Sidebar

4 Wisata Probolinggo yang Jarang Diketahui Turis

Wisata Probolinggo tak hanya tentang Gunung Bromo atau Air terjun Madakaripura. Masih banyak destinasi menarik lain yang jarang diketahui turis

SHARE :

Ditulis Oleh: Achmad Taufik

Jika Anda mendengar tentang “ wisata Probolinggo” mungkin Anda akan berpikir tentang Gunung Bromo,  Air terjun Madakaripura, atau Songa rafting. Memang benar, semua itu adalah wisata andalan Probolinggo. Namun ternyata, di Probolinggo masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Cobalah jelajahi keindahan Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo:

 

1. Ada 5 ranu sekaligus

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Tiris merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Pegunungan Argopuro dan Gunung Lemongan. Tempat ini menyimpan keindahan alam yang tak akan membuat kita bosan untuk mengunjunginya.

Salah satu keindahan alamnya yaitu 5 ranu ( danau ) alami; Ranu Agung, Ranu Segaran, Ranu Segaran Kidul, Ranu Merah, dan Ranu Gedang. Semua bisa Anda nikmati sekaligus saat berkunjung ke Tiris. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah Ranu Agung yang lokasinya beradi di Desa Ranu Agung.

 

2. Candi Kedaton, sisa peninggalan abad ke-14

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Sudah puas bermain air di 5 ranu? Sekarang saatnya berwisata sejarah dengan mengunjungi sisa kejayaan Kerajaan Majapahit yang berada di  lereng Pegunungan Argopuro, yaitu Candi Kedaton. Candi ini berlokasi di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris .

Candi yang satu ini bercorak khas Hindu. Konon dulunya, Candi Kedaton merupakan tempat ibadah Hindu sekte shiwa. Di sini, Anda dapat melihat relief yang menceritakan kisah Arjuna Wiwaha.

 

3. Menikmati sunset di Kebun teh Andung Biru

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis.

Setelah puas menikmati kemegahan Candi Kedaton, mari sejenak mampir ke kebun teh di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung biru. Kebun teh ini dikelola oleh PTPN.

Lokasinya masih satu arah dengan Candi Kedaton. Di Kebun teh Andung biru, Anda dapat menyaksikan cantiknya jajaran gunung-gunung, apalagi jika Anda datang ketika matahari terbenam. Bayangkan, menyaksikan lembayung senja sambil menikmati nikmatnya Teh Andung Biru, benar-benar pengalaman yang luar biasa.

 

4. Pemandian air panas Tiris

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Setelah selesai menikmati keindahan alam wisata di Tiris, tak ada salahnya untuk sejenak memanjakan diri Anda di pemandian air panas Tiris. Lokasinya satu arah dengan Ranu Segaran, dari jalan raya hanya berjarak sekitar 500 meter.

Di sepanjang jalan menuju pemandian air panas Tiris, Anda akan menemui banyak penjual durian dan manggis lokal Tiris. Harganya lumayan murah. Selain membantu warga lokal, lumayan juga sebagai hidangan penutup mulut.

 

 

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Pantai Kedung Tumpang, Pesisir Indah Tulungagung dengan Kolam Alami

Kampung Lumbung Hotel, Akomodasi Unik Ramah Backpacker di Malang

Ubud Hotel & Cottages Malang, Akomodasi Murah Ala Alam Tropis Bali

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Suku Osing di Banyuwangi, Kenapa Berbeda dengan Suku Jawa Lainnya?

Suku Osing di Banyuwangi, Suku Bangsa Asli dari Ujung Timur Pulau Jawa

FALLBACK
The END