Wisata Sawah Sukorame, Destinasi Instagenik Baru di Mangunan

Destinasi ini bisa menjadi pilihan destinasi selama di Bantul. Foto oleh

Kecamatan Dlingo memang surganya pemandangan alam. Belum cukup dengan kemunculan Wisata Jurang Tembelan, Seribu Batu Songgo Langit, Pinus Pengger, Rumah Hobbit Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, hingga bahkan Kebun Buah Mangunan, kini Dlingo munculkan destinasi baru Wisata Sawah Sukorame yang tak kalah instagenik dari destinasi-destinasi lainnya.

wisata sawah sukorame

Destinasi ini bisa menjadi pilihan destinasi selama di Bantul. Foto oleh sandralugiana

Wisata Sawah Sukorame atau memiliki nama lain Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgolangit ini baru diresmikan oleh perwakilan Dinas Pariwisata DIY , Perwakilan Dinas Pariwisata Kab Bantul, Kapolsek, Danramil, Camat, Lurah serta beberapa aparat daerah setempat pada Kamis (1/2).

Konsep Wisata Sawah Sukorame yang berbeda dari wisata lain di Dlingo membuat destinasi ini banyak didatangi wisatawan

wisata sawah sukorame

Jembatan di wisata baru ini benar-benar panjang dan bisa membawa kita berkeliling di area pesawahan yang hijau. Foto oleh gunawanjir

Dlingo identik dengan pemandangan lampu-lampu dan ketinggian, muncul dengan konsep yang berbeda, dengan menonjolkan pemandangan sawah, Wisata Sawah Sukorame ini malah banyak menarik minat wisatawan. Meskipun baru diresmikan, tapi sudah banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto.

Bahkan di Instagram sudah ada puluhan foto destinasi yang baru diresmikan ini.

wisata sawah sukorame

Destinasi ini memang menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan unik. Foto oleh @desem

Wisata Sawah Sukorame atau Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) ini sendiri berupa hamparan sawah yang ditengah-tengahnya dibuat jembatan sehingga para wisatawan dapat menikmati pemandangan sawah tanpa perlu takut terkena lumpur sawah.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Jogja yang Buka 24 Jam

Awal mula pembangunan Wisata Sawah Sukorame

wisata sawah sukorame

Destinasi ini menawarkan pemandangan yang instagenik seperti di luar negeri. Foto oleh sandy_noftianto

Cukup lama, awal tahun 2017 sebenarnya destinasi ini sudah mulai dibangun oleh para anak KKN yang melakukan tugas kampus di Desa Sukorame. Tapi karena membutuhkan dana yang banyak, program ini sempat mandeg. Lalu program ini dilanjutkan kembali dengan swadaya dari warga sekitar untuk membangun wisata ini. Hingga akhirnya kini diresmikan untuk umum.

“Dulu awal tahun 2017 yang bikin anak-anak KKN dari kampus mana itu saya lupa, mungkin masalah dana tenaga dan SDM yang jadi kendala,” jawab Sukadi, Pemilik sawah di bawah jembatan bambu yang kami lansir dari TribunJogja.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja yang Ramah Backpacker

wisata sawah sukorame

Jangan sampai ketinggalan dengan traveler lain, Kamu harusnya sudah ke destinasi ini. Foto oleh @sandralugiana

Kini Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgolangit ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Mangunan. Untuk saat ini destinasi ini bisa diakses gratis atau memberi seikhlasnya. Tapi belum tentu besok atau lusa. Jadi, lebih baik segeralah ke sini untuk melihat sendiri destinasi ini. Mumpung sudah akhir pekan!

Untuk parkir motor dihargai Rp 2000 dan Rp 3.000 untuk mobil. Lokasinya berada di Dusun Sukorame, Desa Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta sekitar -/+ 60 menit dari Kota Yogyakarta.

Dapatkan ulasan menarik tentang WISATA YOGYAKARTA dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar