Smartphone sekarang ini menjadi gadget yang wajib dibawa ke mana – mana. Bukan hanya karena fungsinya sebagai alat komunikasi, namun juga karena ia memiliki kemampuan ‘super’; pemutar musik, GPS, perekam, organizer dan tentu saja kamera. 

Dengan terus bertambahnya kemampuan kamera smarphone (megapiksel, kualitas lensa dan adanya flash), jumlah penggunanya juga semakin banyak. Sayangnya, kerap kali hasil foto menggunakan kamera smartphone ini masih di luar ekspektasi. Bukan semata karena kualitas kamera namun juga mungkin karena cara kita menggunakannya.

Jika Kamu termasuk yang sering menggunakan smartphone untuk memotret ketika traveling, kami berikan sedikit tips agar foto pemandangan hasil travelingmu terlihat menarik.

Baca: Smartphone Harga Rp 3 Jutaan Tapi Punya Kamera Super Untuk Abadikan Momen Traveling

Berikut langkah dan tips untuk memaksimalkan kamera smartphone:

Langkah pertama adalah pastikan Kamu memiliki smartphone dengan kamera 13 megapixel atau lebih. Megapixel memang bukan segalanya, tapi dengan megapixel tinggi Kamu akan mendapat resolusi tinggi. Resolusi tinggi membuat gambarmu lebih tajam, jika tujuan akhirmu adalah foto tersebut untuk dicetak. 

Langkah kedua, jangan gunakan zoom pada kamera smartphone karena itu akan mengurangi kualitas dari foto. Jadi sebaiknya Kamu yang mendekat/menjauh. Atau gunakanlah lensa eksternal zoom karena lensa eksternal tidak mengurangi kualitas hasil jepretan.

Langkah ketiga, carilah spot yang benar-benar bagus. Komposisi di sini harus dipikirkan baik-baik. Karena di dalam fotografi, salah satu hal paling utama adalah komposisi. Kamu bisa juga mengambil sudut ekstrem untuk menambah estetika dalam jepretanmu. Jangan takut untuk bereksperimen, jepretlah sebanyak mungkin. 

Langkah keempat, pastikan cahaya yang menerangi objek tercukupi. Bila objek terlalu gelap, itu akan mengurangi kualitas gambar. Biasanya bila dilihat di layar smartphone tak akan terlalu terlihat dan terasa sudah cukup bagus, tapi ketika diperbesar di layar desktop, akan terlihat noise (bintik-bintik dari kamera yang dikarenakan ISO cukup tinggi).

Lupakan flash, itu tidak terlalu berguna untuk foto pemandangan karena jangkauan flash yang terdapat di kamera smartphone hanya 2-3 meter. Jika memotret menggunakan kamera smartphone tanpa aksesoris tambahan apapun, usahakan memotret hanya pada pagi atau sore hari.

Langkah kelima, cobalah perhatikan di jam-jam tertentu di mana awan berwarna sangat bagus. Dan bila tanganmu tidak bisa stabil, jangan malas menggunakan tripod atau alat bantu di sekitar, misalkan tempatkan smartphonemu di pohon atau tanah. Bila komposisi dan lokasi sudah tepat, namun gambarmu ‘goyang’ karena tanganmu tidak stabil, itu akan sangat mengurangi keindahan gambar.

Langkah keenam, pastikan lensa kamera bersih, juga cek apakah layar smartphone terkena minyak atau tidak. Layar yang kotor seringkali menipu mata. Bersihkan dengan kain yang lembut atau bisa juga dengan menggunakan kain pembersih kacamata, tak perlu air untuk membersihkannya.

Gunakan juga setting auto kecerahan di smartphone untuk memudahkan melihat layar saat berada di luar ruangan. 

Baca7 Aplikasi Edit Video di Smartphone yang Layak Kamu Coba

Langkah ketujuh, kenali fitur yang terdapat di kamera smartphonemu, pahami dan cobalah satu persatu. Misalkan kita menginginkan warna atau tone yang berbeda maka gunakanlah filter yang tersedia di kamera, coba lah satu persatu. Ingat jangan malas untuk mencoba. Namun juga jangan berlebihan menggunakan efek, hasil fotomu tidak natural lagi.

Langkah kedelapan, pilih app edit foto yang direkomendasikan banyak orang. Smartphone memiliki beberapa fitur edit tapi kalau kamu kurang puas dengan aplikasi bawaan, cobalah unduh, cari aplikasi yang memiliki rating tinggi dan mudah digunakan. Dan tentunya pilih aplikasi yang tidak meninggalkan watermark di fotomu.

Selamat mencoba!

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang FOTO, tulisan lain Daffa Argy

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post