Aplikasi Google Map Luncurkan 7 Fitur Baru yang Akan Sangat Membantu Traveler

Wike Sulistiarmi • April 25, 2016

aplikasi-google-map

Foto diambil dari sini

Menjadi aplikasi paling populer di seluruh dunia dalam memandu perjalanan, aplikasi Google Map terus memberikan kemudahan kepada penggunanya.

Kini, total ada 7 fitur yang telah diluncurkan untuk membantu Anda selama perjalanan dan menemukan tempat terbaik yang ingin Anda kunjungi.

Berikut ini adalah 7 fitur terbaru Aplikasi Google Map yang bisa Anda nikmati:

1. Mode Offline

Mayoritas aplikasi di dalam smartphone memang akan lebih optimal jika menggunakan mode online dalam penggunaannya. Namun, kadang kita berada pada posisi di mana tempat yang kita kunjungi tidak bisa dijangkau oleh sinyal internet.

Meskipun kemampuan menyimpan peta dalam mode offline untuk keperluan navigasi dan pencarian telah diumumkan sejak konferensi developer 10 tahun lalu, saat ini aplikasi Google Map membuat kemudahan baru agar para pengguna bisa tetap menggunakan aplikasi saat jaringan pada mode offline. Namun, sebelum Anda bisa menggunakan kemudahan ini, Anda harus men-download data peta pada area yang ingin Anda kunjungi, misalnya Kota Jogja.

Peta offline ini hanya memiliki fungsi utama melakukan pencarian tempat tanpa bisa menampilkan foto lokasi dan reviewnya. Termasuk kemampuan navigasi, informasi tingkat kepadatan rata-rata lalu lintas tidak bisa ditampilkan secara real-time.

Namun, mode offline ini cukup membantu Anda setidaknya agar tidak tersesat saat perjalanan.

2. Melihat Tarif Taksi

Aplikasi Google Map memang telah menampilkan informasi tentang transportasi untuk menuju tempat tujuan, kepadatan lalu lintas, dan rute terbaik untuk mencapai tujuan. Namun, untuk lebih membantu para pengguna Aplikasi google map juga bisa melihat tarif taksi yang akan kita tumpangi.

Ini memudahkan kita agar bisa mempersiapkan biaya yang akan kita habiskan nantinya sebelum kita pergi untuk traveling. Anda bisa melihatnya di bagian tarif taksi Uber pada aplikasi Google Map.

3. Navigasi Audio yang Lebih Canggih

Dalam penggunan Aplikasi Google Map, navigasi audio akan mati ketika kita menghidupkan aplikasi pemutar musik atau saat menerima panggilan.

Saat ini, meskipun Anda sedang menerima telepon dan memutar musik saat menggunakan navigasi audio, navigasi audio ini akan terus memandu Anda sampai ke tujuan.

4. Driving Mode

Aplikasi Google Map kini menambahkan fitur bernama Driving Mode. Fitur ini akan menampilkan lokasi-lokasi yang pernah Anda kunjungi dan merekamnya di dalam akun Google Anda.

Dari data yang telah tersimpan dalam akun Anda, aplikasi Google Map ini akan memprediksi lokasi yang akan Anda tuju dan memberikan saran tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi dan nikmati sebagai referensi liburan akhir pekan Anda.

5. Fitur Timeline

Aplikasi Google Map kini menambah fitur timeline yang merupakan sebuah fitur penyempurna fitur Location History. Fitur ini menampilkan lokasi-lokasi mana saja yang pernah Anda kunjungi. Kini, Anda bisa menjadikan tempat favorit dalam setiap perjalanan Anda masuk ke dalam timeline.

6. Mengubah Nama Tempat dan Menambahkan Stiker

Kini, dengan berbagai kemudahannya, aplikasi Google Map memberikan Anda kewenangan untuk mengubah nama tempat dan menambahkan stiker sesuai keinginan Anda untuk memudahkan Anda menemukan tempat yang Anda kunjungi; seperti kantor, sekolahan atau taman bermain favorit Anda.

7. Menambahkan Foto dalam Ulasan

Saat Anda ingin menambahkan ulasan tentang tempat-tempat seperti restoran, kebun binatang, atau objek wisata melalui aplikasi Google map, Anda bisa segera menyertakan foto-foto tersebut. Ini akan mempermudah pengunjung objek wisata lain dalam memperoleh informasi yang lebih akurat dari foto-foto yang Anda tambahkan.

 

Baca juga:

 


Bingung membuat judul untuk tulisan di blogmu? Tonton ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait