6 Variasi Hidangan Ketupat Khas Indonesia yang Cocok Jadi Menu Lebaran

Ketupat menjadi menu khas yang identik dengan momen lebaran. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi variasi hidangan ketupat khas Indonesia yang bisa dimasak saat lebaran nanti.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Ketupat pertama kali dikenalkan oleh Raden Said atau Sunan Kalijaga, sewaktu penyebaran Islam di Jawa pada 1400-an. Aneka hidangan ketupat khas Indonesia biasanya muncul saat momen lebaran. Meski tidak selalu demikian, namun momen lebaran memang selalu diidentikan dengan hidangan ketupat.

Kali ini Phinemo akan berikan rekomendasi enam variasi hidangan ketupat khas Indonesia dari berbagai daerah yang bisa jadi menu lebaran di rumah:

1. Ketupat Kapau

hidangan ketupat khas indonesia

Ketupat Kapau dengan gulai iitk. Foto: tucocinaytu

Ketupat Kapau banyak ditemui di daerah Kapau, Sumatera Barat. Tapi tak ada salahnya juga mencoba memasak menu ketupat ini di rumah Anda.

Baca juga: Nikmatnya Mencicipi Kuliner Khas Cirebon Saat Mudik Lebaran

Ketupat Kapau terbuat dari beras ketan. Rasanya mirip dengan lemang. Ketupat ini dimasak dengan cara direbus menggunakan campuran santan berbumbu. Ketupat Kapau biasanya disantap bersama rendang atau gulai itik cabe hijau.

2. Ketupat Glabed

hidangan ketupat khas indonesia

Ketupat Glabed, hidangan ketupat khas Indonesia. Foto: masakandapurku

Menu hidangan ketupat yang satu ini berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Ketupat Glabed disajikan dengan kuah kuning kental.

Agar lebih nikmat, biasanya menu ini dihidangkan dengan tempe goreng, kerupuk, dan sambal pedas. Ada juga yang menyandingkannya dengan lauk sate ayam bumbu atau sate kerang.

3. Ketupat Babanci

hidangan ketupat khas indonesia

Hidangan Ketupat Babanci khas Betawi. Foto: okezone.com

Hidangan ketupat khas Indonesia yang satu ini berasal dari Betawi dan banyak ditemukan di sekitar Jakarta. Penyajiannya menggunakan kuah santan yang dibumbui kemiri, bawang merah, cabai, bawang putih, dan aneka rempah-rempah.

Sebagai pelengkapnya, ketupat babanci disajikan bersama daging sapi di dalamnya.

4. Ketupat Kandangan

hidangan ketupat khas indonesia

Ketupat Kandangan dengan kuah kuning mirip opor. Foto: pengusahasukses

Ketupat Kandangan seringnya dijumpai di Kalimantan Selatan. Ketupat ini disajikan dengan kuah santan berwarna kekuningan dengan kuah mirip opor.

Meski berkuah, tapi cara memakan ketupat ini tidak menggunakan sendok, melainkan langsung dengan tangan. Penyajian Ketupat Kandangan biasanya didampingi dengan ikan haruan goreng atau ikan haruan yang dimasak bumbu balado.

5. Ketupat Palas

hidangan ketupat khas indonesia

Katupat Palas dengan rendang. Foto: hazila

Ketupat Palas disebut juga Ketupat Pulut, dan biasanya ditemukan di Medan. Ketupat ini berbahan dasar ketan. Uniknya, ketupat ini dibungkus dengan daun palas (palem) dengan bentuk segitiga.

Baca juga: Mulai dari Comro hingga Ketoprak, 15 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama Kepanjangan Unik

Biasanya ketupat ini dimakan dengan daging rendang atau kuah gula merah.

6. Ketupat Sipulut

hidangan ketupat khas indonesia

Ketupat Sipulut, salah satu hidangan ketupat khas Indonesia. Foto: masakanpolenak

Ketupat ini ditemukan di Sumatera Barat. Isi ketupatnya agak lunak dan saat memasaknya menggunakan santan. Ketupat ini biasanya dimakan menggunakan rendang atau tapai ketan hitam.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KULINER INDONESIA, tulisan lain Rizqi Y

Di fitur baru Phinemo, Anda bisa pesan paket liburan dengan mudah. Ingin tahu lebih banyak? Masukkan email Anda pada kolom di bawah.

* indicates required

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post