Sidebar

7 Minuman Khas Indonesia yang Pas untuk Berbuka Puasa

Indonesia memiliki berbagai sajian minuman dingin yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Berikut disajikan tujuh minuman yang pas untuk berbuka puasa.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Puasa Ramadhan seperti saat ini sangat menarik kiranya jika membahas terkait berbagai sajian kuliner untuk berbuka dan sahur. Minuman dingin menjadi minuman yang seolah tak pernah kehilangan kharismanya sebagai minuman favorit berbuka disetiap bulan Ramadhan. Minuman dingin akan terasa sangat menyegarkan setelah seharian menjalani puasa.

Indonesia memiliki berbagai sajian minuman dingin yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Berikut disajikan tujuh minuman khas Indonesia yang pas untuk berbuka puasa.

1. Es Kopyor

(Instagram/@fansiskamaroe)

Es Kopyor merupakan sajian es yang dibuat dari kelapa kopyor, sejenis kelapa yang mengalami kelainan genetik berupa daging buah sangat lunak dengan air lebih sedikit dan aroma kelapa yang khas. Es Kopyor akan terasa nikmat jika disajikan sebagai hidangan berbuka puasa. Kandungan ion dalam air kelapa akan mengembalikan cairan tubuh sehingga kembali bugar.

2. Es Dawet atau Cendol

(Instagram/@capkolangkaling)

Es Dawet atau Cendol sebenarnya memiliki kemiripan yaitu sama-sama terbuat dari tepung beras atau beras ketan yang disajikan bersama es parut, gula merah, dan santan kelapa. Es Dawet berasal dari tanah Jawa tepatnya di Banjarnegara, sedangkan Es Cendol berasal dari tanah Sunda tepatnya di Bumi Priangan Bandung. Rasa Es Dawet atau Cendol yang manis akan mengembalikan kadar gula darah tubuh sehingga akan kembali bertenaga setelah seharian berpuasa.

3. Es Selendang Mayang

(Instagram/@genikayu)

Es Selendang Mayang merupakan minuman tradisional masyarakat betawi di Jakarta. Dalam sajian Es Selendang Mayang terdapat kue yang turut dimasukkan kedalam minuman, sekilas hampir mirip kue lapis kanji namun terbuat dari tepung hunkwe. Biasanya minuman ini disajikan ke dalam mangkok bersama sagu mutiara dan bubur sumsum. Es Selendang Mayang cocok sebagai takjil berbuka puasa karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

4. Es Dalimun

(Instagram/@gunarsokurniaji)

Es Dalimun merupakan sajian minuman yang terbuat dari cincau dan kolang kaling kemudian dipadukan bersama santan kelapa bakar dan gula aren cair. Es Dalimun akan lebih menyegarkan jika ditambah dengan biji selasih. Sajian ini sangat pas untuk berbuka puasa, rasanya yang manis akan mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh setelah berpuasa.

5. Es Pisang Ijo

(Instagram/@demamngunyah)

Es Pisang Ijo adalam minuman tradisional khas dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Es Pisang Ijo berupa sajian minuman yang terdiri dari pisang yang berbalut adonan tepung berwarna hijau, disajikan bersama sirup, sagu mutiara, dan bubur sumsum. Es Pisang Ijo kaya akan karbohidrat sehingga cocok untuk takjil berbuka puasa karena akan mengganjal sedikit rasa lapar.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Masjid Nasir Al-Mulk, Warna-Warni Elok Masjid Kuno di Daratan Persia

Kota Ray di Iran, Kampung Halaman Para Imuwan Muslim Dunia

4 Masjid Paling Suci di Dunia Bagi Umat Islam, Sudah Ada Sejak Era Nabi!

7 Museum Sejarah Islam Terbesar dan Termegah di Dunia

7 Tempat yang Diazab Allah Karena Ingkar dan Menyembah Berhala

Masjid di Korea Utara Cuma Satu, Destinasi Wisata Tidak Ramah Muslim!

FALLBACK
The END