Sidebar

7 Restoran Legendaris di Jakarta yang Masih Eksis Hingga Kini

Khas restoran legendaris di Jakarta lainnya, Restoran Trio terkesan jadul. Jangan salah, rasa setiap hidangan yang disajikan tak bisa dianggap remeh.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Jakarta merupakan daerah khusus ibukota yang memiliki peranan vital sebagai pusat pemerintahan sekaligus perekonomian negara. Sejak lama, Jakarta dikenal selalu ramai pendatang dari berbagai penjuru Indonesia. Sebagian datang dan menetap untuk urusan pekerjaan, sebagian lagi hanya singgah sementara untuk keperluan hiburan dan pariwisata.

Terdapat banyak destinasi wisata menarik hati di Jakarta, tak terkecuali wisata kuliner. Jakarta memang surganya makanan enak. Ragam kuliner khasnya selalu berhasil menggugah selera, Tidak sedikit restoran yang berdiri sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu, hingga dijuluki sebagai restoran legendaris di Jakarta. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. RM Akoen

(Instagram/rm.akoen)

RM Akoen
Jalan Prof. Joko Sutono SH Nomor 11A, Kebayoran Baru

Tidak banyak yang berubah dari rumah makan legendaris di Kebayoran Baru ini. Bangunannya masih sederhana, dan cita rasa hidangan khas orientalnya pun tetap sama meski sudah berganti generasi. Olahan nasi, mie, kwetiaw, sayuran, tahu, ayam, seafood, hingga daging merah dapat dinikmati di tempat ini. Rekomendasinya adalah Mie Yamin dengan taburan daging ayam, caisim, dan potongan jamur kancing.

2. Restoran Trio

(Instagram/danitasigarlaki)

Restoran Trio
Jalan RP Soeroso, Cikini, Jakarta

Khas seperti restoran legendaris di Jakarta lainnya, Restoran Trio tampil dengan kesan jadul dan kuno di tengah modernisasi. Jangan salah, rasa dari setiap hidangan yang disajikan sungguh tak bisa dianggap remeh. Berdiri sejak 1947, total restoran ini memiliki sekitar 200 menu makanan. Mulai dari Bistik Sapi Haas Kompliy, Kodok Batu Goreng Mentega, dan Lumpia Udang yang harus menjadi menu wajib saat berkunjung.

3. Bakmi Gang Kelinci

(Instagram/goddard.ben)

Bakmi Gang Kelinci – Pasar Baru
Jalan Gang Kelinci Raya Nomor 1-3, Pasar Baru, Jakarta

Berdiri sejak tahun 1957, menu bakmi di restoran ini konon disebut sebagai bakmi chinese pertama di Jakarta, sang legenda. Meskipun sudah berganti generasi, cita rasa yang dihidangkan di Bakmi Gang Kelinci tetap sama. Berbagai pilihan bakmi nikmat tersedia, namun yang paling laris adalah Bakmi Spesial AK dengan topping jamur, daging sapi, dan ayam. Tekstur mie yang lembut dan rasa kuah yang gurih membuat siapapun terkesima.

4. Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman

(qraved.com)

Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman
Jalan Cikini Raya, Cikini, Jakarta

Bubur Ayam H.R. Suleman ini telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai salah satu makanan dari restoran legendaris di Jakarta. Warung yang telah ada sejak 1980-an ini menyajikan bubur ayam paling enak seantero Jakarta. Setiap menu disajikan dalam porsi jumbo yang dihidangkan bersama suwiran ayam, potongan cakwe, emping, dan telur ayam kampung. Racik bersama kecap manis, kecap asin, atau lada sesuai selera.

5. Kikugawa Restaurant

(Instagram/kikugawa_jkt)

Kikugawa Restaurant
Jalan Cikini 4 Nomor 13, Cikini, Jakarta

Sudah tak terhitung rasanya jumlah restoran khas Jepang di Jakarta. Tidak banyak yang tahu, terdapat satu restoran Jepang yang pertama berdiri di Jakarta sejak 1969, yaitu Kikugawa Restaurant. Di tempat ini, pengunjung dapat merasakan berbagai hidangan autentik khas Jepang. Menu makanan yang paling banyak diminati di sini adalah Yakitori. Tak mengherankan karena Yakitori di Kikugawa Restaurant menggunakan daging ayam yang empuk dan menyatu dengan bumbunya.

6. Gandy Steak House

(Instagram/gandysteakofficial)

Gandy Steak House
Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 90, Menteng, Jakarta

Gandy Steak House telah ada sejak 1973, dan sempat menjadi restoran mewah pada masanya. Restoran ini berhasil menjaga cita rasa klasik dari semua steak yang dihidangkan. Complimentary Bread yang selalu tersaji sebelum menu steak menjadi salah satu favorit bagi pengunjung. Bagi anda yang sedang menghindari konsumsi daging merah, restoran ini juga menyajikan Grilled Norwegian Salmon yang tak kalah nikmat.

7. Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar

(Instagram/kewtiaw78muarakarang)

Kwetiaw Sapi 78 – Mangga Besar
Jalan Mangga Besar Raya Nomor 78 D, Mangga Besar, Jakarta

Berjalan-jalan di kawasan Mangga Besar, Jakarta tak lengkap jika belum mampir di Kwetiaw Sapi 78. Telah ada sejak 1973, restoran ini tidak pernah mengewakan pengunjung barang sekali. Kwetaiaw Siram, Kwetiaw Goreng, dan Kwetaiw Bun selalu tersaji dengan cita rasa terbaiknya, lengkap bersama aneka toping yang melimpah. Harganya pun sangat terjangkau, dibanderol mulai dari Rp 55.000 per porsi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Tan Ek Tjoan Jakarta, Satu Lagi Kedai Roti Legendaris Tertua di Indonesia

Wisata Kuliner India, Jangan Dilakukan di Negara Asalnya! Berbahaya?

Peuyeum Mengandung Alkohol, Kenapa Peuyeum Halal Tapi Bir Tidak?

Rumanami Residence Jakarta, Hotel Aesthetic dan Instagenic di Ibukota

The Gunawarman Jakarta, Hotel dengan Desain Unik Bergaya Eropa

Maison Weiner Cake Shop, Toko Roti Legendaris Tertua di Jakarta

FALLBACK
The END