7 Kawah Gunung Berapi Terindah di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Kawah gunung berapi yang disebut-sebut sebagai yang terindah di dunia (Instagram/nicolepenguinn).

Kawah atau disebut juga kepundan merupakan daerah depresi melingkar di permukaan tanah yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi. Kawah terletak di ujung lubang angin dimana magma keluar dalam bentuk gas, lava, atau ejecta. Beberapa kasus letusan gunung berapi, ketika kantung magma kosong menyebabkan area disekitar kawah runtuh ke bawah membentuk sebuah kaldera.

Sebagian besar kawah gunung berapi biasanya tertutup oleh massa air dan membentuk danau kawah yang indah. Hal ini disebabkan karena mineral-mineral vulkanik yang ditinggalkan setelah letusan bercampur dengan air sehingga menghasilkan warna hijau tosca atau biru yang memukau mata. Terdapat beberapa kawah di dunia yang disebut-sebut sebagai yang paling indah, berikut adalah ulasannya.

1. Heaven Lake, Korea Utara

(Instagram/china_tourr)

Heaven Lake atau Cheonji terbentuk akibat letusan Gunung Paektu pada tahun 946 yang lalu. Danau Kawah Heaven Lake membentang diantara perbatasan antara Cina dan Korea Utara. Dengan warna air berwarna biru cerah, Heaven Lake akan semakin indah saat musim dingin karena tertutup oleh salju dan es padat.

2. Quilotoa, Ekuador

(Instagram/samuelmh)

Danau Kawah Quilotoa terletak di Pegunungan Andes, Ekuador yang terbentuk akibat letusan super masif berkekuatan VEI-6 pada 600 tahun yang lalu. Pemandangan Quilotoa terindah sangat indah dengan warna kehijauan akibat kandungan mineral dalam airnya. Quilotoa menjadi situs wisata yang populer di Ekuador, biasanya ditempuh dengan bus atau truk dari Kota Zumbahua.

3. Okama, Jepang

(Instagram/yume.miru.tabibito)

Okama dalam bahasa Jepang bermakna ketel, hal ini merujuk pada lokasinya yang dikelilingi oleh Gunung Kattadake dari deretan Gunung Zao, Gunung Gaoshikidake, dan Gunung Kumanodake. Danau Kawah Okama dijuluki sebagai Kolam Lima Warna yang dapat berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca.

4. Kelimutu, Indonesia

(Instagram/_blackpo)

Kelimutu merupakan danau kawah yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Danau Kelimutu sangat indah karena warnanya dapat berubah-ubah dari merah, biru, dan putih. Karena keindahannya, Kelimutu pernah diabadikan dalam uang pecahan lima ribu rupiah cetakan tahun 1992.

5. Deriba, Sudan

(Instagram/zenitonline.nl)

Danau Kawah Deriba berlokasi di Darfur, Sudan dengan ketinggian lebih dari 3000 mdpl. Deriba terbentuk akibat letusan gunung berapi pada 3500 tahun yang lalu. Terdapat dua buah danau kawah yang kesemuanya memiliki panorama alam yang sangat indah. Danau kawah di bagian barat daya memiliki warna lebih cerah dan segar namun jauh lebih kecil.

6. Taupo, Selandia Baru

(Instagram/semmvd)

Danau Kawah Taupo terbentuk akibat letusan supervolcanic yang sangat dahsyat pada 26.500 tahun lalu. Dengan luas permukaan mencapai 616 kilometer persegi, Taupo dinobatkan menjadi salah satu danau kawah terbesar di dunia.

7. Danau Kawah Gunung Katmai, Alaska

(Instagram/nicolepenguinn)

Danau Kawah di Gunung Katmai terbentuk akibat Letusan Novarupta pada 1912, letusan gunung berapi terbesar pada abad ke-20. Lokasinya berada di puncak gunung bersalju sehingga membuatnya layaknya negeri ajaib di musim dingin.

Dapatkan ulasan menarik tentang kawah dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar