Tips Hindari Penipuan Supir Taksi di Kuala Lumpur

Echi • December 23, 2016

penipuan supir taksi

Foto hanyalah ilustrasi. Sumber foto

Melansir dari worldofbuzz, dua turis asal Prancis terkena penipuan supir taksi di Kuala Lumpur. Diceritakan, kedua turis tersebut akan mengunjungi Masjid Negara Kuala Lumpur dari KLCC (Kuala Lumpur City Center) menggunakan taksi.

Menurut pengakuan turis Prancis tersebut, supir taksi menolak untuk menyalakan argo meter. Lebih mencurigakan lagi, supir taksi ini tidak langsung menuju Masjid Negara. Dia malah membawa kedua turis melewati Putrajaya di mana daerah ini merupakan daerah yang berbeda arah dari Masjid Negara.

Ketika mereka sampai di Masjid Negara, supir taksi meminta bayaran biaya sebesar 800 RM atau setara 2,4 juta rupiah. Sangat mahal!

Padahal, jarak antara KLCC menuju Masjid Negara hanya 6 Km. Menurut Malaymailonline, jika mengikuti argo meter, biaya yang dikeluarkan paling sekitar 9.25 RM atau setara 28 ribu rupiah. Sedangkan taksi eksekutif saja hanya menarif sekitar 16 RM atau 48 ribu rupiah. Lalu, jika dihitung menggunakan argo meter dari KLCC РPutrajaya РMasjid Negara, biaya yang dikeluarkan sekitar 160 RM setara 480 ribu rupiah.

Bagi traveler, scam atau penipuan hampir tidak mungkin dihindarkan. Selalu mengintai dimanapun berada. Bahkan di kota yang cukup aman seperti Kuala Lumpur pun masih banyak scam. Penipuan yang dilakukan supir taksi Kuala Lumpur memang sering dikeluhkan para turis. Jika Kamu berencana jalan-jalan ke Kuala Lumpur, berikut tips aman dari penipuan supir taksi.

Perhatikan jenis taksi yang akan Kamu pilih

Di Kuala Lumpur terdapat 2 jenis taksi yaitu bujet taksi dan eksekutif taksi. Bujet taksi memiliki warna merah puti. Sedangkan taksi eksekutif berwarna biru kuning. Dari segi kualitas, tentu taksi eksekutif lebih nyaman dibandingkan taksi berbujet.

Pastikan argometer taksi menyala

Belajar dari peristiwa penipuan 2 turis Prancis di atas, mintalah supir taksi untuk menyalakan argometer. Jika tidak, bisa-bisa Kamu dikenakan tarif yang sangat mahal di belakang. Lebih baik cari taksi lain bila supir taksi tersebut enggan menghidupkan argometer.

Nyalakan GPS untuk menyesuaikan peta lokasi

Selanjutnya, agar lebih aman nyalakanlah GPS untuk menunjukkan rute ke destinasi. Nah, hal ini akan menghindarkanmu dari penipuan supir taksi yang memilih rute yang lebih jauh seperti yang dialami dua turis Prancis di atas. Selain itu, Kamu jadi bisa mendeteksi ke mana arah laju taksi.

Gunakan aplikasi pemesanan taksi online

Downloadlah aplikasi pemesanan taxi online di ponsel. Kamu bisa memesan taksi online melalui myteksi, easytaksi, atau grab.

Bayarlah dengan uang pas

Banyak supir taksi yang mengaku tidak memiliki kembalian. Menghindari hal itu, sebaiknya siapkan uang pas untuk membayarnya.

* **

Waspadalah, semakin banyak orang jahat di dunia ini. Perhatikan setiap langkah dan selamat mencari supir taksi.


Promoted Video : Phinemo Class #1



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait



Penawaran Terbaru