7 Destinasi Wisata Kalimantan Timur, Calon Ibukota Baru Indonesia

Destinasi wisata Kalimantan Timur, calon ibukota baru Indonesia (Instagram/@ini_kalimantan.id).

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan bagian ujung timur. Kalimantan Timur menjadi wilayah provinsi dengan kepadatan penduduk terendah nomor empat di Indonesia. Sebagian wilayah geografis Kalimantan Timur didominasi oleh hutan hujan tropis yang dihuni ratusan satwa endemik. Kalimantan Timur menjadi salah satu wilayah yang penting bagi perkembangan peradaban Bangsa Indonesia karena sempat menjadi basis pemerintahan beberapa kerajaan besar di masa lalu yaitu Kerajaan Kutai, Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Berau.

Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan bahwa sebagian wilayah di Provinsi Kalimantan Timur akan menjadi ibukota baru Republik Indonesia. Dibalik rencana tersebut ternyata Kalimantan Timur menyimpan pesonanya tersendiri dengan berbagai destinasi wisata menarik. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Sungai Mahakam

(Instagram/@gigo467)

Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur yang membentang sepanjang 920 km. Wisatawan dapat menjelajahi Sungai Mahakam dengan kapal wisata yang telah disediakan. Jika beruntung wisatawan dapat berjumpa dengan pesut, sejenis satwa yang menyerupai lumba-lumba air tawar endemik dari Pulau Kalimantan.

2. Batu Dinding Samboja

(Instagram/@djeniuse)

Batu Dinding Samboja merupakan batu setinggi 125 meter yang membentang sepanjang 150 meter di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Batu Dinding Samboja menjadi destinasi yang sering digunakan untuk hiking. Dari puncak Batu Dinding Samboja akan tampak pemandangan hutan tropis yang hijau.

3. Taman Nasional Kutai

(Instagram/@ghazwanie)

Taman Nasional Kutai merupakan wilayah cagar alam di Kalimantan Timur yang memiliki keberagaman ekosistem. Taman Nasional Kutai menjadi rumah bagi ribuan flora, 220 jenis burung, dan 11 primata endemik. Suasana hutan yang tenang dan asri sangat cocok untuk sejenak menjauh dari padatnya rutinitas harian.

4. Pulau Derawan

(Instagram/@ini_kalimantan.id)

Pulau Derawan dikenal sebagai destinasi wisata impian sebagian besar wisatawan Indonesia. Keindahan alam pesisir pantai dan bawah laut Pulau Derawan yang sangat indah akan membuat setiap wisatawan yang berkunjung menjadi terpikat. Beragam aktivitas seru dapat dilakukan di Pulau Derawan, beberapa diantaranya adalah snorkeling, diving, surving, atau sekedar bersantai menikmati sunrise ataupun sunset.

5. Pulau Maratua

(Instagram/@tanahsurgawi)

Pulau Maratua masuk dalam wilayah Kabupaten Berau yang dikenal karena aura eksotisme melalui perpaduan pasir putih dan laut biru yang jernih. Selain pantai, bawah laut Pulau Maratua juga tak kalah indah dengan ragam terumbu karang dan ikan warna-warni yang tampak serasi. Beberapa wisatawan bahkan menyebut Pulau Maratua sebagai Maldivesnya Indonesia.

6. Gua Haji Mangku

(Brilio.net)

Gua haji Mangku merupakan salah satu gua alam yang terletak di Pulau Maratua. Lokasinya tak jauh dari bibir pantai membuat gua ini cukup mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Keunikan Gua Haji Mangku adalah keberadaan kolam alami berwarna biru toska sedalam 15 meter yang terhubung langsung dengan laut.

7. Danau Kakaban

(Instagram/@nadyaarindaa)

Danau Kakaban merupakan danau alam yang dihuni oleh ributan ubur-ubur jinak yang tidak menyengat, Menurut cerita masyarakat, dahulu wilayah Perairan Kakaban ini menyatu dengan lautan. Namun karena adanya peristiwa pergolakan lempeng tektonik membuat Perairan kakaban terpisah dan menjadi danau. Berbagai satwa di dalamnya pun mengalami adaptasi menjadi satwa air tawar jinak. Terdapat dua tempat danau dengan ubur-ubur jinak seperti Danau Kakaban di dunia, satunya berada di Jellyfish lake di Pulau Mikronesia.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi males repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar