Tips Hemat ke Labuan Bajo PP 3 Jutaan dari Jakarta

Foto Pulau Padar Pulau Komodo. Foto dari

Kamu berencana untuk traveling ke Labuan Bajo tapi cuma punya uang tabungan Rp3 juta an? Tenang, mimpimu tetap akan terlaksana dengan tips hemat Labuan Bajo pulang-pergi (PP) dengan Rp3 juta an dari Jakarta. Dengan tips hemat ke Labuan Bajo ini, Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp3,3 juta dengan waktu liburan hingga 5 hari di sana. Selamat menyimak!

1. Jangan pergi sendirian, ajak setidaknya 2 temanmu

Salah satu trik agar bisa liburan hemat adalah dengan melancong bersama teman agar bisa membagi biaya traveling. Dengan membawa 2 teman, Kamu bisa share biaya kapal yang disewa selama di Labuan Bajo dan biaya penginapan.

Dengan jumlah total tiga orang Kamu bisa sewa satu kamar, beda jika lebih dari itu.

2. Memilih waktu trip sepekan pasca libur natal dan tahun baru

Pada momen usai libur panjang akhir tahun, jagat pariwisata memasuki masa low season. Banyak orang memilih untuk mulai fokus pada pekerjaan dan rutinitas harian. Pada masa seperti ini umumnya maskapai dan hotel membanting harga sehingga akan lebih mudah mencari promo potongan harga hotel dan pesawat.

3. Pilih rute penerbangan Jakarta-Lombok

Biasanya orang memilih untuk tebang dari Jakarta ke Labuan Bajo langsung, tapi agar biaya transportasi murah lebih baik memilih untuk terbang menggunakan rute penerbangan Jakarta Lombok. Harga tiketnya selisih separuh harga sendiri sehingga bisa buat tiket PP mu. Pilih penerbangan pagi, biasanya dijual dengan harga Rp 500 ribuan saja.

Baca juga: Rekomendasi Hotel Murah di Labuan Bajo yang Ramah di Kantong

4. Sesampainya di Lombok, pilih jalur darat menuju ke Sumbawa ya..

Jika sudah mendarat di Lombok, cari bus DAMRI ke arah Selong di Lombok Timur menuju Pelabuhan Kayangan. Tiket busnya cuma Rp35 ribu per orang.

Untuk sampai ke sana penumpang harus turun ke Masbagik (2 jam perjalanan), selanjutnya gunakan angkutan umum dari Masbagik ke Pelabuahan Kayangan Rp25 ribu (1 jam).

Sesampainya ke Pelabuahan Kayangan, lanjutkan perjalanan ke Pelabuahan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat dengan feri tarif Rp17 ribu.

5. Lewati jalur darat Poto Tano – Bima

Perjalanan belum selesai, Kamu harus melanjutkan perjalanan ke Bima untuk bisa sampai ke Labuan Bajo. Bus ini biasanya melintas pada pukul 20.00 dengan waktu tempuh 8 jam. Tarifnya cukup hemat, cuma Rp80.000 saja untuk bus ekonomi dan Rp120 ribu untuk bus VIP.

Karena kemungkinan sampai di Poto Tano masih siang, isilah waktu untuk traveling ke Pulau Kenawa di Sumbawa Barat yang terkenal indah. Untuk bisa ke sana Kamu cukup berjalan menuju dermaga kecil dengan sewa kapal Rp200 ribu PP. Satu kapal ini muat 8 orang, jadi bisa dibagi dengan pengunjung lain. Murah meriah banget kan?

6. Setelah menikmati perjalanan malam, lanjutkan perjalanan ke Bima – Sape

Untuk bisa menyeberang ke Flores, Kamu harus menuju Pelabuhan Sape lebih dahulu. Untuk bisa sampai ke sana butuh waktu sejam saja, karena biasanya bus yang masuk ke Bima sampai di pukul 05.00 pagi, makan Kamu akan sampai ke Sape pukul 06.00 pagi.  Tarif busnya cuma Rp30 ribu.

7. Saatnya menyeberang ke Labuan Bajo!

tips hemat ke labuan bajo

Kapal Pinishi yang digunakan saat Live on Board (LoB) Labuan Bajo. Foto dari :Booking.com

Kapal feri menuju Labuan Bajo dari Pelabuhan Sape hanya berangkat sekali saja dalam sehari pada pukul 10.00. Biayanya Rp60 ribu dengan waktu tempuh 6-8 jam tergantung dengan cuaca dan gelombang.

8. Cari penginapan di Pantai Kampung Ujung lebih murah

Kalau pengen irit liburan cobalah untuk menginap di penginapan kelas backpacker di Pantai Kampung Ujung. Di sini kamarnya dibanderol dengan harga rata-rata Rp150 ribu hingga Rp300 ribu per jamarnya. Lokasinya tak jauh dari pelabuhan dan sentra kuliner seafood sehingga sangat strategis.

Jangan ragu untuk menawar harga, jika beruntung Kamu bisa mendapatkan kamar berAC dengan ekstra bed harga Rp250 ribu. Harga ini bisa dibagi menjadi tiga.

9. Sewa motor untuk city tour

Untuk bisa berkeliling Labuan Bajo sebenarnya ada banyak pilihan transportasi, tapi akan lebih lengkap jika Kamu menyewa motor jalan-jalan ke sembarang tempat yang diinginkan. Harganya sekitar Rp50 – 80 ribu saja per harinya. Kamu bisa mencarinya di sekitar Kampung Ujung dekat sentra kuliner.

10. Untuk berkeliling ke pulau-pulau, sewa kapal dong!

Ke Labuan Bajo tapa sailing pasti tidak lengkap, untuk mewujudkannya, Kamu cuma tinggal ke Pelabuhan Pelni di Jalan Soekarno Hatta. Jangan ikut agen tur biasanya harganya lebih mahal.

Di sana Kamu bisa langsung nego harga sewa kapal daan berapa lama ingin sailing. Tapi saran kami cukup pilih sehari saja, lebih murah dan sudah cukup banyak menyambangi destinasi.

Baca juga: Tip Nyaman Liburan Sehari di Labuan Bajo

Pilih destinasi Pulau Rinca untuk melihat Komodo, Pulau Kelor untuk treking atas buki, dan Pulau Kanawa untuk snorkeling dengan harga Rp750 ribu yang bisa ditawar per kapal, harga ini bisa dibagi tiga dengan rekan travelingmu dengan harga Rp250 ribu per orang. Murah banget kan?

Kalau Kamu ingin traveling lebih lama, pilih paket 2-3 hari sailing dengan harga mulai dari Rp2 – 3 Juta per kapal tapi Kamu bisa traveling lebih jauh hingga ke Pulau Padar dan Gili Laba.

11. Mau beli oleh-oleh? Tenang, harganya murah kok

Meskipun liburan murah, jangan lupa bawa oleh-oleh buat rekan ya. Harganya ada yang murah kok. Kamu bisa beli ke toko oleh-oleh Kota Labuan Bajo atau ke Pasar Wai Kesambi. Ada oleh-oleh kuliner murah Kompiang harga Rp1.000 per buah, ada juta jintan dan bapalaya Rp.10 ribu per bungkusnya.

12. Pulangnya naik pesawat transit Bali

Untuk irit waktu pulanglah lewat jalur udara rute Labuan Bajo – Jakarta dengan tiket indirect atau terpisah, dengan harga sekitar sejutaan saat low season. Jika ditotal,  biaya cuma sampai Rp3 juta saja.

Memang agak ribet sih, tapi tips hemat liburan di Labuan Bajo ini tentu akan seru dijalani terutama untuk Kamu penyuka tantangan.

Dapatkan ulasan menarik tentang Labuan Bajo dan tulisan Lain dari Wike

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

REKOMENDASI

POPULER MINGGU INI

Sorry. No data so far.