Menilik Kuliner Sederhana Favorit Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini

wali kota Surabaya saat potong tumpeng dalam peresmian kegiatan (Foto/Detik)

Tri Rismaharini merupakan salah satu Walikota yang dikenal luas oleh publik, tak hanya oleh masyarakat Surabaya, melainkan juga banyak masyarakat Indonesia.

Kepopuleran Tri Rismaharini kian menanjak seiring dengan rangkaian penghargaan yang diraihnya selama menjabat sebgagai Wali Kota Surabaya.

Pada masa kepemimpinannya sebagai wali kota, Kota Surabaya meraih tujuh kali piala adipura kencana berturut-turut yaitu tahun 2011 hingga 2017 untuk kategori kota metropolitan, serta adipura paripurna pada tahun 2016.

Baca Juga: Mengintip Santapan Kesukaan Politisi Muda, Agus Harimurti Yudhoyono

Selain itu, kepemimpinan Risma, sapaan kecil Tri Rismaharini, juga membawa Surabaya menjadi kota yang terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik pada tahun 2012 versi Citynet atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi rakyat dalam mengelola lingkungan.

Terbaru, pada 14 September 2018 dalam Kongres UCLG-ASPAC 2018 (Asosiasi Pemerintah Kota dan Daerah se-Asia Pasifik) di Surabaya, Tri Rismaharini terpilih secara aklamasi sebagai Presiden UCLG-ASPAC untuk masa bakti 2018-2020 menggantikan Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan, Won Hee-ryong.

Dibalik kiprah dan beragam penghargaan yang telah diraih, Risma rupanya juga terkenal dengan sikap kesederhanaannya, termasuk dalam hal makanan kesukaan.

Kepiting Kare ¨Bu Jum Dolly¨

tri rismaharini

kepiting kare favorit wali kota surabaya (Foto/agungcook)

Salah satu makanan yang menjadi favorit Risma, rupanya berada di eks lokalisasi Dolly, tepatnya di samping bangunan bekas wisma Barbara. Warung sederhana yang rasa makanannya tidak kalah lezat dari restoran itu bernama “Bu Jum Dolly”

Di warung ini, Risma biasanyaa memesan Kepiting Kare. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Khotimah, pemilik warung, dilansir Jatim Now.

“Bu Risma biasanya pesan Kare Kepiting,” ujar Khotimah. Ia mengaku berkali-kali ajudan Wali Kota Risma datang ke warungnya untuk membeli Kare Kepiting.

“Sering pesan Kepiting Kare di sini, kemarin aja pesan sampai 250 porsi,” tutur Khotimah menambahkan. Kepiting Kare memang menjadi menu andalan di warung ini. Untuk seporsinya, Kepiting Kare di warung Bu Jum Dolly ini dibanderol Rp 30 ribu.

Sayur dan Ikan Asin

tri rismaharini

sajian urap ikan asin yang sederhana (Foto/cookpad)

Makanan favorit Risma selanjutnya ini tergolong sederhana dan mudah dijumpai di warung pinggir jalan. Ditemui oleh Detik, Tri Rismaharini mengaku sayur dan ikan asin adalah menu pokoknya sehari-sehari.

“Pokoknya harus ada sayurnya dan plus ikan asin. Ini sekarang urap-urap.” ungkap wali kota perempuan pertama Surabaya tersebut.

Tri Rismaharini mengaku bahwa dirinya tak perlu membeli menu tersebut di restoran atau rumah makan mewah. Sayur dan ikan asin tersebut justru telah disiapkan dari rumah dan dikemas ke dalam kotak makan.

Menu sayur dan ikan asin ini, biasa juga disebut dengan urap, dengan tambahan parutan kelapa, tahu dan tempe, lengkap sudah makanan enak dan sederhana khas wali kota yang kini menjabat untuk periode kedua ini.

Sambal Tumpang

tri rismaharini

sambal tumpang favorit wali kota Surabaya (Foto/resepkoki)

Baca Juga: Mencicipi Kuliner khas Nusantara Kesukaan Prabowo Subianto

Satu lagi masakan khas Nusantara yang menjadi favorit Tri Rismaharini, yakni Sambal Tumpang. Makanan berkuah kental ini merupakan kuliner bercita rasa gurih dan pedas favorit Risma.

Sambal tumpang biasanya memadukan kencur, irisan daun jeruk, tahu, tempe, kulit sapi, dan sebagainya sesuai selera. Di Kediri, sambal tumpang biasanya disiram di atas sayur-mayur rebus seperti pecel. Sedangkan di Solo bebas disiram di mana saja, bedanya mereka juga menambahkan daun singkong.

Dapatkan ulasan menarik tentang kuliner dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar