Sidebar

Tips Membuat Foto Traveling yang Bercerita

Membuat foto traveling lebih bercerita memang susah-susah gampang. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Ini kiat-kiatnya

SHARE :

Ditulis Oleh: Ghozali Qodratullah

Foto traveling akan selalu menarik untuk dilihat kembali, terutama setelah waktu yang cukup lama. sumber foto

Dahulu ketika kita masih menggunakan kamera analog, kita harus berkali-kali melihat jumlah film yang tersisa. Penggunaan kamera dengan format digital membuat anda bisa mengambil gambar Travelling pada masa sekarang ini menjadi lebih menyenangkan bagi mereka yang gemar mengambil gambar dalam jumlah yang lebih banyak dengan cara yang lebih mudah.

Apakah anda termasuk orang yang gemar mengambil foto ketika traveling, namun hanya di lokasi traveling tersebut saja? Anda akan kesulitan ketika menggunakan kumpulan foto anda untuk menceritakan tempat yang anda kunjungi.

Ikuti kiat berikut untuk membantu anda dalam mendapatkan foto traveling yang bercerita dari awal hingga akhir, mulai dari tahap persiapan hingga produksi.

1. Persiapan

Lakukan riset data sebelum anda menuju ke sebuah lokasi. Data tentang lokasi tersebut bisa anda dapatkan dari bertanya kepada teman, membaca majalah, atau mencarinya dari internet. Riset data sebelum berangkat sangat direkomendasikan untuk mempersiapkan apa yang akan anda bawa, apa yang akan anda lakukan, apa saja hal yang dilarang, serta hal-hal teknis dan non teknis lainnya.

Setelah anda melakukan riset, segera tentukan hal yang menarik berdasarkan data yang anda peroleh. Menentukan hal yang menarik sebelum berangkat akan membuat rencana anda penuh dengan imajinasi.

Peralatan pendukung serta peralatan Fotografi harus anda persiapkan sedemikian rupa, sehingga tidak ada kendala berarti ketika anda sedang berwisata. Peralatan Fotografi paling nyaman adalah menggunakan kamera pocket yang cocok untuk gaya travelling anda. Jika anda membawa DSLR, maka siapkan juga mulai dari lensa untuk traveling, tripod, serta peralatan pembersihnya. Persiapkan juga baterai dan memory tambahan untuk kamera anda.

2. Aktivitas

Usahakan untuk selalu siap sedia dengan kamera anda untuk mengambil gambar berbagai kejadian. Dengan foto yang runtut dalam setiap kegiatan akan membuat kumpulan foto anda akan lebih nyaman dinimkati.

Mengambil foto plang lokasi merupakan hal yang praktis. Foto merupakan dokumentasi penulis

Untuk mempermudah mengingat lokasi, ambilah foto plang penanda suatu lokasi. Plang seperti ini bisa kita temukan ketika berada di pintu masuk suatu lokasi.

Gunung Slamet terlihat syahdu dari jendela KA Kamandaka. Foto merupakan dokumentasi penulis

Kegiatan traveling tersusun dari beragam kejadian dalam satu satuan waktu. Berpindah tempat, mengganti aktivitas, menanti senja, atau mencari menu makan malam. Kejadian-kejadian tersebut saying jika terlewat, karena mungkin tidak bisa terulang kembali.

Wisatawan ini tidak sadar ketika diambil fotonya saat sibuk bermain pasir. Foto merupakan dokumentasi penulis

Sesekali ambillah foto rekan traveling anda yang sedang terlena dengan sejuknya udara gunung, atau sedang bermain pasir dalam cahaya senja. Berikanlah kepada teman anda seusai traveling, maka teman anda tentu akan memintanya untuk minimal sekedar dijadikan foto profil.

Tiket terkadang bisa menjadi salah satu objek yang menarik untuk difoto saat traveling. Foto merupakan dokumentasi penulis

Banyak kejadian atau momen yang memang bisa kita jadikan objek foto. Ambillah objek foto yang terdekat, bisa anda ambil detailnya, semisal tiket kapal atau sesendok nasi makan siang anda.

Foto berkali-kali dengan pose yang cenderung sama selain membuat boros baterai dan ruang penyimpanan. Foto semacam ini juga cenderung kurang bisa dinikmati, karena cenderung membosankan.

Kurangi porsi selfie anda, karena ketika anda selfie anda akan kurang fokus terhadap kondisi sekitar anda. Coba untuk membagi porsi yang pas untuk masing-masing gaya foto yang anda ambil.

Foto keluarga seperti ini akan terasa manis ketika dilihat kembali. Foto merupakan dokumentasi penulis

Foto bersama rekan-rekan anda dengan latar belakang yang menggambarkan lokasi wisata anda akan sangat berkesan untuk dinikmati bersama. Cocok untuk dicetak dan dipajang di meja kerja anda.

Terkadang atau mungkin kita sering mengalami dimana rencana tidak berjalan dengan baik, maka segeralah beradaptasi. Jika memang diperlukan, sebelumnya anda bisa menyiapkan rencana cadangan. Namun hal yang datang secara tiba-tiba kadang menjadi kejutan yang membuat perjalanan anda semakin menarik untuk diabadikan.

buah kelapa yang sendiri ini bisa anda jadikan foto penutup dari kegiatan anda di pantai

Foto penutup bisa menjadi foto yang mengakhiri rasa puas akan kumpulan foto anda. Semisal foto matahari yang hampir terbenam di cakrawala, atau bisa juga foto teman-teman anda yang tengah terlelap seusai pendakian, atau juga sebuah buah kelapa di tepian pantai yang berpasir putih.

Jika memungkinkan, lakukan backup foto-foto anda. Karena kita tidak tahu kapan media penyimpanan kita rusak, tidak terduga juga bila tidak sengaja terhapus. Backup merupakan sebuah langkah bijaksana.

 

3. Manajemen pengolahan file foto

untuk mempermudah dalam manajemen dan pencarian foto, buatlah folder untuk masing-masing lokasi yang anda kunjungi. dalam pencarian foto juga akan lebih mudah, karena tidak harus bercampur dengan foto-foto lainnya

seleksilah foto yang menurut anda memang rusak, seperti teralu gelap, kabur, miring, atau foto-foto yang memang sepertinya tidak perlu disimpan. Selain untuk menghemat ruang dalam hardisk, cara ini juga melatih anda untuk mampu menseleksi foto-foto anda sendiri

4. Post-produksi

Proses post-produksi atas hasil foto-foto anda juga tergantung seberapa jauh anda memperlakukannya. Bisa anda mulai dari sekadar editing, mengunggahnya, atau jika memang ada foto yang terasa pantas, anda bisa mencetaknya untuk dipajang.

Terlepas dari berhasil atau tidaknya anda dalam membuat foto perjalanan yang bercerita, nikmatilah perjalanan anda, baik ketika anda pergi sendiri atau bersama rekan-rekan anda.

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END