facebook pixel

Rekomendasi Wisata “Hijau” Hits di Kuala Lumpur

Nggak nyangka aja sih di tengah kota Kuala Lumpur ada destinasi hijau kayak gini!


Seindah-indahnya perkotaan, akan jauh lebih indah kalau ada kawasan hijau di dalamnya. Setuju?

Kuala Lumpur terkenal dengan destinasi belanja yang menggiurkan. Ada banyak mall dan pusat perbelanjaan yang siap manjain wisatawan. Mulai dari yang budgetnya jutaan sampai ratusan ribu, semua bisa belanja di Kuala Lumpur. 

Tapi ternyata, Kuala Lumpur nggak cuma tentang destinasi perkotaan yang mewah. Ada juga destinasi hijau yang bisa bikin Kamu adem dan damai. Kalau Kamu ada rencana jalan-jalan ke Kuala Lumpur, kayaknya destinasi hijau ini nggak boleh Kamu lewatkan.

Menikmati hijaunya hutan hujan tropis tengah kota satu-satunya di Kuala Lumpur, Kamu bisa bersantai sejenak di KL Forest Eco Park

Wisata Kuala Lumpur

Hijaunya pepohonan di KL Eco Park. Sumber foto

KL Forest Eco Park lebih terkenal dengan nama Bukit Nanas Forest Reserve. Hutan hujan tropis satu-satunya yang tersisa si tengah hkota Kuala Lumpur. Jadi nggak cuma bisa wisata belanja, tapi bisa juga menikmati segarnya udara di tengah hutan dengan luas 9,3 hektar ini.

Area hijau ini diberi nama Bukit Nanas karena pada zaman perang Raja Abdullah dan Raja Mahadi, taman ini banyak ditanami tumbuhan nanas. Saat perang zaman dulu, kebanyakan prajurit nggak pakai alas kaki, jadi pohon nanas ini bisa jadi pagar penghalang alami. 

Wisata Kuala Lumpur

Monyet-monyet di KL Eco Park. Sumber foto

Di sudut KL Forest Eco Park ini juga Kamu bisa menemukan monyet daun perak. Monyet-monyet ini berayun lincah, diselingi suara serangga yang bikin Kamuberasa lagi di tengah hutan. 

Ada juga banyak spot fotogenik yang bisa Kamu eksplor. Liburan ke Kuala Lumpur jadi makin asyik!

Oiya, kalau Kamu udah pernah kunjungi KL Forest Eco Park, share pengalaman ke Phinemo Experience dong.. Biar pembaca Phinemo lainnya bisa dapet informasi lebih.

Kamu pasti nggak akan mengira kalau di Tun Abdul Razak Heritage Park banyak spot hijau, salah satunya KL Bird Park yang punya koleksi Flamingo

Wisata Kuala Lumpur

Tun Abdul Razak Heritage Park. Sumber foto

Tun Abdul Razak Heritage Park letaknya nggak jauh dari KL Forest Park. Di area taman Tun Abdul Razak Heritage Park terdapat beberapa spot hijau yang meneduhkan. Salah satu yang paling populer adalah Perdana Botanical Garden.

Wisata Kuala Lumpur

Playhouse Bamboo, wahana seru di Botanical Garden. Sumber foto

Di Perdana Botanical Garden Kamu bakal dimanjakan dengan udara sejuk, karena masih ada banyak pepohonan hijau dan juga kawasan danau di tengah taman. Banyak juga tupai dan biawak yang gampamg ditemui di sepanjang kawasan taman. Jadi berasa kayak kembali ke alam beneran. 

Selain Perdana Botanical Garden, di kawasan Tun Abdul Razak Heritage Park juga ada KL Bird Park. Di KL Bird Park ini ada banyak koleksi buurng kayak burung unta, elang, burung beo, dan burung enggang badak yang merupakan burung nasional Malaysia.

Wisata Kuala Lumpur

Burung Flamingo di Kl Bird Park. Sumber foto

Ada satu koleksi burung yang unik, karena tergolong langka dan nggak semua negara punya burung ini. Flamingo, burung berleher panjang dengan warna bulu putih dan merah muda yang cantik. Kamu pasti bakal seneng jalan-jalan di sini, karena bisa foto sama burung-burung cantik ini.

Kalau ingin berkeliling ke seluruh area Tun Abdul Razak Heritage Park, Kamu bisa naik bus kecil yang disediakan. Bus ini bakal nganter Kamu berkeliling memutari taman. Jadi Kamu nggak perlu capek jalan kaki. 

Daripada pengalamanmu mubazir cuma disimpen doang, mending share di Phinemo Experience deh. Biar Kamu makin hits. Klik sini yuk!

Menghabiskan waktu senja di pinggiran danau Titiwangsa Lake Gardens, kawasan hijau yang menawan saat gelap

Wisata Kuala Lumpur

Kerlap-kerlip lampu kota dari Titiwangsa Lake. Sumber foto

Titiwangsa Lake Gardens merupakan sebuah kawasan hijau yang memiliki danau luas. Di sini Kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan kota yang berada di seberang danau. 

Akan makin cantik saat senja mulai datang. Kamu bakal disuguhi kerlap kerlip lampu kota yang cantek. Dari sisi lain danau Kamu akan melihat Menara Petronas, Menara Kuala Lumpur, dan The Capers Sentul East yang merupakan sepasang menara kondominium bergelombang setinggi 40 lantai.

Melihat ke danau, kamu kayak lagi nonton dunia dalam cermin. Karena airnya yang jernih emang sukses bikin bayangan lampu-lampu kota ini terpantul dengan sempurna. Perfect!

Forest Research Institute of Malaysia, tempat di mana Kamu bisa menjelajah hijaunya alam Kuala Lumur dengan sisa-sisa peradaban tuanya

Wisata Kuala Lumpur

Jembatan gantung di tengah hutan hujan tropis. Sumber foto

Forest Research Institute of Malaysia atau FRIM merupakan wahana untuk penelitian yang dibuat di tengah hutan hujan torpis yang lebat di daerah Kepong. Di area seluas 600 hektar ini Kamu bisa melihat lebih dekat sisa-sisa peninggalan pemukiman tua Orang Asli, masyarakat adat Malaysia. 

Kolam araipama raksasa juga jadi tontonan yang unik di sini. Araipama raksasa ini merupakan ikan air tawar dari Amerika Selatan.

Forest Research Institute of Malaysia adalah destinasi yang coock banget buat Kamuyang nggak suka dengan kawasan perkotaan. Jadi pilihan destinasi lain pas Kamu berlibur ke Kuala Lumpur nanti. Satu spot fotogenik yang ada di kawasan hutan hujan tropis ini adalah jembatan gantung sepanjang 200 m yang menggantung 30m di atas lantai hutan.

Wajib hukumnya buat ambil foto di spot ini, dengan latar pepohonan yang hijau dan rimbun pastinya bakal lebih oke. 

Menanjak di bebatuan ekstrem The Quartz Ridge, tantang adrenalinmu dengan menapaki jejak-jejak batuan kristal yang “mematikan”

Wisata Kuala Lumpur

Ada yang berani naik ke bukit The Quartz Ridge ini? Sumber foto

The Quartz Ridge adalah kawasan hijau di Kuala Lumpur berupa bukit setinggi 386 meter. Bukit ini berada satu kawasan dengan Waduk Klang Gates. 

Adrenalinmu akan terpacu saat menapaki jejak-jejak bebatuan kristal di bukit ini. Karena kemiringan yang ekstrem dan juga trek yang susah. FYI, The Quartz Ridge ini merupakan batuan mineral kristal terpanjang di dunia. Jadi 

Dari atas bukit ini, Kamu akan melihat pepohonan rimbun yang hijau dan segar. Destinasi ini cocok banget buat Kamu yang suka mengkepslore alam dari pada perkotaan. Dijamin nggak nyesel meski tingginya nggak seberapa. Tapi jangan lupa untuk pemanasan dan latihan fisik ya sebelum nanjak di bukit ini. Biar nggak tegang otot dan membahayakan diri sendiri.

***

Dari daftar destinasi hijau di Kuala Lumpur ini, mana nih yang paling bikin penasaran? Yang pasti kalau jalan-jalan ke Kuala Lumpur, sempetin deh mampir ke destinasi-destinasi hijau ini. Biar nggak cuma lihat kesibukan orang di keramaian kota, tapi bisa menenangkan pikiran juga di tempat yang alami dan hijau kayak gini. 

Kamu punya pengalaman seru pas lagi liburan di Kuala Lumpur? share yok ke Phinemo Experience.

Baca juga:

banner experience