Sidebar

Voluntourism, Konsep Wisata yang Penuh Manfaat

Sebanyak 37 juta pelaku bisnis tour travel yang mengadakan voluntourism berasal dari Amerika Serikat dengan tujuan yang paling sering dikunjungi adalah Peru

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Voluntourism diambil dari kata volunteer dan tourism yang bermakna melakukan perjalanan wisata sambil menjadi sukarelawan. Istilah voluntourism pertama kali digagas oleh Dewan Pariwisata Nevada pada tahun 1998. Inspirasi awal Dewan Pariwisata Nevada bermula dari keinginan untuk mendorong warga sekitar menjadi sukarelawan untuk mengembangkan pariwisata di kawasan pedesaan terpencil di Nevada.

Seiring dengan berjalannya waktu, makna voluntourism kemudian berkembang menjadi kegiatan wisata yang menjadikan aktivitas sosial sebagai agenda utama bagi wisatawan. Kegiatan sosial tersebut dapat berupa membersihkan lingkungan, mengajar, memberdayakan masyarakat lokal, bakan memberikan layanan kesehatan.

Sebanyak 37 juta pelaku bisnis tour travel yang mengadakan voluntourism berasal dari Amerika Serikat. Beberapa destinasi tujuan kegiatan voluntourism yang paling sering dikunjungi adalah Peru, Costa Rica, Australia, dan Afrika Selatan. Kegiatan voluntourism memiliki efek postif karena dapat memancing lebih banyak kegiatan sosial di destinasi tersebut.

Indonesia sebagai negara tropis dengan jutaan pulau-pulau indah yang selalu ramai dipadati oleh wisatawan. Realita yang ada ramainya lalu lalang wisatawan yang sangat royal ternnyata berbanding terbalik dengan kehidupan masyarakat lokal disana. Kontradiksi ini biasanya terjadi di daerah-daerah ujung timur Indonesia seperti Papua dan Nusa Tenggara.

Dengan menggalakkan kegiatan voluntourism secara tak langsung turut berkontribusi pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat disekitar destinasi wisata. Sehingga dalam kegiatan wisata bukan hanya senang-senang saja, melainkan juga memberikan manfaat yang luar biasa kepada sesama. Selain itu dengan menyertakan voluntourism juga akan semakin menambah ragam produk wisata pada bisnis anda.

Bagi anda pelaku bisnis tour travel, segera bergabung bersama kami di Phinemo Marketplace. Kami akan memberikan wadah untuk mempromosikan semua produk-produk dari bisnis anda secara gratis. Tunggu apalagi, gabung sekarang melalui link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

3 Pembelajaran dari Kegagalan First Travel dalam Mengelola Bisnis Tour Travel

5 Tren Produk Wisata yang Diprediksi Naik Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

3 Target Pasar Potensial Open Trip, Tour Agent Harus Tahu!

Maksimalkan Link Bio Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

6 Jenis Wistawan yang Harus Diketahui oleh Tour Operator

FALLBACK
The END