Sidebar

7 Tips Liburan Saat New Normal Agar Selalu Sehat dan Aman

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum liburan di era New Normal karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Berikut ini tips liburan saat New Normal.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Hampir semua sektor kehidupan terkena imbas besar sejak virus corona (Covid-19) merebak dan menjadi pandemi, termasuk industri pariwisata. Bagaimana tidak, himbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja membuat laju pariwisata berhenti total. Setelah berbulan-bulan lamanya hanya di rumah, bosan dan jenuh pun sudah pasti di rasakan oleh masyarakat. Dorongan untuk berlibur sudah pasti sangat menggebu.

Kabar baik, seiring dengan diberlakukannya New Normal, sebentar lagi kegiatan di luar rumah seperti liburan akan diijinkan kembali. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena pandemi Covid-19 belum benar-benar selesai, terutama terkait protokol kesehatan. Berikut ini disajikan tips liburan saat New Normal.

1. Pastikan Kondisi Fit

Pastikan ketika berencana liburan saat New Normal, tubuh dalam kondisi yang sehat. Jangan memaksakan diri, ketika sedang tidak fit maka risiko terkena infeksi virus corona akan semakin besar. Oleh karena itu, sebelum berangkat sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jika diperlukan, ikuti rapid test atau swab secara mandiri.

Pastikan tubuh dalam kondisi sehat sebelum liburan (runnersworld.com).

2. Reservasi dan Check-in Online

Beberapa tempat wisata, terutama yang di Jakarta kini tidak lagi melayani pembelian tiket masuk di loket untuk menghindari kerumunan. Pembelian tiket dan reservasi hanya dilayani secara online di situs resmi destinasi wisata yang bersangkutan. Pun demikian, beberapa hotel juga melayani check-in online untuk menghindari kontak fisik.

3. Selalu Gunakan Masker

Saat berada di luar rumah selalu gunakan masker. Meskipun anda sedang dalam kondisi sehat, itu tidak berarti anda terbebas dari virus corona. Bisa jadi anda menjadi carrier dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Masker berguna untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Gunakan masker kain, karena masker medis hanya untuk tenaga kesehatan.

4. Bawa Bekal

Sebaiknya saat bepergian ke luar rumah untuk membawa bekal makanan sendiri. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa makanan dari luar higenis dan bebas dari cemaran mikroba berbahaya. Terlebih berdasarkan kajian ilmiah, virus corona dapat bertahan di benda mati di sekitar selama bejam-jam. Ingat, jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

Selalu gunakan masker di tempat umum (thejakartapost.com).

5. Sedia Hygiene Kit

Setelah memasuki era New Normal, hygiene kit adalah senjata utama yang wajib dibawa kemanapun saat bepergian. Hygiene kit meliputi hand sanitizer, desinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, hingga masker cadangan. Jangan malas untuk selalu rutin membersihkan tangan dan peralatan yang digunakan dengan hygiene kit.

6. Solo Traveling atau Staycation

Jika sebelum adanya pandemi Covid-19 sering pergi liburan bersama rombongan keluarga besar, maka setelah memasuki New Normal tidak ada salahnya untuk Solo Traveling atau Staycation untuk menghindatri kontak fisik dan kerumunan. Solo Traveling ke destinasi-destinasi tersembunyi yang belum banyak diketahui orang akan memberi pengalaman tersendiri.

Staycation diperkirakan akan menjadi tren setelah pandemi (Tribunews.com).

7. Jaga Jarak

Tidak semua daerah siap menerapkan protokol New Normal. Oleh karena itu pilihlah destinasi liburan yang siap untuk kebijakan baru tersebut. Selanjutnya selalu jaga jarak dan hindari kerumunan saat sudah berada di lokasi. Jauhilah titik-titik keramaian, dan mulai jelajahi spot-spot eksotis tersembunyi yang tidak banyak diketahui orang.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

27 Hotel Isolasi Pasien Covid-19 di Jakarta yang Dirujuk Pemerintah

Tingkat Keamanan Maskapai Indonesia dari Covid-19, Seberapa Aman?

Kenapa Tempat Wisata Buka Saat Pandemi, Sedangkan Sekolah Tidak?

59 Negara Lockdown Indonesia, WNI Tidak Bisa Plesir ke Luar Negeri

7 Tips Mendaki Gunung di Era New Normal Agar Tetap Aman dan Nyaman

5 Syarat Wajib Naik Kereta Api Jarak Jauh di Masa New Normal

FALLBACK
The END