7 Perlengkapan Mendaki Gunung yang Wajib Dimiliki Pemula

Perlengkapan Mendaki Wajib Bagi Pemula (Flickr/Trekking Rinjani)

Beberapa tahun ini kegiatan mendaki gunung semakin memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Sensasi udara sejuk dan keindahan alam saat matahari terbit/terbenam menjadi alasan utama banyak orang berbondong-bondong melakukan pendakian ke berbagai puncak gunung.

Mendaki gunung tergolong kegiatan yang susah-susah gampang. Bagi yang sudah berpengalaman, mendaki adalah hal mudah. Namun bagi pemula, mendaki termasuk kegiatan yang sulit karena membutuhkan persiapan yang matang dan banyak. Bagi anda yang masih pemula dan ingin melakukan pendakian berikut kami sajikan tujuh daftar perlengkapan mendaki gunung yang wajib kamu bawa.

1. Tenda Dome

Karena tidak ada hotel atau penginapan di puncak gunung, untuk bermalam di puncak gunung kamu membutuhkan tenda dome yang mudah dilipat dan dibawa. Tenda akan melindungi kamu dari udara dingin, terpaan angin, dan hujan saat berada di gunung. Bagi kamu yang tidak memiliki cukup dana untuk membeli tenda dome, kamu bisa menyewanya di tempat persewaan peralatan pendakian.

2. Tas Gunung/Carrier

Berbeda dengan jenis tas lainnya, tas carrier sudah di desain sesuai dengan ergonomi bentuk tubuh manusia sehingga cocok untuk membawa beban berat. Tas carrier memiliki banyak kantong dan tali pengait yang akan memudahkan membawa barang saat pendakian. Tas carrier memiliki harga beli yang cukup bervariasi tergantung merk dan ukuran. Jika kamu tidak memiliki cukup dana untuk membeli tas carrier, kamu juga bisa menyewanya di tempat persewaan peralatan pendakian.

3. Jaket Gunung

Jaket gunung memiliki fungsi ganda sebagai jas hujan bagi pendaki. Jaket gunung akan melindungi kamu dari cuaca dingin dan hujan selama di gunung.

4. Sepatu atau Sandal Gunung

Sepatu atau sandal gunung sangat mutlak diperlukan bagi setiap pendaki untuk melindungi kaki selama pendakian. Sepatu atau sandal gunung didesain khusus untuk melewati medan seperti lumpur, debu, pasir, rawa-rawa, dan sungai.

5. Matras

Matras sangat penting sebagai alas saat tidur atau bermalam di gunung. Akan sangat tidak nyaman jika kamu tidur diatas tanah/rumput karena beresiko terganggu serangga di tanah atau baju basah karena embun di rumput.

6. Sleeping Bag

Sleeping bag berguna untuk mengahangatkan tubuh saat tidur sehingga terhindar dari hipotermia. Sleeping bag bisa disewa di tempat persewaan perlengkapan mendaki. Penggunaan seleeping bag bisa diganti dengan selimut atau benda lain yang sekiranya bisa memberi kehangatan pada tubuh saat tidur di gunung.

7. Persediaan Logistik

Warung atau rumah makan tidak akan kamu temui di gunung. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu kamu diwajibkan untuk membewa keperluan logistik sendiri. Bawalah makanan atau minuman secukupnya dan memenuhi unsur nilai gizi. Jika kamu membawa bahan makanan mentah pastikan untuk tidak lupa membawa perlengkapan memasak.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar