120 Porter Plus Rinjani Siap Amankan Pendakian

Porter plus rinjani tak hanya tangguh dan perkasa tapi juga profesional. Foto dari sini

Keamanan dan keselamatan pendakian Gunung Rinjani makin ditingkatkan. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat menyediakan total 120 porter plus Rinjani untuk para pendaki.

porter plus rinjani

Porter plus rinjani tak hanya tangguh dan perkasa tapi juga profesional. Foto dari sini

Seperti namanya, porter plus ini memang sangat spesial. Tak hanya membawakan barang para pendaki tapi juga memiliki kemampuan untuk melindungi dan menolong pendaki dari cedera ringan.

Baca juga: Booking online Gunung Rinjani berlaku April ini

Sebelum terjun di lapangan, porter plus ini telah disiapkan sebaik mungkin dengan diberikan berbagai pelatihan kemampuan dasar. Tujuannya agar para porter tersebut memiliki standar minimum dalam memberikan pelayanan kepada para pendaki. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Sudiyono seperti yang kami lansir dari Republika.co.id

Pelatihan porter plus yang dilakukan di Senaru Kabupaten Lombok Utara dan Sembalun Kabupaten Lombok Timur beberapa waktu lalu sebagai bentuk persiapan menghadapi musim pendakian Gunung Rinjani yang akan dibuka per 1 April 2018 mendatang.

Para porter plus tersebut diberikan materi-materi khusus dari para pemateri yang berasal dari BTNGR, Forum Porter Guide Rinjani, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTB, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia, Basarnas Kantor SAR Mataram, Bank Sampah NTB Mandiri, Poltek Pariwisata Mataram dan IKIP Mataram.

Baca juga: Inilah waktu terbaik untuk mendaki Gunung Rinjani

Materi yang diberikan berupa kebijakan pengelolaan pariwisata alam di Taman Nasional Gunung Rinjani, manajemen pendakian dan keramahtamahan. Selain itu, untuk meningkatkan skill dan profesionalisme kinerja, para porter plus ini pun dibekali dengan teknik mountainering, pelayanan berkarakter budaya lokal, penanganan cedera pada pendakian (penanganan kram dan teknik memijat), pertolongan pertama pada kecelakaan, teknis pencarian penyelamatan (SAR), manajemen pengelolan sampah dan teknik memasak.

porter plus rinjani

Kuat di segala medan dan siap memberikan pertolongan. Foto dari sini

Menurut Sudiyono, pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani akan terus memberikan pelatihan untuk para porter dan pemandu gunung untuk meningkatkan kualitas kinerja mereka. Saat ini, total terdapat 1.059 pemandu gunung yang terdiri atas 735 porter dan 324 guide. Dari 735 orang porter terdapat 70 orang yang telah terlatih (bersertifikat) pada 2017, dan bertambah sebanyak 120 orang pada 2018.

Sementara dari 324 orang guide yang tercatat di BTNGR, sebanyak 188 orang telah memiliki sertifikat profesi, terdiri atas 1 orang pemandu gunung level ahli, 4 orang level madya dan 183 level muda.

Dengan menyediakan porter plus dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada porter, harapannya pendakian Gunung Rinjani akan semakin nyaman dan aman. Tentunya akan berimbas pada jumlah wisatawan yang datang untuk mendaki Gunung Rinjani.

Dapatkan ulasan menarik tentang Gunung Rinjani dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran