5 Tips Traveling Aman yang Wajib Diketahui oleh Solo Traveler

Solo Traveler (Flickr/Carine Mendes)

Dewasa ini kebutuhan akan traveling seolah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Waktu libur panjang sepeti libur semester atau libur lebaran menjadi saat yang paling ditunggu. Saat traveling pun akan menjadi hal yang sangat menyenangkan karena untuk sejenak kita bisa merileksasikan pikiran dan sejenak melupakan rutinitas sehari-hari.

Karena alasan tidak ada teman yang bersedia ikut atau ingin menghemat pengeluaran untuk traveling sebagian besar memilih untuk menjadi solo traveler. Solo traveler harus bisa lebih berhati-hati, agar traveling yang harusnya menyenangkan tidak berubah menjadi mimpi buruk. Hal-hal yang tidak diinginkan seperti luka, dompet hilang, atau barang ketinggalan akan sangat rentan dialami oleh solo traveler. Berikut telah dirangkum lima tips yang perlu diperhatikan terutama bagi kamu yang berniat melakukan solo traveling.

Baca juga tips traveling aman untuk wanita.

1. Kemas Bawaan dalam Satu Koper/Ransel Rapi

Solo traveling akan menjadi hal yang sangat menyenangkan karena kita bisa pergi ke berbagai destinasi yang diinginkan tanpa ada batasan waktu. Dalam melakukan traveling sebagai solo traveler hindari membawa barang-barang yang terlalu banyak. Cukup membawa barang-barang yang di rasa penting saja. Kemaslah semua barangmu dalam satu tas koper/ransel secara rapi. Membawa tas yang terlalu banyak beresiko tinggi ketinggalan atau hilang saat perjalanan.

Barang bawaan perlu diringkas secara rapi dalam koper/ransel. Lipatlah pakaian dengan cara digulung untuk menghemat ruang koper/ransel. Bagi wanita yang membawa aksesoris, gunakan kotak kecil untuk meletakkan aksesoris agar tidak bercampur dengan benda lain dalam koper/ransel dan memudahkan dalam mencarinya

2. Selalu Bawa Kotak P3K

Kotak P3K adalah hal penting yang harus dibawa oleh setiap solo traveler. Resiko terluka karen terjatuh di jalan, atau memar saat berenang dipantai merupakan hal yang sering dialami oleh setiap traveler, tak terkecuali solo traveler. Sediakan plester luka, kain kasa, dan obat merah dalam kotak P3K yang kamu bawa. Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit khusus seperti alergi bawalah persediaan obat-obatannya untuk berjaga-jaga saat kambuh di tengah traveling.

3. Simpan Uang dengan Aman

Saat kamu berada di destinasi yang sangat ramai dipadati oleh pengunjung tingkatkanlah kewaspadaanmu karena di tempat-tempat seperti ini rentan terjadi pencopetan dan penjambretan. Jangan letakkan uang di tempat-tempat yang mudah terlihat. Letakkan uang di tempat-tempat yang aman seperti saku celana atau bagian terdalam dari ransel. Tips lain yang bisa kamu coba adalah dengan tidak meletakkan uang di satu tempat saja. Hal ini bertujuan jika kemungkinan terburuk uangmu hilang, setidaknya kamu masih menyimpan uang di tempat lain.

4. Gunakan Pakaian yang Sopan

Dalam berpakaian perlu memperhatikan norma dan nilai yang berlaku di destinasi yang kamu kunjungi. Hindari pemakaian pakaian yang dapat mengundang kejahatan.

5. Hindari Penggunaan Aksesoris yang Berlebihan

Penggunaan aksesoris yang berlebihan dapat memancing tindak kejahatan. Jika memang tidak diperlukan hindari penggunaan aksesoris berharga seperti emas yang terlalu berlebihan. Utamakan keselamatan diri anda, gunakan aksesoris yang sewajarnya.

Baca selengkapnya tips traveling ke luar negeri sendirian.

Dapatkan ulasan menarik tentang traveling dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar