Mengenal Tentang Begpacker, Wisatawan Mancanegara yang Mencari Dana Traveling dengan Mengemis

akan ada lebih banyak cara yang lebih baik selain meminta-minta. Sumber foto

Traveling memang akan mengajarkanmu banyak hal, tapi menjalaninya dengan cara yang baik akan jadi lebih bermakna. Banyaknya pembicaraan soal begpacker, yaitu golongan backpacker yang mencari uang untuk traveling dengan cara mengemis perlu kita bahas lebih mendalam. Melansir dari worldofbuzz.com,  tradisi begpacker ini terjadi di beberapa negara Asia Tenggara. Di antaranya adalah Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam dan Malaysia.

wisatawan mancanegara mengemis

Maraknya begpacker di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Thailand. Sumber foto

Yang saat ini banyak ditemukan adalah di Thailand. Para pemuda yang mengaku backpacker ini mencari uang dengan cara mengemis, mengamen atau bahkan menjual foto-foto perjalanan mereka dalam bentuk kartu pos. Bahkan ada beberapa yang secara terang-terangan meminta bantuan uang untuk mendanai perjalanan mereka. Seperti ini misalnya.

Buruknya lagi, ada juga dari beberapa begpacker ini yang kehabisan uang karena mereka sendiri terlalu foya-foya. Kadang mereka menghabiskan banyak “minum” di bar atau juga untuk foya-foya dalam bentuk lainnya.

Mungkin bagi para begpacker, mencari uang dengan cara kayak gini nggak masalah karena bukan bentuk paksaan

wisatawan mancanegara mengemis

Mengamen untuk dana traveling. Sumber foto

Para begpacker mungkin akan berpikir kalau apa yang mereka lakukan itu benar dan nggak jadi masalah. Toh mereka nggak memaksa orang lain untuk membagikan sedikit uangnya sebagai modal traveling. Dan lagi mereka bukan mencari uang dengan cara merampok atau mencuri.

Tapi menurut Kamu, pantas nggak sih seseorang rela mengemis cuma buat modal jalan-jalan. Padahal orang yang mereka mintai saja belum tentu bisa pergi jalan-jalan. Belum lagi, misalkan ada orang lain yang nggak bisa kerja dan terpaksa meminta dari orang lain untuk makan. Menurutmu, golongan mana yang lebih berhak menerima uang dari orang lain?

Bukan cuma karena permasalahan pantas atau nggak. Tindakan backpacker yang meminta-minta kayak gini justru membuat citra mereka jadi buruk. Seolah-olah semua backpacker juga akan melakukan hal yang sama demi bisa jalan-jalan. Dengan meminta orang lain untuk membayar jalan-jalan mereka. Padahal nggak semua backpacker kayak gitu.

Sebetulnya kehabisan uang saat backpacking bisa diatasi tanpa harus mengemis atau meminta-minta

wisatawan mancanegara mengemis

akan ada lebih banyak cara yang lebih baik selain meminta-minta. Sumber foto

Kamu mungkin pernah mengalami kehabisan uang saat backpacking ke negara tetangga. Bukan masalah besar kalau Kamu bisa langsung telepon ke Indonesia dan meminta bantuan untuk mentransfer sejumlah uang. Kalau gitu, kelar sudah masalahnya.

Tapi gimana kalau Kamu nggak bisa pakai cara ini? Sebetulnya bukan dengan cara mengemis juga. Kamu bisa meminta pekerjaan dari penjual atau pengusaha setempat. Katakan saja baik-baik apa tujuan Kamu meminta pekerjaan darinya. Misalnya karena Kamu butuh uang untukkembali ke negara asal karena kehabisan uang.

Cara ini dianggap lebih terhormat dan sopan. Kamu bekerja lalu mendapatkan upah. Itu baru usaha yang wajar. Nggak kayak meminta-minta yang sebenarnya lebih manusiawi dilakukan oleh orang yang memang sangat butuh. Bukan buat mereka yang minta didanai untuk kepentingan jalan-jalan yang sebetulnya masih dipandang sebagai suatu “kemewahan”.

Akan lebih bijak juga kalau Kamu mengatur keuangan dengan lebih baik, jadi terhindar dari kehabisan uang

wisatawan mancanegara mengemis

Gunakan uang dengan bijak agar Kamu nggak kehabisan saat traveling. Sumber foto

Para backpacker identik dengan mereka yang menjinjing tas besar dan mengeskplore suatu daerah dengan budget minim. Mereka bahkan kadang sengaja nggak tidur di hotel mahal demi menghemat uang.

Meskipun demikian, jika Kamu berniat untuk traveling dengan cara backpacking ada baiknya rencanakan keuangan Kamu dengan baik. Pastikan untuk membawa uang lebih dan menyimpannya di tempat yang emang aman.

Buatlah rancangan akan digunakan untuk apa saja uang yang Kamu bawa. Jangan mencoba untuk menggunakan uang di luar perencanaan kecuali emang benar-benar mendesak. Bukan juga pelit sih, tapi cara inibia menjaga Kamu supaya nggak kehabisan uang. Yang ujung-ujungnya malah bikin Kamu harus mengemis demi dapat uang tambahan.

***

Traveling memang akan mengajarkanmu banyak hal dan pelajaran hidup. Membuat Kamu melihat betapa indah, cantik atau bahkan mengerikannya dunia di luar sana. Traveling memang penting, tapi bukan berarti Kamu bisa lakukan apapun cuma demi traveling. Sedangkan mungkin cara yang Kamu tempuh itu nggak baik. Seperti yang dilakukan para begpacker misalnya. Jadi pastikan untuk traveling dengan cara yang baik dan terhormat. Sungguh, itu akan lebih bermakna buat Kamu ceritakan di masa depan.

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar