36 Hal yang Harus Diketahui Wanita yang Ingin Solo Traveling

Memiliki ketakutan saat traveling akan mengantarkanmu tetap waspada dalam setiap langkah

Melakukan perjalanan tentulah akan menemui resiko walau sekecil apapun, tak lepas juga resiko yang menimpa traveler wanita. Sebaiknya kamu membaca artikel ini sebelum memutuskan untuk traveling, baik sendirian atau bersama rombongan cewekmu.

Ketika kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, tetap saja akan ada kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan. Tips berikut ini berguna untuk menekan kemungkinan tersebut sekecil mungkin.

Memilih Penginapan

#1. Semakin kecil penginapan maka akan semakin baik, karena para pelayan dalam hotel tersebut akan lebih dekat dengan tamu.  Lobi yang kecil juga mempermudah untuk menemukan pelayan di sekitarnya.

#2. Carilah hotel pada tempat yang ramai, karena selain lebih mudah untuk mencari transportasi, jalan yang ramai juga cenderung lebih rendah tindak kriminal.

#3. Bila kamu memerlukan informasi atau nasihat karena kamu masih khawatir tentang area tempat kamu menginap, maka tanyakanlah pada pelayan, usahakan jangan yang ada di lobi, melainkan yang biasa berjalan di sekitar lorong penginapan.

#4. Meja resepsionist yang dekat pintu masuk atau dekat dengan tangga, sehingga akan lebih mudah untuk menghalangi orang tak dikenal masuk ke dalam penginapan. Pastikan juga penginapan yang kamu pilih memiliki satu pintu keluar masuk untuk alasan keamanan

#5. Adanya privasi atas informasi pribadi kamu saat check ini pada penginapan tersebut, sehingga tidak ada orang asing yang bisa mencari tahu informasi pribadimu, seperti nama, nomor kamar, atau sejenisnya.

#6. Mintalah nomor kamar ditulis pada kertas atau tertera kecil pada kunci kamar kamu. Jangan sampai nomor kamar kamu terdengar di seluruh ruangan lobi.

#7. Cari tempat parkir yang cukup penerangannya dan aman. Utamakan yang ada petugas parkirnya atau tersedianya CCTV pada area parkiran penginapan.

#8. Penginapan tersebut sebaiknya memiliki karyawan yang cukup, berguna saat kamu pulang larut malam, sehingga ada yang mengantarkanmu ke depan pintu kamar.

Kriteria Kamar Hotel

#9. Memilih kamar yang dekat dengan tangga, memudahkan kamu untuk menuju kamar. Bila ada pekerjaan renovasi hotel, pilihlah tempat yang jauh dari lokasi renovasi tersebut.

#10. Pilihlah kamar yang jauh dari pintu darurat, juga jauh dari lobi atau teras penginapan.

#11. Pastikan ada kunci pintu ganda pada pintu kamar kamu, serta ada lubang intip untuk melihat siapa yang ada di depan pintu kamu saat ada yang mengetuk.

#12. Carilah penginapan yang menyertakan tanda untuk mengijinkan petugas kebersihan untuk masuk kamar kamu, berguna saat kamu ingin kamarmu dibersihkan ketika kamu sedang keluar kamar.

#13. Bila ada barang-barang berharga milikmu di kamar, sebaiknya pasanglah tanda “don’t disturb” saat kamu keluar kamar. Hal ini untuk berjaga-jaga akan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

#14. Letakkanlah benda-benda berharga dari jangkauan mata, semisal menaruh pakaian mahal di belakang pakaian yang biasa. Pencuri biasanya mengambil apa yang terlihat lebih dahulu daripada harus mencari di seuatu tempat.

#15. Pastikan lemari atau laci meja kamar penginapan kamu ada kunci yang bisa digunakan untuk mengamankan barang-barang kamu.

#16. Jika merasa kehilangna sesuatu, segeralah melapor ke petugas penginapan kamu. Pada beberapa kasus pencurian, kadang ada konspirasi antara pencuri dengan salah satu petugas.

#17. Jika penginapan kamu memiliki lift, berdirilah di dekat tombol lift dan juga berdiri dengan menempelkan punggung ke dinding lift.

Saat Berada Di Luar

#18. Pelajarilah peta sebelum keluar, tanyakanlah kepada petugas hotel untuk menandai daerah mana saja yang menurutnya kurang aman.

#19. Pakailah pakaian yang membaur dengan warga sekitar dan tidak memancing orang untuk berbuat jahat.

#20. Hindarilah memamerkan benda beharga, semisal menenteng kamera mahal setiap saat, karena itu akan membuat pusat perhatian pencuri.

#21. Jika kamu mengenakan tas pinggang  atau tas kecil lainnya, pastikanlah mengikatnya pada sabuk celana. Sehingga bila ada yang berusaha melepas kaitan atau memotong talinya, maka tidak akan terlepas karena tersangkut pada sabuk tersebut.

#22. Berhati-hatilah saat berada di kerumunan atau saat naik turun kereta, saat berdesakan seperti itulah biasanya pencopet beraksi.

#23. Bawalah hanya satu kartu ATM dan fotokopi beberapa dokumen lainnya.

#24. Pisahkanlah uang kecil dan besar dalam dompet kamu, hindari untuk mengeluarkan atau menujukkan semua uangmu di depan umum.

#25. Selalu siapkanlah uang kecil untuk parkir atau tips untuk petugas hotel.

#26. Jika memang merasa kurang aman bertanya pada orang asing, carilah ibu-ibu dengan anak kecil sebagai tempat bertanya. Bila kamu menanyakan cara menuju ke sebuah lokasi, katakanlah juga bahwa kamu mau ketemu paman kamu di sana. Itu akan lebih aman.

#27. Jika berada di trotoar, jagalah jarak dengan jalan raya, baik barang-barang kamu atau dirimu sendiri

#28. Bila sedang menaiki eskalator, pilihlah sisi yang tidak bersebelahan dengan eskalator yang berlawanan arah.

#29. Siapkanlah sebuah peluit kecil yang keras, untuk berjaga-jaga bila diserang. Jika memang tidak sempat, maka teriaklah sekeras mungkin.

Saat Berkendara

#30. Pilihlah angkutan tertutup, aman untuk kamu dan barang bawaan kamu.

#31. Kuncilah semua resleting, jika perlu membeli beberapa barang, maka siapkanlah tas kain atau kantong lipat.

#32. Jika membayar taksi, bayarlah ketika masih berada di dalam taksi. Janganlah meninggalkan barang di dalam taksi, lalu membayar lewat jendela bagian supir.

#33. Ketika berada di stasiun, terminal atau bandara, tetap dekatkan barang-barang kamu denganmu.  Pastikan juga untuk selalu mengawasinya.

#34. Jika masih ragu akan taksi dari bandara atau stasiun, carilah angkutan umum yang ramai yang langsung mengatarkan kamu ke lokasi tujuanmu.

TIPS UMUM

#35. Selain memeriksa keadaan cuaca di sebuah lokasi, periksalah juga kapan matahari terbit dan terbenam bila kamu bepergian jauh dari rumah kamu.

#36. Carilah di forum atau grup tentang keamanan tempat yang akan kamu kunjungi.

***

Melakukan perjalanan adalah hal yang menyenangkan, asalkan semua dipersiapkan secara matang dan sistematis. Persiapan yang baik akan mengurangi resiko kejadian hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa kamu memberitahu kepada orang tua atau teman dekatmu, kemana dan berapa lama kamu akan pergi.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rani Suryatama

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran