga menjadi rebutan bangsa asing seperti Inggris, Belanda, Jepang, dan Portugis. Lebih dari 350 tahun lamanya, Bangsa Indonesia harus menderita dibawah penjajahan Belanda hingga Jepang.

Tak banyak yang tahu ternyata di dunia ini terdapat beberapa negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Berikut ini akan disajikan ulasan beberapa negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing.

1. Iran

(Akurat.co)

Iran merupakan salah satu negara di kawasan Timur Tengah, tepatnya di Asia Barat Daya. Sejak zaman dahulu hingga tahun 1935, penduduk lokal Iran masih dikenal sebagai Persia oleh dunia barat. Tahun 1800an menjadi masa paling terpuruk bagi Iran, karena saat itu kedaulatan negara ini dirongrong oleh Rusia dan Inggris yang berjuang membangun kerajaannya di wilayah Timur Tengah.

2. Thailand

(intrepidtravel.com)

Thailand adalah negara tetangga dari Indonesia yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Sejak awal Thailand tidak pernah dijajah oleh bangsa lain karena memang kekayaan alam negeri ini tidak begitu melimpah dengan kondisi tanah yang kurang subur. Selain itu Kerajaan Thailand juga memiliki hubungan diplomatik cukup baik dan sangat terbuka kepada bangsa asing.

3. Jepang

(Phinemo/Sekar Suwardani)

Jepang adalah salah satu negara di kawasan Asia Timur yang tidak pernah merasakan pahitnya penjajahan bangsa asing. Namun demikian, Belanda dan China sempat mendirikan pelabuhan dagang di wilayah negara Jepang. Karena kekuatan militer yang besar dari Kekaisaran Jepang, Belanda dan China berhasil dikalahkan dan diusir keluar Jepang.

4. Liberia

(internasional.kompas.com)

Liberia beradai di wilayah pesisir barat Benua Afrika, berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Beberapa negara seperti Inggris, Portugal, dan Belanda pernah berusaha menguasai Liberia dengan mendirikan pos perdagangan di seluruh wilayah. Bahkan Amerika Serikat sempat mendirikan pemerintahan kolonial di Liberia selama satu periode. Liberia berdiri menjadi sebuah negara resmi pada tahun 1847.

5. Bhutan

(gadventures.com)

Bhutan terletak di kawasan Asia Selatan, berbatasan dengan Negara India dan China. Bhutan memiliki bentuk negara kerajaan dan dikenal luas sebagai Negeri Naga Guntur. Tak pernah ada bangsa asing yang berhasil menjajah Bhutan. Abad ke-18 dan ke-19, Bhutan terpaksa harus berperang melawan Inggris yang mencoba menguasai negaranya.

6. Tiongkok

(kiatravels.co.id)

Tiongkok kecuali Hong Kong dan Makau menjadi salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Hubungan diplomatik yang terjalin baik dengan negara-negara barat seperti Perancis, Inggris, Rusia, Jerman, dan Amerika menjadi alasan utamanya.

7. Denmark

(worldatlas.com)

Denmark merupakan sebuah wilayah negara di Benua Amerika bagian utara. Beribukota di Kopenhagen, Denmark menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional dan Parlementer. Denmark tidak pernah mengalami masa penjajahan oleh bangsa asing. Alasan utamanya adalah kekayaan alam yang tidak melimpah dengn wilayah daratan yang tertutup salju abadi.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang negara dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar