5 Situs Panduan Wisata Halal

Jalan-jalan ke negara non muslim nggak perlu bingung lagi dengan 5 situs dan aplikasi muslim ini.

Ditulis Oleh Echi

Bagi umat muslim, menemukan makanan halal dan masjid untuk bersembahyang saat mengekslpor Indonesia bukanlah hal yang sulit. Namun, hal ini nggak berlaku saat kamu jalan-jalan ke negara yang mayoritas penduduknya non muslim.

Masalah perut menjadi permasalahan utama yang kerap dialami pejalan muslim. Apalagi kamu berkunjung ke negara yang terkenal dengan olahan makanan non halalnya, misal Tiongkok. Kamu harus menilik menu yang terpampang dari satu restoran ke restoran lainnya untuk memastikan bahwa restoran tersebut menyajikan makanan halal.

Kamu pun bisa cek 5 aplikasi traveling halal dengan klik di sini

Tak hanya sampai di situ saja, saat di negara non muslim, menemukan masjid sebagai tempat beribadah pun bukan hal yang mudah. Ya, meski sholat pun sebenarnya bisa di mana saja, tapi tetap saja kamu membutuhkan tools sebagai petunjuk arah kiblat. Bahkan, perihal menginap di hotel pun, terkadang jadi pertimbangan. 

Menjadi seorang muslim bukan jadi kendala untuk bisa menjelajah dunia ini. Meski pun negara yang kamu kunjungi bukan negara muslim sekalipun, karena ada banyak travel website yang akan mempermudah perjalananmu sebagai seorang muslim, misalnya seperti; 

1. Muzbnb 

Make the world your home

Pernah mendengar situs sewa kamar AirBnB? Nah, bisa dibilang, Muzbnb adalah AirBnB-nya umat muslim. Kamu bisa sewa rumah, kamar, atau pun apartemen yang dilengkapi dengan ruang sholat hingga sajadah. Kamu nggak perlu khawatir dengan kehalalan rumah tersebut. Karena setiap rumah bebas dari alkohol atau pun makanan yang mengandung babi. 

Tak hanya bisa menyewa, kamu pun bisa jadi tuan rumah bagi para pejalan muslim lainnya. Sewakan rumah atau kamar-mu untuk traveler muslim yang membutuhkan. Dengan tag line “Make the world your home”, Muzbnb akan mengajak traveler muslim menikmati pengalaman perjalanan yang nyaman. Selayaknya di rumah sendiri. 

2. Tripfez.com 

Nikmati perjalananmu sebagai seorang muslim sejati

Jika kamu bisa menyewa rumah atau ruang kamar di Muzbnb, Tripfez menawarkan hal yang sedikit berbeda. Meski sama-sama bergerak di bidang akomodasi, Tripfez fokus pada penyediaan hotel-hotel yang ramah pada turis muslim dunia. 

Bukan hanya hotel, Tripfez.com pun sediakan pilihan tour di berbagai destinasi keren dunia. Dengan mengikuti tour Tripfez.com, kamu bisa merasakan perjalanan halal mu. Tak perlu bingung ke mana harus mencari restoran halal atau pun tempat beribadah, semua sudah tersusun dalam itinerary perjalanan yang ramah pada turis muslim. 

Kalau bingung cari restoran halal, kamu bisa juga baca 5 aplikasi restoran halal dengan klik di sini.

3. Halaltrip.com 

Bisa bersosialisasi dengan sesama member muslim lainnya!

Situs travel yang ramah untuk para pejalan muslim lainnya adalah Halaltrip.com. Situs ini menawarkan menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan paket perjalanan. Alhamdulillah-nya, Halaltrip.com pun memberikan segala informasi yang dibutuhkan para traveler muslim. Kamu bisa tahu di manakan arah kiblat, masjid terdekat, dan waktu sholat di negara setempat. 

Yang spesial dari Halaltrip.com dengan situs travel muslim lainnya, Halaltrip.com memberikan referensi destinasi wisata berdasarkan tingkat kehalalan produk yang ada di sana. Bahkan, kamu bisa berbagi informasi halal apa pun yang kamu temukan di perjalanan dengan community lainnya. 

4. #HHWT – Havehalalwilltravel 

Traveling halal dengan Havehalalwilltravel.com

Sama hal nya seperti halaltrip.com, #HHWT (Havehalalwilltravel) pun berkomitmen menjadi situs yang siap memandu para traveler muslim untuk keliling dunia. Segala hal yang kamu butuhkan dalam perjalanan bisa kamu temukan di sana. Mulai dari trip planner, booking hotel, hingga rekomendasi destinasi halal ada di sana. 

Bahkan, terdapat juga daftar restoran halal yang dilengkapi dengan rating dan review. Jadi, kamu bisa memilih makanan halal sesuai selera. Dan, kabar baiknya lagi, situs travel muslim ini didesain khusus untuk para millennial. Dengan kunjungi situs ini, kamu bisa punya banyak rekomendasi gimana seharusnya menjadi millennial traveler muslim yang tetap seru dan menyenangkan.

Untuk permudah perjalananmu #HHWT, bisa kamu dapatkan dengan mendownloadnya di smartphone.

5. Halal Minds

Khusus kamu gunakan saat ke Jepang

Yang terakhir adalah aplikasi khusus buat kamu yang ingin jalan-jalan ke Jepang. Halal Minds merupakan sebuah aplikasi traveling bagi muslim di Jepang yang akan membantumu menemukan informasi, apakah makanan kemasan yang ingin Kamu beli halal atau nggak. 

Caranya juga mudah, dengan men-scan barcode di kemasan makanan, aplikasi Halal Minds akan mendeteksi apakah makanan tersebut halal. Selain itu, aplikasi ini juga akan menunjukkan beberapa resto dan pasar halal yang ada di Jepang.

***

Jalan-jalan ke negara non muslim menjadi tantang tersendiri bagi para kaum muslim. Alhamdulillahnya, ada 5 situs dan aplikasi muslim ini yang bisa permudah perjalananmu. Semoga perjalananmu menjadi lebih berkah ya.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang APLIKASIHALAL, tulisan lain Echi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post