facebook pixel

Trik Jitu Menenangkan Gebetan yang Panik Saat Mencoba Body Rafting

Gebetanmu sering panik waktu mencoba hal baru termasuk body rafting? Intip bagaimana cara menenangkannya di sini!


Tak ada hal baru dalam hidupmu selama Kamu merasa takut untuk mencoba. Just do it and going on! -airy-

Mencoba sesuatu hal baru buat saya adalah tantangan. Takut? Pasti iya. Tapi sejauh ini sih saya justru lebih jago mengendalikan rasa takut ketimbang si dia. Jadi jangan heran kalo percakapan inilah yang sering terjadi saat mencoba hal baru -misalnya main body rafting pertama kali-.

Dia : Emang nggak apa-apa nih. Ntar kalau aku hanyut gimana? Aku kan nggak bisa renang!

Saya : Nggak papa, percaya deh. Kan udah pakai pelampung. Lagian juga ada aku di sini buat jagain Kamu. 

*skip*

Pernah nggak sih Kamu dan si dia ngalamin hal yang sama? Emang kadang butuh kesabaran ekstra buat nenangin doi sih. Tapi tenang, Kamu nggak perlu bingung, selalu ada cara buat ngatasi masalah ini kok. Contohnya, 

1. Dia nggak bakal percaya kalau body rafting itu aman seperti yang Kamu bilang kalau mukamu sendiri masih pucat karena ketakutan

via GIPHY

Jadi pastikan kalau Kamu udah berhasil mengatasi ketakutanmu sendiri. Pasang muka cool dan PD, pasti si dia juga bakal ngerasain semangat positifmu.

2. Ajak dia relaksasi sebentar dengan atur pernafasan supaya lebih tenang

via GIPHY

Kamu : Eh biar nggak tegang gitu, coba deh tarik nafas dalem-dalem, terus dilepasin pelan. Pasti lebih tenang.

Dia : Oh gitu ya, oke aku coba dulu.. *huuuufffhhh

Tarik nafas selalu sukses buat saya jadi lebih tenang saat panik. Patut Kamu coba juga untuk nenangin si dia.

3. Ngegombalin si dia, kalau bisa buat dia bahagia pasti juga bakal lupa sama paniknya

body rafting

Ngegombalin si doi biar nggak tegang. Foto dokumentasi penulis

Menggombal adalah salah satu cara jitu untuk membuatnya bahagia -walaupun kadang dia bahagia bukan karena gombalanmu-. Kalau hatinya udah seneng, pasti pelan-pelan juga bakal lupa sama paniknya kok. Percaya deh.

4. Panik itu bikin otot tegang, jadi coba pijit pelan di tangan atau pundaknya biar dia lebih rileks

via GIPHY

Kalau ini sih kata ilmuwan ya gais, jadi percaya aja. Sambil nunggu giliran buat meluncur di sungai, coba deh pijit dia di bagian tangan dan pundaknya supaya ototnya nggak tegang.

5. Ajak dia untuk menggerakkan badan, ini bisa meghilangkan ingatannya pada mantan ketakutan

body rafting

Ajak dia bergerak supaya lebih rileks. Sumber foto

Kalau dia sibuk melakukanini dan itu, dijamin pikirannya nggak fokus ke rasa panik atau takutnya. Coba deh ajak dia jalan-jalan di sekitar area body rafting, atau melakukan gerakan senam sederhana di tempat.

6. Kepo itu penting, tanyakan apa aja sih yang membuat dia takut

body rafting

Ajak dia ngobrol supaya tahu apa ketakutannya. Sumber foto

Kalau Kamu tahu apa yang bikin dia takut, Kamu lebih mudah menenangkannya. Kamu bisa kasih penjelasan ke dia bahwa apa yang dia takutkan sebetulnya cuma hasil pikiran dia aja. Yakinkan juga gais, kalau body rafting ini aman buat dia.

7. Iming-iming eksis selalu sukses membuat *khususnya* cewek  untuk menerjang apapun, termasuk rasa takutnya

Kamu : Ngomong-ngomong, temen Kamu belum ada yang berani lho. Nanti Kamu bisa jadi yang pertama upload di IG. Pasti bakal hits tuh!

Dia : Nah, iya juga ya. Kan keren kalo bisa jadi yang pertama. Oke, meluncur deh sekarang!

Ya begitulah cewek kekinian ya gais.

8. “Kalo berani ikut body rafting, nanti baliknya dibeliin bakso deh!”, kalau doi hobi makan, dimotivasi pakai makanan aja

Nraktir dia makan bakal jadi cara jitu buat membangkitkan semangat dan keberanian dia. Apalagi kalau si doi emang hobi makan, pasti dia bakal lupa sama ketakutannya.

9. Beri dia pujian, karena cewek selalu suka dipandang kuat

via GIPHY

Kamu : Kamu pasti bisa kok. Kalo cuma body rafting mah gampang. Kan Kamu juga udah sering naik gunung. Main di sungai mah urusan kecil.

Dia : *Senyum manis….

Cewek itu selalu suka kalau dipandang kuat, jadi ujian akan sangat ampuh membuang rasa paniknya jauh-jauh.

***

Kalau memang sudah berencana melakukan hal-hal menantang bareng gebetan, Kamu juga berarti harus siap jadi penenang buat kepanikan dan ketakutan dia. Rasa takut dan panik itu alamiah, jadi berusahalah untuk jadi partner perjalanan yang baik buat si dia. Ya, supaya dia nggak kapok juga sih jalan bareng Kamu.

Baca juga:

 

 

banner experience