facebook pixel

Wisata di Malang Makin Mudah Dengan Aplikasi ‘Jelajah Malang Raya’

Berencana liburan di Malang dalam waktu dekat? Pasang aplikasi 'Jelajah Alam Raya' di smartphone Anda dan dapatkan info lengkap seputar wisata di Malang


wisata di malang

Jika Anda berencana berwisata di Malang Raya dan butuh info lengkap, sekarang Anda cukup memasang aplikasi ‘Jelajah Malang Raya’ di smartphone Anda. Aplikasi berbasis Android karya Roy Maulana ini dibuat demi memudahkan wisatawan mencari informasi seputar  wisata di Malang Raya.

Malang Raya atau disebut juga Wilayah Metropolitan Malang adalah wilayah metropolitan yang merupakan gabungan dari tiga wilayah yaitu Kota Batu; Kota Malang; dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Roy, si pembuat aplikasi, mengatakan, ide pembuatan aplikasi “Jelajah Malang Raya’ muncul sejak 2012. Saat itu, pria kelahiran 1966 ini aktif mempublikasikan informasi wisata Malang Raya melalui Tourism Information Magazine (TIM).

Namun kemudian, Roy mulai beralih ke website. Dan ternyata respon masyarakat sangat positif, karena website lebih dinamis dan bisa diakses kapanpun dan di manapun. Berbeda dengan majalah atau media cetak, yang selesai baca di buang atau menumpuk di gudang.

Roy mengamati jika masyarakat kini sudah tak bisa lepas dari gadget, terutama smartphone dengan OS Android. Mulailah ia dan timnya mengumpulkan database pariwisata, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Akhir 2015 Roy mulai mengumpulkan data-data untuk pembuatannya. Dan akhir Maret 2016 kemarin, aplikasi pertama ini rilis. Sekarang aplikasi ini bahkan sudah update dan dapat digunakan di OS Android N.

Fitur aplikasi itu cukup lengkap, berbagai informasi terupdate seputar objek wisata di Malang Raya, mulai wilayah timur, barat, selatan, utara dan tengah, semua tersedia. Ada juga info kuliner khas Malang, akomodasi, suvenir, berita dan nomor telepon penting.

Cara kerjanya sangat mudah. Anda cukup memilih lokasi wisata yang dituju. Kemudian aplikasi secara otomatis akan membuka Google GPS yang langsung menunjuk arah jalan dari lokasi pengguna ke lokasi tujuan. Menariknya lagi, aplikasi ini juga disertai informasi berita terkini.

 

Aplikasi wisata lokal mulai berkembang

Teknologi benar-benar merangsek ke semua sisi masyarakat. Belakangan ini, aplikasi-aplikasi wisata lokal bermunculan. Hal ini tentu sangat positif  bagi perkembangan pariwisata di daerah.

Ini dia beberapa aplikasi wisata lokal yang sudah tersedia di Play Store:

‘Banyuwangi in Your Hand’

Dengan menggandeng operator terbesar di se-Indonesia, Banyuwangi luncurkan aplikasi ‘Banyuwangi in Your Hand’. Sebuah aplikasi khusus untuk memudahkan pengguna untuk mengakses informasi daerah yang diberi julukan ‘The Sunrise of Java’. Informasi tersebut meliputi informasi destinasi wisata, makanan khas, maupun industri kreatif yang terdapat di Banyuwangi.

Untuk pengoperasian ‘Banyuwangi in your hand’, pengguna diarahkan untuk melakukan pencarian melalui kolom pencarian yang disediakan.

 

‘Cakrawala Budaya Dhaksinarga’

Gunung Kidul menjadi surganya tempat wisata. Karena memang terlalu banyak tempat menarik untuk dikunjungi di sini yang tidak bisa didatangi dalam sehari. Untuk memudahkan pencarian obyek wisata dan budaya di daerah ini, Pemkab Gunung Kidul merilis aplikasi ‘Cakrawala Budaya Dhaksinarga’ pada 26 Mei 2015.

Dalam database aplikasi ini, terdapat 150 tempat wisata yang bisa Anda gali informasinya. Pengguna akan diajak untuk temukan obyek-obyek wisata melalui pencarian berdasar navigasi cagar alam, budaya, seni dan adat istiadat, serta geoharitage. Berita kuliner pun bisa dicari melalui aplikasi ini.

 

Panduan aplikasi Surabaya Zoo

Surabaya Zoo berbenah. Setelah kehilangan beberapa satwanya karena kurangnya perawatan, kini Surabaya Zoo meluncurkan sebuah aplikasi mobile ‘Surabaya Zoo’.

Aplikasi ini memberikan informasi tentang daftar binatang yang dimiliki Surabaya Zoo, jadwal atraksi-atraksi yang berlangsung, peta area kebun binatang, serta permainan interaktif. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu disediakannya menu untuk mengajak masyarakat dalam berpastisipasi menjaga Surabaya Zoo dengan adanya program donasi.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Sandy Colondam dari Indonesia dengan tampilan yang menarik bergambar lucu yang membuat pengguna tidak bosan untuk berkali-kali membukanya.

 

‘Wis Semar (Wisata Semarang)’

‘Ada apa di Semarang?’ Pertanyaan itu cukup sering didengar. Semarang bukanlah kota yang minim wisata. Banyak destinasi yang bisa dikunjungi kalau Anda menggali lebih dalam tentang Semarang. Pada bulan April 2015, pemerintah kota Semarang luncurkan aplikasi ‘Wis Semar’ untuk memandu perjalanan wisatawan di Semarang.

Aplikasi ini membantu wisatawan menemukan lokasi wisata, hotel, tempat makan, mall, tempat ibadah, transportasi, dan juga nomor-nomor penting yang bisa dihubungi ketika di Semarang. Hampir sama seperti GPS, Wis Semar juga dapat menunjukkan titik keberadaan pengguna secara real-time.

 

Baca juga:

banner experience