7 Tenda Super Ringan yang Tak Akan Memberatkan Pendakianmu

Foto diambil dari outdoorgear

Trend pendakian sekarang sudah berubah. Orang-orang lebih memilih gaya pendakian Ultra Light. Kenyamanan saat pendakian dijadikan alasan.

Berikut rekomendasi tenda-tenda dengan bobot super ringan yang tak lagi membuat pendakianmu terasa berat:

 

1. Big Agnes Copper Spur UL2

tenda-ultra-light-hiking-1

Foto diambil dari blog idgar

Bagi Kamu pendaki bergaya UL, tenda Big Agne Copper Spur UL2 rasanya bisa menjadi pilihan yang tepat. Berat tenda yang hanya 1 kilogram tidak akan menambah beban carriermu saat pendakian.

Big Agnes Copper Spur UL2 memberikan keseimbangan yang pas antara berat, kenyamanan, dan lebar ruang dalam tenda. Ruang yang cukup lapang memungkinkan Kamu untuk melakukan aktivitas didalam tenda dengan leluasa. Tenda yang memiliki dua pintu dan dua ventilasi ini memang diciptakan untuk memaksimalkan kenyamananmu.

Dengan luas dimensi lantai 90in x 52in x 42in, tenda ini cukup untuk dihuni 2 orang. Didesain dengan 2 lapisan dinding tenda, Big Agnes Copper Spur UL2 bisa digunakan dalam 3 musim yang beda.

Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 4.600.000,-

 

2. REI Quarter DOME 1

tenda-ultra-light-hiking-3

Tenda tipe Ultra light lainnya adalah REI Quarter DOME 1. Jika Kamu pendaki solo, tenda ini sangat cocok untuk menemani Kamu mendaki. Tenda dengan berat kurang dari 1 kilo ini memang diciptakan untuk memaksimalkan kenyamanan para pendaki solo.

Dengan interior ruang, berat yang ringan, dan harga yang terjangkau, Rei Quarter DOME 1 akan menjadi primadona di kalangan pendaki solo. Hanya saja, tenda ini tidak murni freestanding. Kamu harus memasang beberapa pasak untuk mengencangkan tenda.

Di luar hal itu, tenda jenis ini sangat cocok dengan bujet kantong pendaki solo.

Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 3.100.000,-

 

3. REI Quarter DOME 2

tenda-ultra-light-hiking-2

Foto diambil dari outdoorgear

Jika Rei Quarter Dome 1 diperuntukkan untuk pendaki solo, seri berikutnya REI Quarter Dome 2 bisa digunakan untuk 2 orang.

Tenda Ultra Light ini bisa didirikan dengan otomatis tanpa membutuhkan pasak untuk memancang. Dengan dua pintu dan dua ventilasi yang dimilikinya akan memberikan sirkulasi udara yang baik. Rei Quarter Dome 2 juga dilengkapi dengan kantong-kantong penyimpanan barang. Quarter Dome 2 memang memiliki kemiripan fitur dengan BA Chopper UL2, namun harga yang ditawarkan lebih murah.

Harga Rei Quarter Dome 1 sama dengan Rei Quarter Dome 2. Kamu bisa membelinya di sini.

 

4. Big Agnes Fly Creek HV UL2

tenda-ultra-light-hiking-4

Foto diambil dari rei

Tenda Big Agnes Fly Creek HV UL2 merupakan tenda berlayer ganda  yang paling ringan di pasaran. Berat tenda ini kurang dari 1 kilo! Keunggulan lain dari BA Fly Creek HV UL2, tenda ultra light ini bisa didirikan secara otomatis.

Jika banyak pendaki yang terlalu berat membawa tenda sampai puncak, BA Agnes Fly Creek HV UL2 merupakan solusi yang tepat. Berat tenda yang kurang dari 1 kilo memang diciptakan untuk pendaki yang ingin membuka tenda di dekat puncak. Tenda ini bisa diisi dua orang.

Kenyataannya, layer tenda yang berbentuk miring mengurangi ruang dalam tenda. Jadi, tenda ini memang sebaiknya  digunakan untuk seorang diri.

Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 5.200.000,-

 

5. Nemo Hornet 2P

tenda-ultra-light-hiking-5

Foto diambil dari thegadgetflow

Di antara bentuk tenda yang lain, Nemo Hornet 2P memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Tenda dengan luas lantai 85in x 51in x 43in memiliki bagian atap yang lebih luas daripada lantainya.

Bentuk interior ruang dengan dinding tenda yang miring semakin mempersempit ruang. Meski tenda ini cukup untuk digunakan dua orang, akan lebih nyaman jika digunakan seorang diri.

Nemo Hornet 2P cocok untuk para pendaki yang menginginkan kecepatan saat membuka tenda.

Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 4.900.000,-

 

6. MSR Hubba Hubba NX

tenda-ultra-light-hiking-6

Foto diambil dari ukclimbing

MSR Hubba Hubba NX telah menjadi model populer di kalangan pendaki bergaya semi ultra light. Vertikal dinding tenda dan bagian bawah tenda dirancang untuk memaksimalkan ruang. Lantai tenda yang berbentuk persegi panjang bisa dimaksimalkan pendaki untuk tidur dengan leluasa. Ventilasi Kickstand membantu meningkatkan sirkulasi udara. Kantong-kantong dalam HUBBA HUBBA sangat membantu pendaki untuk menyimpan barang-barang.

Hanya saja, tenda HUBBA lebih berat jika dibandingkan dengan tenda Ultra Light yang telah disebutkan sebelumnya. Beratnya kurang lebih 2 kilogram.

Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 5.200.000,-

 

7. Kelty TN2

tenda-ultra-light-hiking-7

Foto diambil dari campingcanucks

Kelty TN2 memiliki berat 2,5 kilogram, lebih berat dari MSR Hubba Hubba. Tapi, tenda ini tetap menjadi pilihan tenda yang baik. Bukan hanya kenyamanan yang ditawarkan, harga yang murah menjadi kelebihan lainnya.

Tenda dengan dua pintu, dua ventilasi, dilengkapi dengan kantong penyimpanan, sangat bagus diberbagai cuaca menjadi pilihan bagi pendaki yang tidak begitu memperhatikan berat.

Satu lagi kelebihan lainnya, Kelty TN2 bisa didirikan secara otomatis. Kamu tidak perlu mengaitkan tenda ini ke tanah dengan pasak.

Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 3.300.000,-

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran