Sidebar

5 Pemandian Air Panas Alami di Tengah Hutan Indah Indonesia

Terdapat banyak kolam pemandian air panas alami di Indonesia yang belum banyak diketahui. Beberapa berada di tengah indahnya alam tropis hutan Indonesia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sebagai negeri yang dilewati jalur cincin api pasifik, Indonesia memiliki banyak sumber mata air panas alami. Tidak jarang, sumber mata air panas tersebut dikembangkan menjadi objek wisata berupa pemandian air panas. Beberapa kolam pemandian air panas alami yang sukses menjadi objek wisata populer, diantaranya yaitu berada di Cipanas, Ciater, dan Maribaya.

Bukan sekedar objek wisata biasa, kolam pemandian air panas alami juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung mineral yang tinggi, seperti kalsium, litium, dan radium. Dari alasan inilah, banyak yang membangun pemandian air panas untuk tujuan rekreasi dan spa kesehatan. Hanya dengan berendam saja, tubuh akan kembali segar.

Terdapat banyak kolam pemandian air panas alami di Indonesia yang belum banyak diketahui. Berikut ini disajikan rekomendasi pemandian air panas yang berada di tengah indahnya alam tropis dari seluruh Indonesia.

1. Candi Umbul, Magelang

(borobudurnews.com)

Seperti namanya, sumber air panas Candi Umbul adalah bagian dari suatu kompleks percandian peninggalan Hindu-Buddha di masa lalu. Konon, dulu Candi Umbul merupakan tempat pemandian keluarga Kerajaan Mataram. Gelembung udara sesekali keluar dari dalam tanah. Sambil berendam, turis juga dapat menikmati panorama Pegunungan Menoreh dan Candi Umbul.

2. Aek Rangat Riniate, Sumatera Utara

(Instagram/christianbetzmann)

Aek Rangat Riniate terletak tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya berada di Pangururan, Provinsi Sumatera Utara. Airnya mengandung mineral yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan. Pemandian air panas ini dikelilingi oleh bukit-bukit kapur berwarna putih. Sambil berendam, turis juga dapat memandangi indahnya Gunung Pusuk Buhit dan perbukitan sekitarnya.

3. Banyuwedang, Bali

(triptrus.com)

Ditemukan sejak 1965, pemandian air panas Banyuwedang di Kabupaten Buleleng, Bali ini baru dibuka untuk umum pada 2017 lalu. Lokasinya berada di tepian perbatasan dengan kawasan Taman Nasional Bali Barat dengan pemandangan indah. Suhu airnya berkisar pada 40 derajat celcius. Terbagi menjadi dua area, yaitu umum dan pribadi yang bisa disewa.

4. Gua Susu, NTB

(phinemo.com)

Pemandian air panas Gua Susu terletak di atas pegunungan, tepatnya di jalur pendakian Torean menuju Segara Anak, Gunung Rinjani. Berada di dalam gua yang dikelilingi bebatuan seputih susu. Kolam air panas ini sangat populer di kalangan para pendaki. Gua Susu merupakan keajaiban alam berupa sauna alami dari panas bumi yang keluar ke permukaan.

5. Mangeruda Soa, NTT

(twitter.com)

Air panas Mangeruda Soa berlokasi tak jauh dari Danau Kelimutu, tepatnya berada di Pulau Flores, NTT. Air panas Mangeruda Soa berasal dari Gunung Inelika. Banyak yang percaya air di sini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit karena tingkat kepanasannya dan kandungan mineral vulkanisnya sangat layak menjadi media terapi atau pengobatan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Ekslusif di Sekitar Candi Borobudur untuk Staycation Seru

Kampung Bena Flores, Desa Adat Tertua di Dunia Sejak Zaman Batu

Diskon Pariwisata 2021 Senilai Rp 2,35 Juta Per Orang, Siap-siap Liburan!

Kain Tenun Endek dari Bali Jadi Koleksi Terbaru Dior, Bangga!

Kenapa Bali Disebut Pulau Dewata? Terungkap, Inilah Alasannya

Api Abadi Mrapen di Grobogan Padam Setelah 500 Tahun, Pertanda Apa?

FALLBACK
The END