5 Pulau di Karimunjawa yang Paling Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pulau di Kepualauan Karimunjawa (Instagram/@halojepara).

Karimunjawa merupakan sebuah wilayah kecamatan yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan bentuk kepulauan. Karimunjawa terletak di tengah Laut Jawa, diantara Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Menuju wilayah Karimunjawa hanya dapat ditempuh menggunakan Kapal Ferry dari Dermaga Pantai Kartini atau Helikopter.

Wilayah Kepulauan Karimunjawa dikenal memiliki panorama alam pesisir yang sangat indah, sehingga tak heran menjadi tujuan destinasi wisata alam favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 27 pulau yang telah ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Jepara sejak tanggal 15 Maret 2001.

Sekitar lima dari 27 pulau dihuni oleh masyarakat, sedangkan sisanya kosong tak berpenghuni. Berikut disajikan lima pulau di Karimunjawa yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan.

1. Pulau Geleang

Pulau Geleang merupakan salah satu pulau terbesar di Kaepulauan Karimunjawa yang menawarkan panorama laut yang sangat indah. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Geleang biasanya melakukan berbagai aktivitas seru seperti voli pantai, sepak bola pantai, hingga barbeku di malam hari.

2. Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa bisa disebut sebagai pulau utama di Kepulauan Karimunjawa karena menjadi tempat berlabuhnya Kapal Ferry dari Dermaga Pantai Kartini Jepara. Terdapat dua titik wisata populer di Pulau Karimunjawa yakni Bukit Love dan Bukit Joko Tuo yang menawarkan keindahan pemandangan Karimunjawa dari atas ketinggian. Bukit Love dan Bukit Joko Tuo sangat cocok dikunjungi saat menjelang matahari terbit atau tenggelam, semburat jingga di langit akan menambah keindahan Pulau Karimunjawa.

3. Pulau Tanjung Gelam

(Instagram/@paketwisatadomestik)

Pulau Tanjung Gelam menawarkan keindahan alam pantai berpasir putih yang dangkal dan bersih. Pulau Tanjung Gelam dikenal dengan pohon kelapa miring yang sangat ikonik. Wisatawan yang datang ke Pulau Tanjung Gelam biasanya menikmati waktunya dengan bermain air atau bersantai di atas pasir putih.

4. Pulau Menjangan Besar

(Instagram/@seputarindonesiakita)

Pulau Menjangan Besar berlokasi tak jauh dari Dermaga Pulau Karimunjawa, dapat ditempuh dalam waktu 5-10 menit menggunakan Perahu Wisata. Pulau ini harus masuk dalam daftar kunjungan karena terdapat penangkaran hiu yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Bagi wisatawan yang bernyali besar dapat mencoba kesempatan berenang dan berfoto bersama dengan sang predator lautan di penangkaran hiu Pulau Menjangan Besar.

5. Pulau Kemujan

Pulau Kemujan merupakan salah satu pulau di Kepulauan Karimunjawa yang memiliki hutan mangrove yang dihuni berbagai spesies unik. Wisatawan dapat menyusuri dan menikmati keindahan kawasan hutan mangrove Pulau Kemujan dengan menapaki jalur kayu sejauh dua kilometer.

Bagi anda yang berkeinginan mengunjungi Kepulauan Karimunjawa namun tak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya kini tak perlu khawatir lagi. Phinemo Marketplace menyediakan berbagai paket wisata menarik di Kepulauan Karimunjawa dari tour operator terpercaya di Indonesia. Cek selengkapnya melalui link berikut Paket Wisata Karimunjawa Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang karimunjawa dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar