Tips Naik Gunung Lawu via Cetho

Padang sabana Lawu. Sumber foto

Jalur pendakin Gunung Lawu umumnya dilakukan melalui jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Namun belakangan ini jalur pendakian Gunung Lawu yang baru yakni via Candi Cetho lebih diminati. Jika ini adalah kali pertamanya Anda mendaki gunung lawu lewat jalur ini, perhatikan tips naik Gunung Lawu via Cetho berikut ini.

Perlu diketahui, trek Gunung Lawu via Cetho ini berupa vegetasi yang cukup rapat, sehingga nuansa gunung dan hutannya tidak seperti jalur Cemoro Sewu. Setelah itu Anda akan menemui trek panjang berupa tanah berdebu. Ini akan sangat sulit dilalui saat musim hujan karena tanahnya gembur dan akan sangat berdebu saat musim panas.

jalur pendakian sabana

Sabana jalur Candi Cetho Gunung Lawu. Sumber foto

Stamina harus kuat karena harus mendaki sekitar 12-15 jam

Jika Anda memilih untuk melewati jalur Candi Cetho, total waktu pendakian bisa sampai 12 jam sampai 15 jam hingga sampai puncak. Ini merupakan jalur tercepat dibandingkan dengan jalur lainnya. Aksesnya lebih oke.

Karena membutuhkan waktu hingga puluhan jam, lebih baik lakukan pemanasan dan latihan fisik sebelum mendaki agar tidak drop ketika mendaki. Anda bisa melakukan latihan fisik dengan jogging untuk melatih kaki agar tidak mudah kram dan capek.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki

Detail perjalanan wajib diketahui sebelum naik

Jangan sampai tersesat ketika mendaki gunung, lebih baik kenali gunung yang akan Anda daki sebelum benar-benar mendaki gunung ini.

Pendakian Lawu via Cetho sendiri memiliki beberapa pos pendakin, berikut ini beberapa rincian waktu perjalanan dan nama posnya:

  1. Dari basecamp ke pintu masuk: 15 menit dengan jalan yang mulus-mulus saja.
  2. Dari posko masuk ke pos 1: menghabiskanwaktu 1 jam dengan rincian 30 menit sampai ke Candi Kethek dan 30 menit sampai ke Pos 1. Jalanan di sini relatif datar dan dilengkapi dengan tempat istirahat.
  3. Dari pos 1 ke pos 2: menghabiskan 1,5 jam dengan peristirahatan di bawah pohon dengan shelter dengan tanah lapang yang luas.
  4. Dari pos 2 ke pos 3: menghabiskan 3 jam dengan medan yang cukup sulit dan mulai masuk keluar hutan, jadi harus berhati-hati. Biasanya pendaki memilih untuk mendirikan tenda di pos 3 karena perjalanan pos 2 ke 3 sangat jauh.
  5. Dari pos 3 ke pos 4: Perjalanan kita tempuh adalah 2 jam. Di pos ini banyak pendaki memasang tenda. Perjalanan jalur ini paling ekstrem dari semuanya dan konon banyak hal mistis terjadi.
  6. Dari pos 4 ke pos 5: Perjalanan ke pos 5 membutuhkan waktu 2 jam. Perjalanannya cukup mudah dan datar dengan pemandangan cantik. Biasanya akan ada burung jalak yang akan mengikuti pendaki untuk memperlihatkan jalan menuju puncak.
  7. Pos 5 ke Puncak Hargo Dalem: Ini merupakan jalur cantik dengan sabana dan bukit cinta.
  8. Hargo Dalem – Hargo Dumilah: Sebelum sampai di puncak, Anda bisa beristirahat di warung Mbok Yem dekat puncak. Bisa juga camping untuk beristirahat.

Baca juga: Inilah Makhluk Ghaib Dalam Mitos Gunung Lawu, Pernahkah Kamu Bertemu Salah Satunya?

Harus naik pagi-pagi banget

Mengapa harus naik pagi? Karena jalurnya sangat sulit dan membutuhkan waktu panjang untuk mendaki hingga sampai ke camping ground. Sehingga Anda bisa mempersiapkan tenda sebelum malam menjelang.

Adapula yang menyebutkan jika Anda akan mendapati beberapa hal gaib jika melakukan pendakian lebih dari waktu Maghrib. Jadi lebih baik untuk mendaki lebih pagi agar aman.

Dapatkan ulasan menarik tentang lawu dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar